Re: [otomotif-l] Re: Ttg AC : R12 --> R134

  • Budhi Sunantio S.
    Message 1 of 23 , Oct 31 11:30 PM
      Wah, saya juga hanya baca di otomotif. Mobil saya dulunya sudah menggunakan
      rossy dari saat saya beli. Sewaktu saya baru servis ac belakangan ini, saya
      ganti kembali dengan R12 karena rossy tidak tersedia di bengkel ac. Bahkan
      herannya, orang bengkelnya tidak mengenal refrigrant seperti rossy & petrozon
      (kikijaya radio dalam).

      Budhi

      "Ervin Listyawan" <ervin.listyawan@...> on 11/01/2000 01:48:58 PM

      Please respond to otomotif-l@egroups.com

      To: otomotif-l@egroups.com
      cc: (bcc: Budhi Sunantio S./ARII/AIOGC/ARCO)

      Subject: [otomotif-l] Re: Ttg AC : R12 --> R134

      Pak Budhi,

      Kalau nggak salah, Petrozon itu buatan Pertamina ya. Belinya di mana,
      apakah sudah tersedia di pasaran bebas/di bengke-bengkel AC di
      pinggir jalan? Freon AC (R12) mobil saya sepertinya sudah minta
      diganti nih, jadi pingin cari alternatif pengganti yg lebih hemat BBM
      dan lebih dingin.

      Ervin L

      --- In otomotif-l@egroups.com, "Budhi Sunantio S." <budhiss@m...>
      wrote:

> [...]
      > Budhi
      >

      > "A.Rahman" <ars7100@y...> on 11/01/2000 12:44:18 PM
      >
      > Please respond to otomotif-l@egroups.com
      >
      > To: otomotif-l@egroups.com
      > cc: (bcc: Budhi Sunantio S./ARII/AIOGC/ARCO)
      >
      > Subject: RE: [otomotif-l] Ttg AC : R12 --> R134
      >

      > Pak Budhi,
      > Saya tidak hapal apakah Petrozon atau Rossy termasuk
      > HC (kayaknya sih iya), karena 'buku pintarnya' tidak
      > dibawa sih. Seingat saya di otomotif 1-2 bulan yl
      > pernah diulas mengenai refrigerant HC dan merk yang
      > tersedia di pasaran. Buat lebih yakin lagi, dibuka

      Dapatkan topi esklusif dari OtomotifClubs.com, kontak rahman@...
      untuk informasi, BURUAN!
    • A.Rahman
      Message 2 of 23 , Nov 1, 2000
        Saya sendiri kurang begitu setuju dengan pendapat di
        otomotif bahwa HC 100% aman. Pertama kali sistem
        pendingin diperkenalkan justeru yang digunakan adalah
        HC. Tapi karena sifatnya yang flammable, orang beralih
        ke R12.
        Khusus untuk mobil, walaupun jumlah refrigerantnya
        sedikit (200-300 gr) Saya sendiri merasa terlalu
        riskan jika di tengah kemacetan di mana udara tidak
        bersirkulasi, terjadi kebocoran HC, padahal mesin
        sedang panas-panasnya. Kalau ada percikan api sedikit
        saja, bisa meledak.

        Secara teoritis untuk pindah ke HC dari R12 di mobil
        tidak perlu terlalu banyak perubahan. Praktenya
        mungkin bisa berbeda.

        abdul

        --- "Budhi Sunantio S." <budhiss@...> wrote:

> [...]
        > pernah diulas mengenai refrigerant HC dan merk yang
        > tersedia di pasaran. Buat lebih yakin lagi, dibuka

        === message truncated ===

        From homework help to love advice, Yahoo! Experts has your answer.
        http://experts.yahoo.com/
      • Cahyo Hening H.
        Message 3 of 23 , Nov 1, 2000
          Petrozon dan Rossy bisa didapat di bengkel AC Prima Teknik, di Jl.
          Kesehatan - JakPus, tepatnya di depan kantor Suku dinas Kesehatan Walikota
          Jakpus, ketemu aja sama bossnya Pak Mamad.