Alat Semprot Cuci Mobil Murah

  • andysutedja
    Message 1 of 6 , May 30, 2002
      Ada yang bisa kasih saran (gambar bagan/skema) utk membuat alat
      semprot cuci mobil. Kalau beli muahal sekali 2 jt utk merk Jerman.
      Sedang kalau bikin sendiri pake kompresor juga mahal (kompresor kecil
      1 juta).

      Ada yang punya ide.
    • JATI SANTOSA
      Message 2 of 6 , May 30, 2002
        Salah satu usulan pake pompa air yang kecil, jadi air sumur/ledeng dimasukin
        ke pompa tsb bisa untuk nambah tekanan semprot air. Terus pake selangnya
        yang kecil.

        Kalau pompa air kecil khan mulai sekitar Rp. 300 rb

        Jati Santosa

[...]

        == dapatkan topi eksklusif dari OtomotifClubs.com ==

        ---
        Incoming mail is certified Virus Free.

        ---
      • achmad_msthaib@goodyear.com
        Message 3 of 6 , May 30, 2002
          Coba Pompanya pakai DAB semi Jet Pump 250W dan otomatisnya dicopot
          (langsung hidup). Otomatis harus dicopot karena kalau tidak dicopot, mesin
          akan mati-hidup-mati-hidup terus. Lalu pakai pemyemprot Water Canon (Gun)
          biasa untuk mencuci mobil. Coba rasakan sendiri hasilnya. Kalau tidak
          hati2, cat bisa tergores.

          "andysutedja" <andysutedja@...> on 05/31/2002 09:58:52 AM

          Please respond to otomotif-l@yahoogroups.com

          To: otomotif-l@yahoogroups.com
          cc:

        • Agus Budi Hartono
          Message 4 of 6 , Jun 2, 2002
            Biaya bisa variabel, tergantung hasilnya mau spt apa. Alat semprot (jet
            cleaner) punya tekanan yang tinggi (~ 120 bar) dengan debit air yang relatif
            rendah (7~8 liter per menit). Sedangkan pompa air dibuat untuk menghasilkan
            debit air sebanyak mungkin. Jadi desain antara pompa utk jet cleaner dan
            pompa rumahan berbeda karena kegunaannya berbeda.
            Kalau mau murah bisa pilih :
            - beli bekas (mis. di tampur)
            - beli baru tapi bukan made in Germany (Italy lebih murah ~ 1 jt ; RRC
            paling murah dibawah 1 jt; cari di lindeteves)

            Atau biar manteb, nanti tunggu demo cuci mobil tgl. 9 Juni 2002 di Bekasi
            Branch.

            @gus

> [...]
            > semprot cuci mobil. Kalau beli muahal sekali 2 jt utk merk Jerman.
            > Sedang kalau bikin sendiri pake kompresor juga mahal (kompresor kecil

          • Budi Sutrisno
            Message 5 of 6 , Jun 3, 2002
              kang Agus, merk-nya apa yang direkomendasi...... dan belinya dimana......

              Regards
              B 2225 MF
              Eterna Silver

              Message 6 of 6 , Jun 5, 2002
                Oom Bud,
                Kalau merek jet cleaner/pressure washer yang top of mind menurut saya sih
                Karcher, tersedia di Kawan Lama atau Ace Hardware (groupnya KL juga)..
                Karcher ini menyediakan model yang komplit, dari yang simpel dan kecil
                sampai dengan yang kapasitas besar dan bisa air panas. Cuma harga produk
                Jerman ini lumayan tinggi (spt juga Mercy atau BMW).
                Merek lain yang sering muncul adalah Kenmaster, biasanya ada di Carrefour
                atau Dbest. Kenmaster ini rasanya cuma brand saja karena ada banyak produk
                mulai dari bohlam sampai bor listrik. Made in mana kurang jelas, tapi bisa
                ditebak dari Cina. Memang sekarang banyak brand dengan produk (asal Cina)
                yang bervariasi, misal Sanex yang jual lampu, kipas angin, tv sampai motor.
                Selain itu banyak juga produk Cina yang datang tanpa brand yang jelas.
                Negara lain yang banyak supply jet cleaner (selain produk pompa air) adalah
                Italy, mereknya juga macam-macam.
                Nah rekomendasi saya sih tergantung dana, kalau dananya sip ya ambil Karcher
                (kalau perlu yang bisa air panas/steam biar nggak pake degreaser lagi).
                Kalau siap Rp. 1~2 jt bisa pilih yang bikinan Italy. Dengan dana Rp.800 k ~
                1,5 jt bisa dapat Kenmaster. Dengan cara yang ngirit (Rp.1 jt-an max.)
                silakan berburu di Glodok/Lindeteves, saya pikir bikinan Cina juga oke kok
                ( karena baru-baru ini server Hewlett Packard di kantor diservice eh
                ternyata saya lihat cooling fan made in China).
                Cara yang paling ngirit (0,5~1 jt) hanya bisa dapat barang second, jadi
                perburuan bisa pilih di TamPur atau Poncol.

                @gus