RE: [Otomotif-l] Re: Mengurangi Gemuruh Suara Mesin

  • Edi, Wantoro
    Message 1 of 4 , Jun 2, 2002
      biasanya konstruksi mesin mobil yang dibawah cabin penumpang akan gemuruh
      jika rpm.> 3000 (normal).
      mungkin yang paling baik adalah dengan menggunakan seal/isolation yang bagus
      kalau perlu double seal, kecuali jika vibration yang keras/kasar mungkin
      hanya engine mounting yang kita check.

      itu pengalaman dulu waktu punya zebra astrea, sudah diakalin macem-2 dari
      belt (pakai belt dresser), fan (6 menjadi 8 daun), klep & pengapian, oli
      (waktu itu pakai sintetik bp visco) sampai akhirnya ke overhoul engine
      replace all part (piston+ring piston to standard) .............. ya suara
      tetap saja rada gemuruh, apalagi jika speed > 100 km/h di jln tol, akan
      sulit dengerin radio dengan jelas.

      Edi Wantoro