GDI dan Turbo VTG

  • ekobono
    Message 1 of 2 , Feb 1, 2004
      Hallo rekan-rekan,

      saya ingin tanggapan kalian tentang GDI (Gasoline Direct Injection)
      dan Turbo (memanfaatkan exhaust jadi bukan kompressor) yang
      menggunakan VTG (Variable Turbine Geometry). Mungkin di diesel VTG
      sudah banyak diterapkan, namun gimana di bensin? APa saja
      tantangannya etc etc. Dan pada GDI, adakah kemungkinan suatu saat
      nanti teknologi diesel diterapkan di bensin dengan pengecualian busi
      untuk pembakaran.
      Semoga banyak yang mau kasih masukan.

      Thanks

      ebs
    • artanto_wahyudi
      Message 2 of 2 , Feb 2, 2004
        > saya ingin tanggapan kalian tentang GDI (Gasoline Direct Injection)

        Mengurangi kadar HC akibat fuel excess saat terjadi overlap antara
        katup buang & hisap
        Dengan cara menginjeksiken langsung bensin ke ruang bakar

        > dan Turbo (memanfaatkan exhaust jadi bukan kompressor) yang
        > menggunakan VTG (Variable Turbine Geometry). Mungkin di diesel VTG
        > sudah banyak diterapkan, namun gimana di bensin?
        > ebs

        Belum pernah baca detailnya, tetapi ini hanya membuat sudu-sudu
        turbin sedemikian rupa sehingga daya dorong "blade-nya" sama disetiap
        posisi ke arah sumbunya jadi kayak twist-nya baling-baling pesawat

        Art