RE: [panther-mania] RPM Drop

  • Daniel Batubara
    Message 1 of 17 , Mar 1, 2006
      Pak Wahyu...

      Ada kemungkinan ngga, vacuum ac nya kurang stel ?
      Karena kalau lagi berhenti tapi ngga pasang ac, RPM ad adi 600-700
      Tapi kalau pasang AC, RPM nya jadi drop.

      Thanks,
      Daniel

      Message 2 of 17 , Mar 1, 2006
        Mesin nya kaget kali semua filter dan lubricant pada diganti trus dipurging juga? :-)

        Jadi nya pake oli apa Om?

        Kemungkinan besar idle up AC nya tdk fungsi atau terlalu rendah, bisa cek di injektor, ada semacam pengait dan didekatnya ada selang
        kecil. Apa selang ini tersambung dgn baik? Kalau msh berfungsi, idle up bisa distel pakai kunci pas no 8 dan obeng min, tempatnya
        msh didekat selang itu.

        Maaf kalo penjelasannya malah bikin bingung :-)

        Best Regards

        Wayan Daniel Djendria

        Message 3 of 17 , Mar 1, 2006
          On Wed, 01 Mar 2006 15:00:13 +0700, Daniel Batubara
          <daniel@...> wrote:

          > Ada kemungkinan ngga, vacuum ac nya kurang stel ?
          > Karena kalau lagi berhenti tapi ngga pasang ac, RPM ad adi 600-700
          > Tapi kalau pasang AC, RPM nya jadi drop.

          tambahan Pak, cek engine mounting juga.. mungkin udah waktunya ganti
        • Daniel Batubara
          Message 4 of 17 , Mar 1, 2006
            Ha...ha..ha...Mungkin juga kali ya....
            Thanks Mas Daniel...., aku sdh bisa join lagi nih... setelah kena bounching.

            Aku pake oli yang biasa aja Mas...., itu aja habis 514.500
            Oli Mesin & Perseneling : SHD Super
            Oli Gardan : Union 140
            Purging Injector : Liquimoly
            Cuma Filter Udara nya pake Kijang punya.

            Kalau mesin bensin sih...., kalau drop gitu aku tau cara nyetelnya. Kalau Diesel sama kali ya....

            Thanks,
            Daniel

[...]

            SAVE BANDWITH !!!!
            Hapus semua footer² dibawah ini sebelum anda me-reply message :

            PM's Online Forum : http://www.panther-mania.or.id
            PM's Online Blog : http://panther-mania.blogspot.com/

            Yahoo! Groups Links
          • Wahyu
            Message 5 of 17 , Mar 1, 2006
              --- In panther-mania@yahoogroups.com, "Daniel Batubara" <daniel@...>
              wrote:

              > Pak Wahyu...
              >
              > Ada kemungkinan ngga, vacuum ac nya kurang stel ?
              > Karena kalau lagi berhenti tapi ngga pasang ac, RPM ad adi 600-700
              > Tapi kalau pasang AC, RPM nya jadi drop.

              Bisa aja sih bossss....
              caranya gini..
              Udah tahu khan tuas yang terhubung dengan gas, yang kalau di gas
              bergerak...
              Lihat baik-baik ya bagian itu ketika mesin nyala tanpa AC...
              Kemudian AC di set paling dingin, trus lihat lagi ke bagian yang
              tadi, ada tuas lain yang bergerak untuk menaikan putaran
              mesin/ngegas..
              Kalau itu bergerak kemudian masih getar berarti cuman kurang setel
              aja, pakai kunci 8 & obeng - (minus) juga beres..
              Tapi kalau itu nggak bergerak, jangan-jangan kejadian gw nih, selang
              vakum yang berasal dari belakang alternator pegangannnya lepas trus
              kena knalpot, wek... idle up nggak jalan..
              Untuk testing idel up rusak tapi selang bagus, lepas selang vakum
              yang ke idel-up, nyalain AC (jangan lupa nyala juga) pegang ujungnya
              harus terasa sedotan udara,
              kalau tangan nggak peka, taruh mobil di jalan datar jalanin dikit
              aja, injek rem, kalau keras banget, tetapi kalau di pasang rem jadi
              enteng, udah pasti idle-up yang nggak bener..
            • Daniel Batubara
              Message 6 of 17 , Mar 1, 2006
                Pak Wahyu,

                Saya sudah cek, jadi penghubung antara selang yang dari idle up ke selang yang bari belakang altenator ngga ada. Tapi kalau saya pegang ujungnya
                Terasa ada sedotannya. Penghubungnya itu apa ya....

                Sekarang saya langsungin aja supaya tuas tsb. ngga drop, kira-kira ada efeknya ngga ? Atau cukup distel saja yang menggerakkan gas tsb.

                Mohon responnya dong... ASAP sebelum pulang....

                Thanks....

                Rgds,
                Daniel

                Message 7 of 17 , Mar 1, 2006
                  wrote:

> [...]
                  ada efeknya ngga ? Atau cukup distel saja yang menggerakkan gas tsb.

                  > Mohon responnya dong... ASAP sebelum pulang....

                  ups lupa, dari belakang alternator ada selang 2 biji, satu ke vacum
                  bosster, satu lagi ke selenoid valve idle up, dari selenoid idle up
                  langsung ke idle up di bagian gas..

                  Penghubung cuman berupa selang vakum aja koq, beli juga murah cuman
                  7500-an semeter

                  sementara ini setel aja dulu deh, efek paling buruk cuman solar
                  boros koq

                • Daniel Batubara
                  Message 8 of 17 , Mar 2, 2006
                    Dear All,

                    Thanks atas masukan dan pencerahannya....
                    Ispanku RPM nya sudah normal kembali.

                    Atas pentunjuk Pak Wahyu & Daniel, akhirnya bener juga selang yang dari
                    idle up dan dari compressor lepas dari penghubungnya (gak tau namanya,
                    letaknya dibawah wiper, katanya buatan ND). Setelah aku tancepin lagi
                    keduanya, alhasil sekarang sdh normal kembali.

                    Sekali lagi many thanks yach....

                    Salam,
                    Daniel