Re: Lebar celah Platina

  • Ervin Listyawan
    Message 1 of 8 , Sep 1 12:02 AM
      Pak,

      Apakah itu berarti celah klep harus direnggangkan lagi, atau memang
      kalau mobil sudah relatif tua (>50000Km) celah harus dibuat sempit?

      eom/Ervin

    • Heri Prastawa
      Message 2 of 8 , Sep 1 12:07 AM
        Sorry yang awam mau ikutan nih,
        Bung Ervin dan yang lain, kalo untuk nentuin derajatnya gimana ya ?
        pengaruhnya apa kalo nggak pas, kira-kira untuk D. Classy ukurannya berapa ?

        Tengkyu

        Heri

> [...]

        8°,
        dengan bahan
        > bakar standart (premium), renggang klep harus standart juga tuh biar

        rahman@... untuk informasi, BURUAN!
      • Ervin Listyawan
        Message 3 of 8 , Sep 1 4:32 AM
          Halo Bung Heri,

          Punya saya Classy juga kok. Ukuran celah platina saya buat 0.25, dan
          timing 8 BTDC. Bung Heri lihat itu distributor, ada 2 baut. Kendorin
          ke-2 baut tsb, kemudian distributor diputar ke kanan pelan-pelan. RPM
          pasti naik tuh, kalau tambah turun berarti putarnya kebalik. Putar
          terus sampai nggak naik lagi, di situlah letak optimalnya. Setelan
          optimalnya hampir mentok kanan, kira-kira ring pada baut tsb menutup
          celah yg ada (sampai celah di tempat setelan tsb tidak kelihatan
          tertutup ring/baut). Kalau ingin lebih tepat, harus buka tutup timing
          belt, terus cari di sekitar pullynya (kalau masih ada angkanya),
          ditempatkan ke 8 BTDC, platina tepat baru membuka (arus - ke koil
          terputus, bisa dicek pakai lampu 12V atau multimeter).

          Kalau timing terlalu mundur (jauh <8 BTDC), tenaga ngempos,
          akselerasi payah (tapi suara halus, ini biasanya setelan bengkel yg
          hanya pakai feeling). Kalau terlalu maju (>8 BTDC) bisa nglitik. Itu
          saja pengaruhnya.

          BTW, konsumsi bensin Anda berapa (dg dan tanpa AC)?

          Demikian informasi dari saya.

          Ervin L
          http://www.angelfire.com/id/ervinl

          Message 4 of 8 , Sep 3 11:20 PM
            Pak Ervin,

            Trimakasih atas penjelasannya, btw. konsumsi bensin mobil saya terakhir
            kemaren (Minggu) waktu ngisi 9,2 km/liter, untuk luar kota (tahun lalu
            dibawa ke Jawa) 12,4 km/liter. Gimana pak, boros nggak yah, terutama untuk
            dalam kota ?

            Thanks,

            Message 5 of 8 , Sep 4 12:12 AM
              Pak Heri,

              Saya rasa itu sih wajar, malah bisa saya katakan irit. Kalau ingin
              lebih irit lagi, bisa dicoba utk mengecilkan sedikit spuyer Primary
              Jet (bisa dicoba ukuran 97), dg mengorbankan sedikit tenaga tentunya.
              Karb. Repair Kit-nya saya rasa lebih pas pakai punya Feroza (kalau
              mau ganti spuyer karburator). Kalau punya Charade, saya pernah
              mencoba tidak cocok.