QT

  • Hardono
    Message 1 of 4 , Mar 1, 2009
      Teman-teman komunitas Netbean,

      Maaf cross posting...saya sebagai
      pemula yang sedang mencari free software development yang multi
      platform diantaranya saya sudah ketemu Java (Netbean,Eclipse) dan QT.
      Saya sudah mencoba Netbean & Eclipse di Mandriva 2009 tetapi
      resourcenya sepertinya tinggi dibandingkan dengan QT. Saya menggunakan
      QT 4.4.3 dan kabarnya KDE 4 sendiri dibangun dengan QT selain beberapa
      perusahaan besar kelas dunia menggunakan QT (sumber www.qtsoftware.com) sehingga dapat saya simpulkan QT juga powerfull

      QT sendiri berbasis C++ dan bisa jalan cross platform (Linux,Windows,Mac) sedangkan di linux juga sudah disediakan paketnya.

      Menurut pendapat rekan-rekan bagaimana kelebihan2 pada masing-masing free software development tersebut ?

    • rangga.prasetya
      Message 2 of 4 , Mar 1, 2009
        --- In netbeans-indonesia@yahoogroups.com, Hardono <donh234@...> wrote:

> [...]
        (Linux,Windows,Mac) sedangkan di linux juga sudah disediakan paketnya.

        > Menurut pendapat rekan-rekan bagaimana kelebihan2 pada masing-masing

        QT apa ya??,saya baru dengar..,apa saya ketinggalan berita..,yang
        populer di kalangan programmer java setahu saya netbeans & eclipse,apa
        diperusahaan2 indonesia dipakai?,tapi saya belum bernah tau tuh..
      • Ifnu bima
        Message 3 of 4 , Mar 1, 2009
          > QT apa ya??,saya baru dengar..,apa saya ketinggalan berita..,yang
          > populer di kalangan programmer java setahu saya netbeans & eclipse,apa
          > diperusahaan2 indonesia dipakai?,tapi saya belum bernah tau tuh..

          QT itu semacam GUI toolkit sejenis Swing, GTK, SWT dll. Dibuat
          trolltech di norway, merupakan basis dari KDE.

          Menurut saya masih bagus menggunakan Java, alasanya adalah lebih
          banyak resource untuk belajar dan bertanya kalau ada masalah, masalah
          powerfull atau nggak kan tergantung orangnya bukan tergantung toolsnya
          ;)

          Selain itu sih yang perlu diperhatikan adalah jenis dari aplikasi yang
          akan dibuat, apakah aplikasi sederhana yang mengolah database, atau
          aplikasi lain yang spesifik ke domain tertentu?

          kalau aplikasinya adalah aplikasi bisnis yang banyak mengolah database
          lebih baik menggunakan java, karena library pembantu untuk membuat
          aplikasi bisnis sangat lengkap, mulai Hibernate yang memudahkan akses
          ke database, Spring untuk DI dan Declaratif transaction, Jasper untuk
          reportnya, pdf viewer, Graph, chart, calendar dll dll.

          Jadi, Selain platformnya yang perlu diperhatikan ya dukungan teknis
          (milis, blog, buku, forum) dan librari pendukung untuk aplikasi.

          --
          Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
          Java Training Center

          http://ifnu.artivisi.com
          +62 856 9211 8687
          regards
        • Ari Hermawan
          Message 4 of 4 , Mar 1, 2009
            2009/3/1 Ifnu bima <ifnubima@...>

> [...]
            > banyak resource untuk belajar dan bertanya kalau ada masalah, masalah
            > powerfull atau nggak kan tergantung orangnya bukan tergantung toolsnya

            Kalo dulu untuk desktop apps, QT masih lebih menarik buat developers karena
            development dengan IDE-nya lebih straighforward dibandingkan Swing, even
            Matisse. Tapi sekarang ada JavaFX Script bro, gak zaman lagi QT atau Cocoa
            developes melecehkan Java Desktop programming! Dengan JavaFX script binding
            udah jauh lebih simple, function as a first class citizen, pokoke udah gak
            kalah ama yg lain. Sementara kelebihan Java dari dulu sampe sekarang belum
            bisa full dikejar ama yg lain, fully leveraging Java platform features dari
            mana aja mau desktop mau web, sementara Java platform masih jauh lebih
            lengkap daripada QT atau Cocoa platform.

            --
            Ari Hermawan
            http://ari.kebuntech.com