refer project/jar untuk netbeans module project

  • gede sutarsa
    Message 1 of 6 , May 1, 2008
      Dear all,

      saya sedang belajar aplikasi berbasis netbeans rcp. Saya bermaksud
      memisahkan DAO class dalam project terpisah, rencananya saya ingin membuat
      DAO ini dengan project java biasa, bukan dengan netbeans module project,
      dengan pertimbangan, kemungkinan ini bisa di ambil dari project lainnya,
      atau mungkin ini bisa di reuse nantinya. Cuma saya agak bingung bagaimana
      caranya mereference class-class dalam jar DAO ke project yang tipenya NB
      module. kalau saya klik kanan pada libraries yang keluar pilihannya cuma 2 ,
      *add new library *dan add *dependency module*. Add dependency sepertinya ini
      mencari dari modul yang sudah terinstall dalam netbeans, sementara kalau add
      new library, saya agak kebingungan. ini menampilkan wizzard, select jar
      select folder, dan malah create ujung2nya create netbeansmodule lain dengan
      kosongan.

      mohon saran bagaimana sebaiknya saya lakukan untuk ini. Oh ya sebagai
      informasi saya masih mempergunakan NetBeans 6.0(belum sempat download di
      kantor)

      sebelumnya saya ucapkan terimakasih
      --
      Regards,
      Gede

    • Tonny Kohar
      Message 2 of 6 , May 2, 2008
        Hi,

        On Fri, 2008-05-02 at 00:01 +0700, gede sutarsa wrote:
> [...]
        >
        > mohon saran bagaimana sebaiknya saya lakukan untuk ini. Oh ya sebagai
        > informasi saya masih mempergunakan NetBeans 6.0(belum sempat download

        Spt yang anda katakan, bisa dengan library wrapper module. Library
        wrapper module ini spt module biasa tapi isinya hanya jar/library yg di
        inginkan.

        Jadi biasany bisa begini
        - Buat freeform project (init yang untuk dao)
        - Buat library wrapper module (init yang untuk wrapper DAO diatas untuk
        bisa jalan di Netbeans RCP)

        Cheers
        Tonny Kohar
        --
        KIYUT
        imagine, design, create ...
        Message 3 of 6 , May 3, 2008
          iya ternyata musti dengan library wrapper itu.
          jadinya ngereference 2 kali gitu yah.

          Terimakasih bantuannya

          --
          Regards,
          Gede

        • Tonny Kohar
          Message 4 of 6 , May 4, 2008
            Hi,

            On Sun, 2008-05-04 at 13:46 +0700, gede sutarsa wrote:
            > iya ternyata musti dengan library wrapper itu.
            > jadinya ngereference 2 kali gitu yah.
            >
            > Terimakasih bantuannya

            Tanpa library wrapper juga bisa. Langsung saja di embed di salah satu
            module yang aktif dengan cara:
            - modify project.xml (Project Metadata) tambahkan
            <project>
            <type>...</type>
            <configuration>
            <data>
            <class-path-extension>
            <runtime-relative-path>ext/path_to_your_jar_file.jar</runtime-relative-path>
            <binary-origin>release/modules/ext/path_to_your_jar_file</binary-origin>
            </class-path-extension>
            </data>
            </configuration>
            </project>

            - kemudian di module tsb buat folder spt di spec di atas
            release/modules/ext/ (taruh disini jar yang akan di reference)

            Cuman cara library wrapper direkomendasi dengan tujuan maintenance:
            - applikasi di split berdasarkan module
            - kalau ada update untuk library/jar tertentu, hanya library wrapper tsb
            yang di upload (nbm)

            Cheers
            Tonny Kohar
            --
            KIYUT
            imagine, design, create ...
            Message 5 of 6 , May 5, 2008
              wah Mas Tony canggih benar oprek netbeans-RCP nya.

              ngomong-2 dapat referensi soal ini di mana nih. Ada saran tidak soal site
              soal netbeans RCP yang bagus?.saya sudah sempat baca sih tutorial netbeans
              rcp di netbeans.org. cuma masih baru nyobain. belmum terlalu jauh sih.

              thx masukannya mas

              regards,
              Gede Sutarsa

              --
              Regards,
              Gede

            • Tonny Kohar
              Message 6 of 6 , May 5, 2008
                Hi,

                On Mon, 2008-05-05 at 19:32 +0700, gede sutarsa wrote:
                > wah Mas Tony canggih benar oprek netbeans-RCP nya.

                Canggih sih blom, cuman saya sudah buat 4 software products yang
                berjalan di atas Netbeans RCP, jadi ya lumayan ngerti2 dikit :)

> [...]
                > netbeans
                > rcp di netbeans.org. cuma masih baru nyobain. belmum terlalu jauh sih.

                Referensi mengenai embed external jar itu saya dapat dengan membongkar
                project settings/description dari library wrapper module. Ternyata
                library module wrapper itu sama dengan module2 yang lain tidak ada
                perbedaan di project settings/manifest/project metadata. Ini saya oprek
                dulu karena saya membutuhkan fitur ini dulu untuk embed beberapa jar
                dalam 1 module.

                Biasanya kalau ada problem di Netbeans RCP saya merefer ke
                - Netbeans.org (bagaian Dev FAQ)
                - netbeans platform javadoc API
                - planetnetbeans.org (sering2 ada tips2 menarik mengenai netbeans)

                Cheers
                Tonny Kohar
                --
                KIYUT