Re: Indicator di Mobil canggih

  • ekobono <ekobono@yahoo.de>
    Message 1 of 10 , Mar 1, 2003
      --- In otomotif-l@yahoogroups.com, "Mas Ghera" <prodigy@i...> wrote:

      > Wah, kalo bensin mau abis sih kayaknya untuk mobil europe udah ada
      dari dulu deh.. Bukan termasuk indikator canggih menurut saya, karena
      memang perlu kalau-kalau jarum penunjuk bensin udah mulai ngaco..
      > Nah kalo untuk ganti olie sih saya ambil contoh untuk mobil BMW
      318i yang model M10 tahun 86-pun sudah ada tuh mas indikator, berupa
      beberapa lampu led berbentuk kotak yang warnanya hijau dan merah. Nah
      kalau led hijaunya udah mati, tinggal led merahnya aja (biasanya ini
      nyala pas kunci kontak di nyalain sebelum mesin nyala) nah berarti
      itu waktunya ganti olie..
      > Kalo untuk tekanan ban kurang, saya ambil contoh di fiat uno (di
      indo masuk mulai 89, di itali udah dari awal taun 80-an) udah
      dilengkapin dengan indikator itu. Walaupun indikatornya baru mulai
      nyala jika tekanan bener2 kurang, tapi toh untuk fiat indikator itu
      bukan kategori canggih..
      > Hehheheehe, emang mooy dah pake mobil europe... asal mesin lancar
      aja yak, kalo mulai ngerong-rong sih... heemmm....

      Di mobil yang sudah pakai ECU, hal-hal di atas dimasukkan dalam
      kategori fungsi diagnosa. Kalau gak salah, di USA sudah ada
      standarisasi interface yang bisa mengecek hasil diagnosa tersebut,
      namanya OBDII (di Eropa diberi nama EOBD). Bagi yang hoby, bisa bikin
      sendiri interface hardware dan softwarenya dan bisa digunakan pakai
      laptop ataupun PDA, soalnya spesifikasinya memang terbuka untuk
      konsumen.

      ebs
    • ekobono <ekobono@yahoo.de>
      Message 2 of 10 , Mar 1, 2003
> [...]

        sendiri interface hardware dan softwarenya dan bisa digunakan pakai
        laptop ataupun PDA, soalnya spesifikasinya memang terbuka untuk

      • William A
        Message 3 of 10 , Mar 2, 2003
          > adanya sensor pake infra red yang diketakan di depan mobil. maksudnya
          > kalau jarak didepan terlalu dekat, maka akan ada lampu/bunyi beep..
          > jarak terlalu dekat. tapi rasanya alat tsb. di Ind. nggak banyak
          > pengaruhnya kali ya...
          kalo ini ngga sbrp pengaruh... kan kalo dijakarta sering bumper to bumper
          traffic.. ntar bunyi terus ^^... hehe
          tapi yang pengaruh tuh park distance control. kalo mobilnya panjang, cukup
          susah ngira2nya udah mentok blon. laen kalo mobil pendek / tanpa bonnet.

          bye,
          William A
        • Endo
          Message 4 of 10 , Mar 3, 2003

            Hehheheehe, emang mooy dah pake mobil europe... asal mesin lancar aja yak, kalo mulai ngerong-rong sih... heemmm....
            ***) semua mobil nggak buatan europa or Japun or Korea or apalah kalau ngerong-rong mah juga ogah dah......:-)

            nd

            Regards;
            B710ERnya
            Mas_Ghera