ke leuseur via Keudah

  • DEDI SATRIA
    Message 1 of 2 , Dec 1, 2007
      Salam,untuk rekan2 yang sedang berencana ke leuser.
      Kebetulan saya pernah bermain di jalur Kuta Pajang ini di tahun 94. Dan ingin Berbagi pengalaman & Info untuk rekan rekan yang berencana menempuh jalaur ini.
      1.Mengenai transport dari Kutacane sebaiknya kita carter kendaraan langsung sampai Dusun Keudah , Kuta Panjang. Jangan lupa liat pemandangan indah sepanjang jalan yang melipir Lawe Alas, sambil liat lutung dan Orang Utan di sebrang Alas.Kita meewati pulau Stasiun Riset Orang Utan di Ketambe (mereka akrab kalo kita elakukan riset & kita Bule)
      2. Untuk Porter atau guide, Bisa Kontak Mr. Jali di Kuta Panjang, harga negotiable. Kami pernah bekerjasama dlm misi kemaanusiaan dgn Beliau dalam mengevakuasi 2 jenasah di 'leher Loser' th 94.
      3. Jika kita tidak mau pake porter & guide, sangat mutlak skill & peralatan kita kudu sangat baik dalam bertualang. Dan mampu meyakinkan para petugas Balai TNGL.
      4. Ijin Bisa di urus di PHPA Dep Hut Jl Gatot Subroto, Jkt. Atau di Balai TNGL, Medan. Atu di Balai TNGL Jl. Tanah Merah, Kutacane.
      5. Penginapan di Kutacane cukup memadai & eknomis. Wisma Rindu Alam & Wisma Cinta Alam.
      6. Peta Topografi Pake yg keluaran Bakosurtanal (2 sheet, no gw lupa) skala 1 : 50.000. Di Sana ga ada peta.
      7. Pendakian Mulai dari Dusun Keudah, melewati hutan yang baru terbuka &ladang. Bisa Jadi hampir seharian kita ngelewati hingga batas hutan.
      8. Hari berikutnya target mencapai Pucuk Angkasan. Full kemiringan lereng 30-45%. Ada sadel yang cukup luas setelah Pucuk Angkasan.
      9. Biasanya kita diterpa hujan di pegunungan ini setelah puk 13.00 hingga pk. 15-16.00.
      10 Selanjutnya perjalanan yang mengasikan di ketinggian 2000an mdpl yang naik turun selama 7 hari.
      11. pada hari ke 4 kita baru bisa melihat Puncak gunung Loser.
      12. Nanti Kita akan melewati Hulu Lawe Alas. Perhatikan bila terdengar suara aau tanda2 akan banjir bandang. Karena agak kehilir sedikit kita akan ketemu patahan air terjun yang sangat dalam. Bila airnya tidak besar, sangat nikmat untuk menginggat kembali kebiasaan mandi kita yang hampir seminggu kita tinggalin.
      13. Kita akan melewati Puncak Bipak yang banyak kaleng-kaleng bekasnya. Lalu ada Kolam Badak Yang berbentuk jantung hati warna-warni.
      14. Bila Tidak ada aral melintang hari ke7 sampai di Triangulasi Puncak Loser.
      15. Untuk Meneruskan ke Leuser Butuh setengah hari lagi, dengan melewati 2 sadel, dan ada telaga kecil.
      16. dalam menentukan Puncak Leuser banyak yang keliru bila kondisi tertutup kabut. Namun bisa ditandai dengan ciri fisik puncaka yang ga terlalu lebar dan ada tanda ikatan tali tambang plastik serta vandalisme dari organisasi petualang yang pernah kesana. Untuklebih meyakinkan lagi Bernavigasi rialah dengan Suunto & GPS yang bergelantungan di leher anda.
      17. Untuk Komunikasi dengan HT, kita lebih cepat ditangkap oleh Breaker di Melaboh (Aceh Barat). Untuk berkomunikasi langsung ke Kutacane/Blangkejeren tidak bisa. Kl Pake HP, jaman itu belum ada,ga tau kl sekarang?
      18. Untuk air, anda bisa nyetok dari panenan air hujan yang biasanya turun setelah siang hari dan malam.
      19. Perjalanan kembali memakan waktu 7 hari pula.
      20. Bisa melakukan penimbunan logistik pada hari ke 3-6. Pilih lokasi yang aman. dan bisa kita kenali kembali saat perjalanan pulang.
      21. Bila kita tidak menggunakan porter, disarankan untuk membawa logistik seefisien dan efektif mungkin. Hidari kemasan kaleng,beling.
      22. Kl. bawa radio transistor, ga ada gelombang radio yang bisa di tangkap. Kl sekarang mungkin sudah ada?
      23. Banyak pendaki yang merasa cukup sampai Puncak Loser( Karena lebih tinggi & lebih luas dari Puncak Leuser). padahal Loser bukan Leuser.

      Semoga info ini bisa menambah informasi yang sudah ada dan meningkatkan motifasi yan sudah ada.
      Sukses untuk rekan2 yang akan ke Leuser & yg di milis ini

      Message 2 of 2 , Dec 2, 2007
        hI..
        Peu haba bang dedi, lengkap sekali penjelasan jalur lewat Desa Keudah-Kuta Panjang, sangat membantu siapapun yang berencana mengunjungi hutan tropis paling utuh yang tersisa di sumatera. Satu hal yang terlupa, tahun 2005, di Blangkeujren masih cukup bebas "isap-isap", bahkan di depan kantor polisi sekalipun..semoga sudah tidak sekarang.
        Tahun itu juga saya pernah berencana menggunakan jip dari Babah Rot, kecamatan di Aceh barat daya menembus ke Keudah, tapi gfagal karena tak satupun jeep di abdya bersedia diajak, karena terlalu beresiko katanya.
        Satu lagi, maaf, ini Dedi dari MPA CAniva Univ Syah Kuala, yang bertemu saya beberapa bulan lalu di Ranu Kumbolo-Puncak Mahameru atau bukan ? Kalo iya, foto2 anda dan Yuni (yang baru turun dari Cartenzs waktu itu) masih ada di aku. Kalo bukan, mohon maaf lair batin.

        Nanung
        Jogjanese blue

        Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers yahoo.com/