Indicator di Mobil canggih

  • Suyanto .
    Message 1 of 10 , Mar 1, 2003
      Friend's aku termasuk yang nggak tau banyak tentang fasilitas indikator
      di mobil canggih (mewah) ygn beredar di Ind.
      Contoh seperti Kijang, kalau BBM nya udah mau habis, di dasbor gambar
      pompa bensin (SPBU) muncul terang. nah kalo indikasi untuk mengganti oli
      mesin, apa ada ya (anggap aja ngitungnya dari KM). atau masih
      menggantungkan/menyimpan kartu ganti oli. atau contoh lain salah adanya
      indikator satu tek. ban kurang.
      thank's berat..

      Yan.
      Wild Ox.
    • Mas Ghera
      Message 2 of 10 , Mar 1, 2003

[...]
        -------cutted-------------

        Wah, kalo bensin mau abis sih kayaknya untuk mobil europe udah ada dari dulu deh.. Bukan termasuk indikator canggih menurut saya, karena memang perlu kalau-kalau jarum penunjuk bensin udah mulai ngaco..
        Nah kalo untuk ganti olie sih saya ambil contoh untuk mobil BMW 318i yang model M10 tahun 86-pun sudah ada tuh mas indikator, berupa beberapa lampu led berbentuk kotak yang warnanya hijau dan merah. Nah kalau led hijaunya udah mati, tinggal led merahnya aja (biasanya ini nyala pas kunci kontak di nyalain sebelum mesin nyala) nah berarti itu waktunya ganti olie..
        Kalo untuk tekanan ban kurang, saya ambil contoh di fiat uno (di indo masuk mulai 89, di itali udah dari awal taun 80-an) udah dilengkapin dengan indikator itu. Walaupun indikatornya baru mulai nyala jika tekanan bener2 kurang, tapi toh untuk fiat indikator itu bukan kategori canggih..
        Hehheheehe, emang mooy dah pake mobil europe... asal mesin lancar aja yak, kalo mulai ngerong-rong sih... heemmm....

        Regards;
        B710ERnya
        Mas_Ghera
      • William A
        Message 3 of 10 , Mar 1, 2003
[...]
          -> hmm... tau ngga itu led bekerja berdasarkan apa ? km ? ato kondisi oli ?
          sensornya pake apa yah ? ^^
          anyway, motor aku (kymco) juga ada indikator oli, 2000km jadi merah. tapi
          jadi ga berguna, soalnya pakenya oli bagus mulu, gantinya 5000km/6bulan. and
          itu indikator ngga bisa diatur.

[...]
          -> sampe bener2 flat gitu ? pake apa yah sensornya ?

          bye,
          William A
        • Saipul Hamdi MP
          Message 4 of 10 , Mar 1, 2003

            Mohon maaf Oom Yanto, seumur-umur baru sekali saya naek BMW, waktu temen kecelakaan ketabrak BMW, pulang dari rumkit diantar pake itu mobil Sama sekali belum tau, denger-denger aja belum pernah. hehehhe .......

            TLC mau tuker guling ama apa neeh ? Oom, TLCnya yang long apa short?

            salam

             "Suyanto ." <suyanto@...> wrote:

[...]

            Saipul Hamdi MP

            sing waras lewih becik ngalah, yen ora ngedan ora keduman, ana mung aluhung sing eling lan waspodo tak jinogo mringkang murbeng dumadhi

            Do you Yahoo!?
            Yahoo! Tax Center - forms, calculators, tips, and more

          • ekobono <ekobono@yahoo.de>
            Message 5 of 10 , Mar 1, 2003
              --- In otomotif-l@yahoogroups.com, "Mas Ghera" <prodigy@i...> wrote:

> [...]
              > Hehheheehe, emang mooy dah pake mobil europe... asal mesin lancar
              aja yak, kalo mulai ngerong-rong sih... heemmm....

              Di mobil yang sudah pakai ECU, hal-hal di atas dimasukkan dalam
              kategori fungsi diagnosa. Kalau gak salah, di USA sudah ada
              standarisasi interface yang bisa mengecek hasil diagnosa tersebut,
              namanya OBDII (di Eropa diberi nama EOBD). Bagi yang hoby, bisa bikin
              sendiri interface hardware dan softwarenya dan bisa digunakan pakai
              laptop ataupun PDA, soalnya spesifikasinya memang terbuka untuk
              konsumen.

              ebs
            • ekobono <ekobono@yahoo.de>
              Message 6 of 10 , Mar 1, 2003

                Message 7 of 10 , Mar 2, 2003
                  >>> prodigy@... 03/02/03 02:16AM >>>
[...]
                  benar Mas_Gera,Indikator Bensin mau abis, tentu bukan barang canggih.
                  itu sekadar contoh indikator yang ada di mobil2 sekarang. Maksudnya sih
                  biar diskusinya nggak nyasar.
                  Benar apa Yang ditanya sama Bung Wiliam, bekernjanya sensor Tek. Ban
                  dan Indikator ganti oli itu kira2 berdasarkan apa. seperti contoh lain
                  adanya sensor pake infra red yang diketakan di depan mobil. maksudnya
                  kalau jarak didepan terlalu dekat, maka akan ada lampu/bunyi beep..
                  jarak terlalu dekat. tapi rasanya alat tsb. di Ind. nggak banyak
                  pengaruhnya kali ya...

                  Salam.
                  Yan.
                  Wild Ox.
                • William A
                  Message 8 of 10 , Mar 2, 2003
> [...]
                    > kalau jarak didepan terlalu dekat, maka akan ada lampu/bunyi beep..
                    > jarak terlalu dekat. tapi rasanya alat tsb. di Ind. nggak banyak
                    kalo ini ngga sbrp pengaruh... kan kalo dijakarta sering bumper to bumper
                    traffic.. ntar bunyi terus ^^... hehe
                    tapi yang pengaruh tuh park distance control. kalo mobilnya panjang, cukup
                    susah ngira2nya udah mentok blon. laen kalo mobil pendek / tanpa bonnet.

                    bye,
                    William A
                  • Suyanto .
                    Message 9 of 10 , Mar 2, 2003
                      Wah, Apalagi abdi kang.., eh kalau Holden Limo sih udah pernah deh
                      kang.kepunyaan Hotel.
                      TLC Saya sih tahun 81 kang, ditanggung garing suara bodynya (dempul
                      tipis).Itu mobil kadang buat Exp. saja dan sekalian buat ngantor. aku
                      mah
                      masih cayang bener ama tuh mobil. aku ngerawat sejak bayi (standard),
                      sampai setengah Modif. modalnya adalah nekad + buku + Felling + kliping
                      + ngerjain sendiri. bosen akhirnya balik ke standar lagi.

                      Yan.
                      Wild Ox.
                      >>> saipulh@... 03/02/03 12:06PM >>>

                      "Suyanto ." <suyanto@...> wrote:Friend's aku termasuk yang
[...]

                    • Endo
                      Message 10 of 10 , Mar 3, 2003

                        Hehheheehe, emang mooy dah pake mobil europe... asal mesin lancar aja yak, kalo mulai ngerong-rong sih... heemmm....
                        ***) semua mobil nggak buatan europa or Japun or Korea or apalah kalau ngerong-rong mah juga ogah dah......:-)

                        nd

                        Regards;
                        B710ERnya
                        Mas_Ghera