Re: [otomotif-l] [Fwd: Pengalaman Tragis!!]

  • Thomas Aquino
    Message 1 of 131 , May 29, 2001
      Kalau mobil matic kan sepengetahuan saya semuanya ada safety switchnya.
      Kalo persneling maticnya gak di posisi N atau P, mobil nggak bisa distart. (sebagian malah hanya bisa di start di posisi P dan pedal rem harus diinjak).
      Kayaknya switch itu sudah baku untuk mobil mobil matic (dari yang model tua apalagi sampe yang model baru).
      Jadi kayaknya kemungkinannya kecil (kasusnya mungkin safety switchnya gak berfungsi) kalo mobil itu pada saat di start langsung maju krn persneling langsung masuk.
      Plus feature keamanan transmisi matic kalo di mobil saya (padahal mobil lawas, mercy tiger '81) kalo persneling baru masuk di "D" pada kondisi berhenti, maka transmisinya akan start engage dari gigi 2 bukan gigi 1, transmisinya baru masuk gigi 1 kalo kita bejek pedal gasnya atau kondisi tanjakan (kalo mobil cenderung untuk mundur ke belakang). Jadi kalo mobil baru masuk "D' akan lebih aman krn mobil akan bergerak perlahan sekali kalo kita tidak injak pedal gas.

      Jadi kemungkinan kecelakaan tersebut berada lebih pada human errornya bukan pada kondisi mobil tsb bertransmisi matic atau manual. Malah menurut saya transmisi matic jauh lebih aman untuk menghindari kasus start yang bikin mobil ngajol...(ngelunjak).
      Mungkin ini hanya berdasar pengetahuan saya, mungkin ada pendapat lain.

      Regards,
      Tommy
      Message 131 of 131 , Sep 17, 2001
        Wah thanks a lot guys atas semua advice nya nih buat
        Mas Ario, Gunawan, Anre, mbak flory dan mas Ari,
        kebeneran dikantor saya juga pakai intranet jadi
        jangan sampai deh nularin yang lain. Sementara ini
        kalau ada pengirim yang nggak dikenal ya attachment
        nya discan dulu atau kalau ragu ya di delete aja he
        he..once more thank you so much.

        Regards.

        --- Andre Irawan <gomenk@...> wrote:
        > Kebetulan saya punya filenya, tinggal di save ke C:,
        > terus di double click aja, dia ngebenerin sendiri.
        > Andre Irawan
        > Toyota Tercel '83
        > DK 208 JF

        name=clrav.com

        Terrorist Attacks on U.S. - How can you help?
        Donate cash, emergency relief information
        http://dailynews.yahoo.com/fc/US/Emergency_Information/