Re: [Otomotif-l] Re: Watchout: Hyundai Kali Malang!!

  • Herman Haryadi
    Message 1 of 22 , Dec 28, 2001
      Setelah lama jadi langganan Inti Karya (waktu itu pakai Genio), saya jadi
      punya rumus : tune-up mobil hanya kalau mobil sudah kerasa nggak enak, kalo
      bensin mulai boros, tarikan berat. Kalau masih enak, walaupun sudah waktunya
      tune-up, baikan saya nggak tune up. Bukan apa-apa, biasanya tune-up nya
      nggak bisa
      sekali jadi, musti agak bolak balik sampai dapat setelan yg pas. Cape. Pihak
      Inti Karya sih ok-ok aja, dalam arti akan ngerjain terus
      sampai kita puas, service nya lumayan ok, dan nggak sembarang
      gonta-ganti parts. Pernah ada bunyi klotak2 di kompartemen mesin, di bengkel
      Honda resmi Bandung di analisa, kutak-katik, tune-up, setel sana-sini,
      sampai ganti timing belt segala, dan sampai
      tua nggak ketemu juga. Bunyi terus. Dibawa ke Inti Karya, periksa 1 menit,
      ternyata
      ada komponen di dalam kedudukan atas shock depan yg copot, tapi sama sekali
      nggak bahaya dan memang
      penyakitnya Genio. Nggak usah ganti (lagian kalau ganti mahal parts
      nya). Bunyi dikit nggak apa2.
      Pernah pengalaman juga dengan Starlet 1.000cc thn 91, beli brand new mesin
      enak dan
      bensin irit, pas service 1.000km mesin di stel, sejak itu sampai dijual
      mobil nggak prenah dapat dapet setelan seperti waktu baru, ngelitik terus
      dan bensin lebih boros dari sebelumnya. Ngelitik baru ilang kalau
      pakai Premix.
      Pertama punya Peugeot 306 sempat kaget, karena suhu naik kalau nggak pakai
      ac, setelah tanya bengkel resmi ternyata memang gitu dari sononya dan temp
      segitu normal aja.
      Pengalaman dengan Mercy C-Class, angin luar selalu masuk baik ac mati
      ataupun nyala, semua bengkel ac yg di tanyain menyarankan untuk bongkar ac
      (ini mahal). Tapi oleh montir bengkel resmi Mercy cuma di utik sedikit dan
      sebentar di bawah dashboard, angin masuk langsung ilang, murah lagi. Kasus
      ini katanya lumayan sering. Jadi
      know how dari bengkel resmi seperti ini masih diperlukan juga ternyata,
      daripada mobil dibongkar nggak karuan. Dan biasanya kepala bengkel resmi
      umumnya lumayan jago serta analisanya ok. Nggak semua urusan di bengkel
      resmi jadi mahal sebetulnya. Lihat2 case nya juga.

      Herman
      OTObooks
      .

      Message 2 of 22 , Jan 1, 2002
        Betul sekali..!!! Pak Alie namanya. Orangnya cukup ramah dan mau dengerin
        keluhan customer.

        "Asep
        Kuswara" To: <otomotif-l@yahoogroups.com>
        <AsepK@limas. cc:
        com> Subject: RE: [Otomotif-l] Re: Watchout:
        Hyundai Kali Malang!!
        12/28/2001
        10:45 AM
        Please
        respond to
        otomotif-l

        SA yg di Tebet namanya Pak Alie, sdgkan yg di Kalimalang SAnya Pak Edi.
        Saya selalu mampir yg di Tebet dan belom pernah yg diKalimalang walaupun
        mereka sama2 dari Mega Hyundai, spt Mas Roby alami saya cukup puas
        selama ini.

        Memang lebih baik jika mekanik lagi bekerja kita tongkrongin, biar kita
        dapet mengawasi sebab meskipun dapet dipercaya tuh mekanik namanya
        manusia dapet saja khilaf. Demi kendaraan kita sendiri lho..

        Sayang kasus spt ini dapat membuat buruk image brand produknya, sehingga
        dikit/banyak mempengaruhi nilai jual kembali barang. Thx infonya Mas
        Eko!

        Your use of Yahoo! Groups is subject to
        http://docs.yahoo.com/info/terms/

        Berlangganan, kirim email kosong ke: otomotif-l-subscribe@egroups.com
        Stop berlangganan, kirim email kosong ke:
        Kontak Moderator : otomotif-l-owner@egroups.com

      • t29s2001
        Message 3 of 22 , Jan 2, 2002
          Rekans,

          Hari Jum'at lalu pihak Hyundai Kalimalang sudah contact saya.
          Although not fully satisfied dengan conversation saya dengan
          orangnya, namun saya rasa dengan adanya tanggapan dari HKM
          menunjukkan bahwa existence milis ini sudah cukup solid.

          At the end, saya merasa bahwa milis ini sudah serves its purpose very
          well. That is, tidak sekadar ajang tukar info or knowledge, tapi juga
          sebagai wadah dimana kita bersuara sebagai konsumen.

          Thanks atas semua input-nya.

          always
          eko

          ps: saya sendiri terheran2 sebegitu cepatnya email saya ini sampai di
          mereka. Berarti milis ini termasuk diperhitungkan suaranya. Bravo!