RE: [otomotif-l] Hyundai AtoZ

  • Ayudha D Prayoga
    Message 1 of 89 , Jul 1 12:01 AM

      Nggak berlaku buat yang rumahnya di Bekasi

      tapi kerjanya di Pusat Jakarta.

      Tahun 1994, tetangga depan rumah saya beli motor biar bisa ngirit dan bebas macet.

      Tapi ternyata motornya Cuma dipake seminggu saja.

      Udah gitu parkir aja diteras rumah.

      Ongkos berobatnya ternyata lebih besar daripada irit bensin.

      he he he

      ADP

      Message 89 of 89 , Jul 6 6:07 PM
        Message
        Berbicara tentang konsumsi bahan bakar saya pingin sharing pengalaman menggunakan Futura 1.5 dhi. menggunakan carburator.

        Dalam perjalanan pulang kampung ke Tapanuli Februari 2003 yang lalu konsumsi bahan bakar 1:12; dengan hasil ini berarti jauh lebih hemat dibanding spesifikasi dari pabriknya 1:8,95.
        Adapun kondisi pemakaain :
        • Jalan terus siang dan malam hari karena gantian sama adek dan hanya berhenti untuk sholat, makan dan isi bahan bakar ditambah istirahat maksimum sekitar 60 menit setiap berhenti karena bawa anak kecil.
        • AC ON pada siang hari dan OFF pada malam hari
        • RPM berkisar maksimum sekitar 3000
        Sekembalinya ke Jakarta karena sudah waktunya juga servis di kilometer 10.000 saya bawa ke bengkel resmi, Tune UP tanpa Uji Emisi dengan harapan hasil lebih bagus dari bengkel biasa karena asumsi saya setidaknya dia lebih banyak taulah akan produknya apa yang menjadi standar atau ukuran dari setiap bagian yang ada pada mobil tersebut.

        Setalah itu saya jadi penasaran sekali kenapa konsumsi bahan bakarnya menjadi boros padahal baru di service dalam arti kata berada dibawah standar pabrik. Karena merasa nggak puas saya bawa ke bengkel Service Resmi yang lain yang menuruit rekomendasi dari teman-teman kantor pengguna mobil bermerk Suzuki akhirnya saya bawa ke tempat dimaksud Tune UP sekalian Uji Emisi pada hari Jum'at tgl.27/06/2003 yang lalu. Alhamdulillah sekarang jauh lebih hemat dari standar pabriknya yakni 1:9,72 pada tgl.01 Juli 2003 yang lalu dengan kondisi pemakaian :
        • Dari rumah ke kantor
        • Jarak 61,1 KM pulang pergi
        • AC ON mulai dari tol Jagorawi s/d Sudirman Via Saharjo, Manggarai begitu juga sebaliknya dan selebihnya di OFF kan karena kondisi suhu udara / cuaca dari Taman Mini ke Pondok Gede/Jatiasih Via Setu arah Cilangkap yang tidak begitu panas.
        • RPM berkisar sama maksimum sekitar 3000
        Kesimpulan yang saya dapat adalah boros tidaknya suatu kendaran tergantung cara kita menggunakan atau memakainya dan service lah di tempat yang bagus.

        Demikian, sekedar bagi pengalaman mudah-mudahan ada gunyanya walau sedikit.

        Wassalam,
        Aziz