To Ifan Chen / Re: Innova: Diesel vs Bensin

  • aandysh
    Message 1 of 11 , Jun 1, 2006
      sebelum menentukan jenis mesin mana yg akan diambil, kalau boleh tahu
      anda menempuh jarak brp puluh ribu km dlm setahun ?

      --- In otomotif-l@yahoogroups.com, Hasta Purnama <hasta.purnama@...>
      wrote:

> [...]
      > / akan dinaikkan. sebaiknya ambil tokinov d4-d 2500cc saja.
      >
      > btw, lepas dari besarnya pkb kendaraan tertentu, imho, besarnya pajak
      > setahun umumnya berjumlah tidak signifikan dibanding dengan
      pengeluaran bbm
      > kita. pkb setahun bisa dirasakan terlalu besar jika nilai per bulannya
      > lebih besar daripada pengeluaran bbm kita.
      >
      > misal, mobil tertentu pajaknya rp 1.2 juta yg artinya sebulan rp 100
      > ribu. andai pengeluaran bbm kita sebesar rp 600k sebulan, pkb sebesar
      > rp 1.2 juta per tahun itu masih wajar / umumnya masih bisa diterima.

    • Ifan Henry Chen
      Message 2 of 11 , Jun 1, 2006
        Many thanks buat Pak Hasta dan Pak Aandysh.

        Pemakaian sich lebih banyak di daerah Kota - Jakarta (yg muacet banget :)).
        Mungkin sesekali ke daerah Jabotabek. Dan kira2 2 bulan sekali dipakai
        tamasya ke luar kota :)
        Jadi kira2 brp km yach... 15k sampai 20k gitu setaon?

        Sekarang muncul kandidat baru, kalo manual diesel vs auto diesel gimana,
        dari segi konsumsi bbm dan performa?

        BTW, tokinov itu innova yach? Trus d4-d itu maksudnya apa?
        Sorry newbie banget urusan otomotif ^_^'

      • Hasta Purnama
        Message 3 of 11 , Jun 1, 2006
          01/06/2006 16:34 Ifan Henry Chen ifanchen@... 1564 b:
> [...]
          > tamasya ke luar kota :)
          > Jadi kira2 brp km yach... 15k sampai 20k gitu setaon?

          maksud om Andy menanyakan berapa km jarak tempauh setahun mungkin akan
          dihubungkan dengan payback period andai memilih versi diesel yg kira*
          terpaut rp 15 juta an untuk tipe tokinov yg sama. versi diesel lebih
          mahal tapi lebih hemat bbm. nah, spending extra rp 15 juta an ini akan
          lebih cepat ter-recovery jika pemakaian versi diesel semakin banyak.

          > Sekarang muncul kandidat baru, kalo manual diesel vs auto diesel gimana,
          > dari segi konsumsi bbm dan performa?

          mesin diesel tipe matic punya torsi yg lebih besar (26.5 kgm vs 20.4
          kgm) dengan rentang rpm yg lebih sempit (1600 - 2400 vs 1400 - 3200)
          konsumsi bbm: jika mau mengatur tekanan pada pedal gas (kudu smooth)
          kabarnya versi matic bisa seirit versi manual. tapi ini dengan
          konsekuensi mobil akan tampak berjalan kurang lincah terutama saat
          dibawa buat antara kota.

          > tokinov itu innova yach?

          toyota kijang innova

          > Trus d4-d itu maksudnya apa?

          kode umum mesin diesel toyota, salah satunya yg ber-cc 2500 dipasang
          di tokinov.

          --
          Terima Kasih
        • Bramante M Perkasa
          Message 4 of 11 , Jun 4, 2006
            Pak Hasta,

            sorry agak telat. Mobil diesel sekarang masih pakai "Glow Plug" nggak
            ya? Soalnya baru hari Jumat kemarin saya lagi audit kok ada biaya
            servis mobil, dan 4 buah glow plug harganya AUD220 (rp1,5jt).

            1. Apakah mobil diesel sekarang masih pakai glow plug?
            2. Bagi yang masih menggunakan glow plug, berapa lama sebelum waktunya
            diganti?
            3. Berapa harga glow plug ini di Jakarta?

            Regards,
            Bramante M Perkasa

            Message 5 of 11 , Jun 4, 2006
              04/06/2006 19:15 Bramante M Perkasa bramante.perkasa@... 1623 b:
              > 1. Apakah mobil diesel sekarang masih pakai glow plug?

              masih. sangat vital untuk mesin diesel idi (indirect injection) atau
              untuk mesin diesel yg kudu di-crank pada suhu ambient relatif rendah.

              > 2. Bagi yang masih menggunakan glow plug, berapa lama sebelum waktunya
              > diganti?

              afaik, bisa sampai ribuan kali engine starting kecuali ada kerusakan
              pada rangkaian listrik glow plug.

              --
              Terima Kasih
            • Agus Budy Wuysang
              Message 6 of 11 , Jun 4, 2006
                Bramante M Perkasa wrote:

                > 2. Bagi yang masih menggunakan glow plug, berapa lama sebelum waktunya
                > diganti?

                Normalnya lebih dari 10 tahun... CMIIW.

                --
                +---------------C-| Mozilla 1.7.x |-4-| Linux 2.6.x |-2----------------+
                | Agus Budy Wuysang GSM (Mks): +62-819-423-7172 |
                Message 7 of 11 , Jun 9, 2006
                  Dulu saya pernah ganti Glow Plug Mitsu Kuda, padahal mobil baru 5 th. Gejala
                  nya kalo pagi di stater, hidup nya lama. Harganya lumayan mahal, sekitar
                  seratus ribuan 1 bh.
                  Berarti ada yang salah ya, karena umurnya pendek banget.

                  wisnu

> [...]

                  | Agus Budy Wuysang GSM (Mks): +62-819-423-7172 |
                  | CDMA: +62-21-92927215 GSM (Jkt): +62-816-46054572 |

                  save bandwidth !!!
                  harap hapus message yang tidak perlu
                  Yahoo! Groups Links
                • Hasta Purnama
                  Message 8 of 11 , Jun 9, 2006
                    09/06/2006 14:04 wisnu wardhana wisnu.mdm@... 1685 b:
> [...]
                    > seratus ribuan 1 bh.
                    > Berarti ada yang salah ya, karena umurnya pendek banget.

                    glow plug di mesin indirect injection nan jadul di kuda memang bekerja
                    lebih keras (lebih lama). jadi pantas bila lebih cepat rusak dibanding
                    temennya yg dipasang apda mesin direct injection.

                    --
                    Terima Kasih
                  • wira
                    Message 9 of 11 , Jun 22, 2006
                      Berita Kehilangan :

                      Telah hilang sebuah STNK sedan warna silver Nopol B 2166 NV atas nama
                      Noni Ismarini, diperkirakan tercecer/tertinggal di tempat
                      peristirahatan/rumah makan sepanjang jalur Pantura antara Jakarta dan
                      Surabaya pada tanggal 29-30 Mei 2006. Jika ada rekan-rekan yang
                      menemukan, mohon kesediaannya untuk menghubungi no hp 0815 5333 8335.
                      Terima kasih.