Re: [otomotif-l] Timor 213i

  • Tukang Nge-Gas
    Message 1 of 10 , Sep 1, 2000
      Memang seharusnya kita bangga udah bisa bikin mobil sendiri, namun
      sebenernya ini udah bisa dilakukan dari dulu, masalah kemauan aja. Kalau
      dari sisi ATPM lain, selain masalah kemauan, mereka juga dibatasi Policy
      dari prinsipal masing2. IMHO Timor S213i di ekspose terlalu dini, sehingga
      ATPM/Principal lain punya waktu buat meng-counter, semoga aja nasibnya gak
      kayak sportage. Yang saya lihat masih ada unsur 'personal achiement'nya
      dari penciptanya.

      Kalo boleh dibilang yg namanya bikin sendiri hanya blok mesin dan silinder
      head, body ngambil dari contoh mobil yg udah ada, gila aja $2juta bisa bikin
      mobil dari scratch dan dalam waktu 6 bulan. Mercy aja butuh 7 tahun dan
      billions of dollars, Honda 3 tahun. Ini mobil juga masih banyak komponen
      mobil Timor S515i, yg saya anggap justru menjadi nilai tambah paling besar,
      parts murah, banyak, dan interchangable dgn Mazda parts. Yg udah baca
      otomotif dan punya mobil timor bisa lihat sendiri kalau console yg ditengah
      (AC, tombol, radio console) semua parts timor. Electronic (Wiring harness,
      engine management (ECU)) juga dari timor, entah utk produksi apa akan sama
      atau gak. dibagian mesin juga masih banyak komponen timor; radiator,
      altenator, dsb).

      Saya sendiri dukung supaya ini mobil bisa sukses dan laku kayak kacang
      goreng, selama harganya bisa bersaing atau dibawah Karimun, bahkan lebih
      murah lagi, arahnya memang kesana. Paling tidak bagi yg belum punya mobil
      dan budgetnya pas2an/tanggung sekarang bisa beli mobil yg gak makan tempat,
      tenaga bagus, bisa muat banyak kayak sedan biasa, dsb. kita perlu
      men-stimulate kembali supaya harga2 mobil bisa turun seperti jaman timor
      masih baru2nya dgn harga 35 juta. dgn kondisi sekarang cuma kalangan beduit
      yg bisa beli mobil, dan pilihan sedikit.

      Hayo yg ngedukung suksesnya ini mobil ngacung !!!!! huahuhauhuhauha.

      CKK.

      Message 2 of 10 , Sep 1, 2000
        tak dukung lah....tapi kapan nongol di pasaran-nya...
        biar bisa ngerasain beli mobil baru, gak yg bekas melulu.....

> [...]
        beduit
        > yg bisa beli mobil, dan pilihan sedikit.
        >
        > Hayo yg ngedukung suksesnya ini mobil ngacung !!!!! huahuhauhuhauha.

        rahman@... untuk informasi, BURUAN!

      • Bharoto Winardi Soeprono, YB2WW
        Message 3 of 10 , Sep 1, 2000
          Di Otomotif edisi terakhir sudah diperkenalkan Timor S213i, dan tak tanggung-tanggung
          lagi oleh penggede TPN Suparto Suyatmo. Sebuah mobil prototipe biasanya memang
          akan membungkam staf pabriknya untuk tak boleh berbicara keluar, tetapi dengan publi-
          kasi yang sudah setengah resmi sebenarnya tak ada salahnya bung CKK berkomentar.
          Apalagi produknya sudah ditelanjangi beberapa bagiannya untuk dipotret dan dipublika-
          sikan. Mumpung lagi prototipe, bisa saja ada aspirasi yang masuk dari publik antara
          lain dari rekan-rekan milis ini. Dengan adanya opini publik, akan membuat TPN dapat
          membuat jurus jitu dalam pemasarannya nanti.

          Komentar saya tentang Timor S213i adalah sebagai berikut:
          1. TPN telah menapakkan kaki yang tepat untuk memulai sebuah 'own-product',
          dengan menggandeng rumah desain Zagato. Hal sama dilakukan oleh Hyundai dengan
          Pininfarina atau Nissan dengan Bertone pada awal globalisasi produknya. Bagaimana-
          pun 'global taste' sudah menjadi acuan rumah desain di Italia.
          2. Harga memang belum diancarkan, tetapi kalau mau bersaing di dalam negeri
          harus bisa bersaing dengan small city car yang ada saat ini (Karimun, Atoz). Mungkin
          Rp 60-70 juta adalah harga yang pantas untuk bersaing dengan mengedepankan mesin
          yang lebih menjanjikan (1,3 l DOHC).
          3. Desain luar memang mengikuti trend desain tahun terakhir, tetapi desain keempat
          fender terutama yang depan terlalu revolusioner buat konsumsi Indonesia. Mungkin
          warna 'one-tone' akan lebih pantas menetralisir 'classical-styled' fender.
          4. Warna interior yang cenderung 'cream' apalagi di gambar Otomotif dipadu dengan
          warna eksterior silver sungguh tak enak dilihat. Bila TPN tak mau menggunakan ber-
          bagai warna interior, maka hendaknya warna interior dipilih yang cenderung harmonis
          dengan beberapa pilihan eksterior.
          5. Desain console-panel yang kotak-kotak, sungguh tak seirama dengan desain
          eksterior dan dashboard yang cenderung oval. Mungkin console-box Peugeot 206
          bisa menjadi acuan.
          6. Desain steering-wheel juga demikian, tak seirama dengan model dash-board dan
          terkesan terlalu kuno.
          7. Sistem suspensi belakang yang mengandalkan sebilah per daun, bila memang itu
          sangat memberikan kenyamanan dan kestabilan pada mobil harus mendapat penje-
          lasan selama promosi. Ingat suspensi belakang Nissan Serena yang membikin meng-
          keret calon pembelinya. Bagaimanapun publik belum terbiasa dengan desain begitu.
          8. Menurut Suparto Soeyatmo akan dibuat varian pick-up. Menurut saya hal itu
          tak perlu, karena akan menurunkan gengsi dan cap S213i sebagai mobil penumpang
          (ingat akronim S di depan kode produksi). Kalau mau produksi pick-up saya kira
          bisa buat seri lain dan tentunya lebih mudah (tak usah ke Bertone) dan bisa menggu-
          nakan mesin yang sama (apa nggak terlalu bagus?).

          Barangkali ada rekan lain yang mau berkomentar? Bagi bung CKK bisa jadi bekal
          rapat nanti di kantor ....... heh heh.

          Salut buat TPN dan 'last but not least' saya kesengsem deh kalau murah.

          Salam,
          Wien

        • Badcat
          Message 4 of 10 , Sep 1, 2000
            Saya ngacung !! gimana ndukungnya ?

            Jabat hangat,

            - Aan -
            _______________________
            Mail : pranada_2001@...
            BX 16 TRS'86 - B 2476 MY
            "Nothing Moves You Like a Citro├źn"

> [...]
            beduit
            > yg bisa beli mobil, dan pilihan sedikit.
            >
            > Hayo yg ngedukung suksesnya ini mobil ngacung !!!!! huahuhauhuhauha.

          • winny
            Message 5 of 10 , Sep 1, 2000
              saya ngacung lho.............
              pokoknya saya dukung mobil baru murah ........
              tapi ya saya tetep nggak bakalan beli.......lha wong pasti tetep terlalu
              mahal buat saya..........

              >Hayo yg ngedukung suksesnya ini mobil ngacung !!!!! huahuhauhuhauha.
              >
              >CKK.

              w i n n y
              -- winny@... , pewecombi@...
              -- ICQ : 17720238
            • Ependi, Tedi Rahmat (KPC)
              Message 6 of 10 , Sep 1, 2000
                betul saya dukung juga soalnya belum pernah punya mobil baru he he..