nyoba AMSOIL MTF

  • edwin at gmail
    Message 1 of 16 , Oct 31, 2006
      Setelah menunggu oli transmisi lama untuk waktunya diganti, akhirnya
      saya mencoba oli transmisi manual Merek Amsoil MTF 5w-30 yang dibeli
      dari oom Jimmy, sekalian juga ganti oli gardan dan oli mesin.

      Waktu ganti oli transmisi, saya coba cium bau oli
      barunya...weksss..... kayak bau kotoran kucing :D baunya menyengat
      sekali
      Tapi setelah dipakai....shift persnelling menjadi enak banget, padahal
      sebelumnya sudah ada tanda-tanda susah pindah persnelling. Setelah
      pakai oli MTF ini shift dari pers 2 ke 1 bisa dilakukan sambil jalan
      tanpa harus berhenti dahulu, bener-bener serasa baru kembali :). Semua
      ini hanya dengan ganti oli tanpa otak-atik setelan kopling sama
      sekali. Juga terasa sedikit peningkatan performa mesin, terasa lebih
      lega akselerasinya (mungkin ini hanya sugesti sih)

      Rekomendasi dari oom Jimmy, ganti olinya setiap 50000 miles atau 3
      tahun sekali. Dan saya yakin oli ini lebih enak daripada pakai ATF
      yang diperuntukkan untuk oli transmisi otomatis.
      Memang harga relatif muahal sekali. Tapi sebanding dengan apa yang didapat sih.

      --
      http://edwin-aldrianto.blogspot.com
    • aandysh
      Message 2 of 16 , Nov 1, 2006
        Mantafff sekalee

        --- In panther-mania@yahoogroups.com, "edwin at gmail" <windut@...> wrote:

> [...]
        > yang diperuntukkan untuk oli transmisi otomatis.
        > Memang harga relatif muahal sekali. Tapi sebanding dengan apa yang

      • Odink
        Message 3 of 16 , Nov 1, 2006
          sebelumnya transmisinya pake oli apa, Om?
          Amsoil MTF brp duit?
        • edwin at gmail
          Message 4 of 16 , Nov 1, 2006
            Pernah. Tapi saya switch lagi ke oli mesin. :)
            Soalnya ditakut-takutin terus sama bengkelnya.
            IMHO, MTF lebih enak daripada pakai ATF....

            --
            http://edwin-aldrianto.blogspot.com
            http://syntex-lube.blogspot.com
            Message 5 of 16 , Nov 1, 2006
              Sebelum ini pakai oli fastron sintetik 10w-40, sebelumnya lagi, pakai
              ATF Top1, baru 5000 km udah ganti karena ditakut-takutin terus sama
              bengkel ;)
              Padahal pakai ATF lebih enak daripada pakai oli mesin.
              Kalau harga, sekitar 145 ribu seliter :(

              2006/11/1, Odink <odink@...>:
              > sebelumnya transmisinya pake oli apa, Om?
              > Amsoil MTF brp duit?

            • PM026
              Message 6 of 16 , Nov 1, 2006

                Message 7 of 16 , Nov 1, 2006
                  Harga tepatnya 135rb per quart (946ml) dan barangnya skrg sisa 2 botol lagi
                  karena saya import hanya 6 botol :P

                  Message 8 of 16 , Nov 1, 2006
                    Damage cost MTF Amsoil untuk ispan = 2 lt x 145K = 290K untuk 50K miles
                    atau 3 tahun.

                    Kayaknya masih worthed dan less maintenance bila MT ispannya biasa pake
                    oli mesin seharga > 29K/lt dan setahun menempuh jarak +/- 18K Km/tahun
                    atau 1500 Km/bulan. Daripada ganti 5x @ masa pakai 10K Km, pakai MTF
                    Amsoil cukup ganti 1x aja.

                    Tapi buat yg jarang ngukur jalan ke' saya dan gantinya cuma setahun
                    sekali.. wadouww.. MTF Amsoil serasa mewah sekaleee.. heheiheihee

                  • Hasta Purnama
                    Message 9 of 16 , Nov 1, 2006
                      01/11/2006 18:50 Odink odink@...:
                      > Damage cost MTF Amsoil untuk ispan = 2 lt x 145K = 290K untuk 50K miles
                      > atau 3 tahun.

                      andai a mile = 1.6 km berarti selama 3 tahun menempuh jarak tahunan: 50k
                      * 1.6 = 90k / 3 = 30k km. jarak tempuh minimal yg ideal untuk sebuah
                      mobil diesel. :D

                      dalam 90k km jika pakai oli mesin perlu ganti sebanyak 9 kali dengan
                      biaya per penggantian : rp 290k : 10 = rp 29k per 2 liter.

                      --
                    • Odink
                      Message 10 of 16 , Nov 1, 2006
                        kayaknya jarang banget ada yg ganti oli transmisi 4 bulan sekali.
                        menurut saya emang worthed banget pemakaian MTF Amsoil, terutama untuk
                        kendaraan niaga yg suka ngukur panjang jalan

                        Message 11 of 16 , Nov 1, 2006
                          hehe. Tapi selain jarang di ganti, keuntungannya adalah shifting gear
                          yang amat smooth. Gak pernah didapat dengan mengisi transmisi panther
                          dengan oli mesin. Mobil serasa baru kembali, karena sebelumnya sudah
                          mulai susah pindah gear....

                        • Kamka
                          Message 12 of 16 , Nov 1, 2006
                            sodara-sodara!
                            ngga usah dibahas lagi, stok tinggal 2 botol,
                            kalau mau ganti oli transmisi, bawa ke bengkel,
                            pilih yg paling bagus yg ada di situ!

                            kalau tetap mau nyoba AMSOIL,
                            bikin jadual ganti oli bulan depan, siapkan uangnya sekarang,
                            siapa cepat dapat, boleh transfer dulu ke rekening ogut!

                            (lariiiii!!)

                          • edwin at gmail
                            Message 13 of 16 , Nov 2, 2006
                              maybe sugesti (SOL)

                              2006/11/3, PM026 <panther.mania.026@...>:
                              > Ouw... berarti memang betul hanya sugesti saja...
                              > SOL

                            • PM026
                              Message 14 of 16 , Nov 2, 2006

                                Message 15 of 16 , Nov 2, 2006