Re: Pilih solar di situasi skg ini

  • wiryajahja
    Message 1 of 7 , Oct 1, 2005
      Bos kalo pake dex di mobil panther 2.3 gmana ada masalah dgn selang2
      atau inject?thx

    • aandysh
      Message 2 of 7 , Oct 1, 2005
        Nggak pa pa

        Tetapi memang harus diakui bahwa daya lubrikasi solar DEX thd pompa
        injeksi lebih renadh dibanding solar biasa, tetapi utk aspek performa
        & kesehatan bagi mesin, si DEX lebih baik dibanding solar biasa.

        Mari kita tanyakan detailnya ke pak Hino

        salam

        A.S.

        --- In panther-mania@yahoogroups.com, "wiryajahja" <wiryajahja@y...>

      • Agus Budy Wuysang
        Message 3 of 7 , Oct 1, 2005
          aandysh wrote:

          > Tetapi memang harus diakui bahwa daya lubrikasi solar DEX thd pompa
          > injeksi lebih renadh dibanding solar biasa, tetapi utk aspek performa

          Tambahkan olie 2T 1-2 liter?

          -
          +---------------F-| Mozilla 1.7.x |-C-| Linux 2.6.x |-2----------------+
          | Agus Budy Wuysang GSM (Mks): +62-819-423-7172 |
          | Phone: +62-411-321016 GSM (Jkt): +62-816-1972-051 |
          +---------------| http://www.geocities.com/supeskrim/ |----------------+
        • effendi_pqa
          Message 4 of 7 , Oct 1, 2005
            maaf mas saya masih baru.
            soler dex itu apa sich?kalau di
            palembang nyari nya
            dimana?
            l!l--- In panther-
            mania@yahoogroups.com,
            Agus Budy Wuysang
            <nguik.gnuik@g...> wrote:

            aandysh wrote:

            Tetapi memang harus diakui
            bahwa daya lubrikasi solar DEX
            thd pompa
            renadh dibanding solar biasa,
            tetapi utk aspek performa

            > Tambahkan olie 2T 1-2
            liter?

            |-C-| Linux 2.6.x |-2----------------+
            Budy Wuysang GSM (Mks): +62-
            819-423-7172 |
            411-321016 GSM (Jkt): +62-816-
            1972-051 |
            > +---------------|
            http://www.geocities.com/supeskrim/
            |----------------+
          • Wahyu
            Message 5 of 7 , Oct 2, 2005
              On Saturday 01 October 2005 23:35, Agus Budy Wuysang wrote:

              > Tambahkan olie 2T 1-2 liter?

              Mending tambah minyak goreng atau olie 2T? Minyak goreng larut nggak sih di
              solar ? kalau larut koq gw cenderung tambah minyak goreng, mungkin kelemahan
              utama kadar air. Paling baik sih biodiesel hehehehe....

              Dulu sih kalau lihat motor 2 tak, selalu kepala pistonya berkerak, nggak tahu
              deh campuran olie 2T jaman sekarang.
            • hinotantiyo
              Message 6 of 7 , Oct 2, 2005
                Low Sulfur Diesel Fuel seperti PertaDEX memang mempunyai daya
                lubrikasi yang rendah akibat "desulfurization process" ; Untuk
                menaikkan daya lubrikasi biasanya di tambahkan lubrication additve ;
                Pertamina tidak pernah men "declare" secara resmi apakah lubrication
                additive sudah ditambahkan pada PertaDEX,tapi kemungkinakan besar hal
                tersebut sudah dilakukan mengigat penambahan lubrication additive ini
                sudah jadi hal yg umum pada Low Sulfur Diesel Fuel ; additivenya juga
                mudah & gampang didapatkan ;
                Fatty Acid (termasuk minyak goreng) & Ester(biodiesel) termasuk yang
                paling efektif menaikkan daya lubrikasi; keduanya larut sempurna dalam
                solar ; Untuk Biodiesel penambahan 1% sudah sangat efektif sedangkan
                kalau pakai minyak goreng persentasenya sudah cukup pada 0,25% (minyak
                goreng/fatty acid jauh lebih "thick" dibanding biodiesel & daya
                lubrikasinya juga jauh lebih baik);

                Menurut pendapat saya pemakaian kedua produk diatas lebih aman
                dibanding menambahkan olie 2T ;
                Pendapat pribadi/koreksi kalau salah

                Regards

                Hino