Re: [netbeans-indonesia] guys nanya donk....

  • Awaluddin Hamid
    Message 1 of 11 , Dec 2, 2007
      Maaf nih mas Endy, jd salah persepsi :). That's my mistake.
      Tapi saya gak bermaksud ngutip stengah2 loh..
      Saya sebenarnya cuman pengen tahu, sapa tau mas Endy punya pandangan
      kenapa fenomena itu terjadi (banyaknya client yg request DB yg proprietary).
      But anyway, jawaban di bawah sudah cukup clear buat saya.

      Tks,
      AH

      Endy Muhardin wrote:

> [...]
      > gak bagus.
      > Saya sendiri mengerjakan project internal, bikin aplikasi buat dipake
      > sendiri.
      > Databasenya pakai PostgreSQL.
      >
      > Cuma biasanya di client mereka pakai database komersial dari vendor besar.
      >
      > Saya juga gak bilang PHP jelek ... sebelum bisa Java, bahasa
      > pemrograman pertama saya PHP.
      > Ya itu, clientnya kantor saya gak pake ... simply like that.
      >
      > Client kantor saya mostly bank, multifinance, asuransi, trading
      > (forex, saham).
      > Jadi kalau nanti mau apply ke perusahaan yang clientnya sejenis, bisa

    • Endy Muhardin
      Message 2 of 11 , Dec 2, 2007
        On Dec 3, 2007 9:00 AM, Awaluddin Hamid <awal@...> wrote:
        > Saya sebenarnya cuman pengen tahu, sapa tau mas Endy punya pandangan
        > kenapa fenomena itu terjadi (banyaknya client yg request DB yg
        > proprietary).

        Beberapa sebabnya:
        1. Support. Kalau vendor besar, kesannya ada banyak orang yang bisa support.
        2. Resiko kerjaan.
        Kalau kita ajukan aplikasi open source, kalau ada apa2 beresiko,
        "Elu salah pilih teknologi nih .. "
        Tapi kalau dari vendor besar, pepatahnya, "You won't get fired
        because of choosing IBM product"
        Pakai aplikasi open source itu personal guarantee, tapi di
        aplikasi komersial, garansi ada di vendor.
        3. Politik dagang antarnegara.
        Sad but true, negara kita sering diberikan pinjaman lunak,
        dengan syarat sebagian uang yang dipinjamkan harus dipakai bikin sistem
        pakai database terbitan vendor dari negara donor.

        Nah, keliatan kan ... tidak ada hubungannya dengan kemampuan teknis
        dan performance.
        Apalagi harga ...

        :D

        --