Apakah Proyek Anda ?

  • Eko Budhi S, Ghifari.Org
    Message 1 of 15 , Nov 27, 2006
      Ehlo all,
      buat memulai diskusi ... bagaimana kalau saling memperkenalkan diri ?
      dan proyek yang Anda pengin atau sedang kerjakan yang mungkin bisa
      dibantu dengan Netbeans ?

      Cheers,

      Eko Budhi S
    • Bima, Ifnu (ICRAF)
      Message 2 of 15 , Nov 27, 2006

        Mulai dari shaya yah :

        Nama : ifnu bima

        Kerjaan : java programmer consultant (aka pegawai kontrakan.. J)

        Projek yang sedang dikerjakan : SExI-FS, java based forest simulator http://www.worldagroforestry.org/sea/Products/AFModels/SExI/index.htm

        Dalam projek ini shaya pake netbeans untuk bikin2 swing panel pake matisse, tapi hanya sebatas design layout shaja, sisanya dikerjakan masih pake eclipse.. :D

        Trus penginya bisa javaEE 5, produktif banged bow

        Netbeans 5.5 + ent pack + visual web pack wow RAD!!!

        So far sering ngerjain SIM di gov dan banyakan sebatas program2 CRUD dan ngerjainya pake Dreamweaver RAD di .NET, hasilnya mayan.. karena SDLCnya pake prototyping dimana usernya suka ngubah2 requirement seenak udel dan ga pernah ada tuh istilah project management… adanya “eh besok senin qt demo di dept ini yha!! “ walah…

        Nah sekarang penginya pindah ke java, dan lagi bandingin JEE 5nya netbeans dan ADFnya Jdeveloper, mana yang lebih gampang dipahami, dikustomisasi dan mendukung page template.. :D

        Oh ya, ada tutorial JEE 5 netbeans yang komprehensif ga ya? Kalo ADF kmaren nemu 1 file pdf yang mayan lengkap, sampe sekian ratus halaman …

        Skalian nanya ya, yang dimaksud dengan metode databinding tuh apa ya? JEE 5 udah dukung data binding blom? Kalo di adf kan ada ADF BC ..

        Regards

        Message 3 of 15 , Nov 27, 2006
          dear all neatbeanerz..

          saya udah nginstall netbeans5.5 n visual web packnya..
          tapi hasil dari jsp saya, koq msh gak keilatan ya di netbeans nya?

          (saya pikir design dari jsp, keliatan spt di dreamweaver) :D

          mohon pencerahannya...

          thanks

          "Bima, Ifnu (ICRAF)" <i.bima@...> wrote:
[...]

          Time you enjoy wasting, was NOT wasted...

        • Frans Thamura
          Message 4 of 15 , Nov 27, 2006
            gue buat BlueOxygen Postila dengan Netbeans.. OSS

            Frans

            Eko Budhi S, Ghifari.Org wrote:

> [...]
            > buat memulai diskusi ... bagaimana kalau saling memperkenalkan diri ?
            > dan proyek yang Anda pengin atau sedang kerjakan yang mungkin bisa

          • Indrayana MB.

              Message 6 of 15 , Nov 28, 2006
                --- In netbeans-indonesia@yahoogroups.com, "Bima, Ifnu \(ICRAF\)"

                http://www.netbeans.org/kb/trails/java-ee.html
                http://java.sun.com/javaee/5/docs/tutorial/doc/

                > Skalian nanya ya, yang dimaksud dengan metode databinding tuh apa
                ya?
                > JEE 5 udah dukung data binding blom? Kalo di adf kan ada ADF BC..

                Maksudnya ADF Bindings ya? Kalo BC itu sepertinya business
                components, istilah umum untuk mengacu ke component bisnis sperti
                EJB. Mirip dengan Servlet, JSP, JSF yang bisa disebut Web component.

                I am not an expert, tapi setahu gua bindings artinya yaa mengaitkan.
                Istilah data binding setahu gua lagi, artinya mengaitkan UI dengan
                Data layer. Contohnya bikin JTable yang contentnya ditarik langsung
                dari Database.

                Hal ini sudah menjadi standar kok, seperti gimana EJB3 mempermudah
                data binding, dan JSF mempermudah UI binding ke data. Tinggal masalah
                flavour dan preference aja.

                Belum ketemu referensi yang manteb nih. Kalo ketemu baru dishare deh.

                --
                arih
              • Eko Budhi S, Ghifari.Org
                Message 7 of 15 , Nov 28, 2006
                  --- In netbeans-indonesia@yahoogroups.com, "Bima, Ifnu \(ICRAF\)"
                  <i.bima@...> wrote:

                  Hallo !

> [...]
                  > http://www.worldagroforestry.org/sea/Products/AFModels/SExI/index.htm
                  >
                  > Dalam projek ini shaya pake netbeans untuk bikin2 swing panel pake

                  Proyeknya sangat menarik !

                  > Trus penginya bisa javaEE 5, produktif banged bow
                  > Netbeans 5.5 + ent pack + visual web pack wow RAD!!!

                  Boleh di-share, untuk requirement seperti apa, Java EE 5, Enterprise
                  Pack dan Web Pack akan dimanfaatkan ? Saya melihat aplikasi SExI lebih
                  ke grafis ?

                  > Nah sekarang penginya pindah ke java, dan lagi bandingin JEE 5nya
                  > netbeans dan ADFnya Jdeveloper, mana yang lebih gampang dipahami,
                  > dikustomisasi dan mendukung page template.. :D

                  Maap kalau malahan tanya. Page template itu yang dimaksud seperti apa ?

                  Cheers,

                  Eko Budhi S
                • Bima, Ifnu (ICRAF)
                  Message 8 of 15 , Nov 28, 2006

                    Beberapa kali shaya ada project dari temen yang berkecimpung di lumpur tender project pemerintahan. Aplikasinya rata2 adalah SIM yang sebatas CRUD, selama ini shaya pake dreamweaver untuk RAD IDEnya, dulu pake teknologi apache-php-mysql sekarang beralih ke .NET + SQLserver. Dreamweaver sangat produktif, untuk membuat CRUD aplication tinggal beberapa kali klik jadi deh tu halaman.

                    Nah maunya shaya pindah ke java tapi tetep pake filosofi RAD, maklumlah kalo jenis2 aplikasi ini rata2 SDLCnya rapid prototyping, dan byasanya jarang ada SLA dan requirement analisys yang sekalibuat langsung jadi, apalagi requirement change management… jadi kalo pake Waterfall SDLC dan JEE 1.4 bisa bunuh diri!!

                    Contoh aplikasinya misalnya : mail management, untuk management surat keluar masuk di departemen tertentu, this is simply CRUD app!!, ada surat dateng, dicatet, surat dikasi ke atasan, status surat di aplikasi diupdate, atasan masukin disposisi surat, diupdate lg statusnya, atasannya atasan kasih disposisi surat, update lg statusnya, surat dibales, update kembali statusnya… finish.. simple..

                    Kalo sexi sih masih pake eclipse, no offense ya… pure personal opinion, eclipse lebih bagus editor textnya dibanding netbeans, sedangkan fasilitas2 wah netbeans yg bikin ngiler banyakan ga kepake di project SExI ini..

                    Trus tentang page template, ini sebenernya istilah dari dreamweaver, di dreamweaver ada file dengan ekstensi TPL, alias template file. Template digunakan untuk menyeragamkan tampilan antar halaman, misalnya link di kiri, menu diatas, css dsb didefinisikan dalam file template ini. Ketika dibuat page baru, maka tinggal apply template tertentu ke aplikasi itu dan tarara tampilannya sudah seragam dengan page yang lain. Heheh moga2 ga malah tambah bingung… :D

                    Oh ya kalo misalnya nih, di visual web pack mau make kompenen JSF lain, misalnya myfaces gitu dimungkinkan ga ya? Trus IoC containernya pake Spring? Bisa ga ya ?

                    Thanks…

                  • Frans Thamura
                    Message 9 of 15 , Nov 28, 2006
                      makanya untuk membuat negara lebih baik, buatlah sebuah platform baru

                      saya sih buat platform desktop berbasis SwingX, namanya Postila

                      dan kita buat aplikasi kecil diatasnya, terus menerus.

                      nah jadi kalau dah gratis, kan pemda didaerah gak dapat tuh aplikasi
                      CRUD doang.

                      biarpun tentu saja kita tahu yang pakai aplikasi kita, jangankan
                      sumbang, inget aja dah syukur,

                      frans
                    • aRuL
                      Message 10 of 15 , Oct 27, 2010
                        hallo semuanya...
                        saya aruL mahasiswa Poltek Ujung Pandang ( Makassar )

                        mau nanya nihhh... kemarin saya dan teman saya membuat sebuah aplikasi pendeteksi penyusup dengan sinar laser pointer... tapi sudah berkali kali di compile kok nggak mau running yah program.y??? dah saya coba di Command Prmpt juga gak bisa... malah dah terbentuk file .jar executable tapi ya masih gak mau juga....

                        kira2 ada yang tau gak bagemana solusinya ????

                        makasih yah dah dibaca... mohon bantuannya...cz saya masih anak baru di sini...
                      • aRuL

                          Message 12 of 15 , Oct 27, 2010
                            Biar bisa lebih memahami permasalahan. Coba jelaskan lagi bagaimana program itu dibuat. Ato perlihatkan source code dan errornya di sini.
                            --
                            Salam
                            Windu Purnomo
                            Message 13 of 15 , Oct 27, 2010
                              2010/10/27 aRuL <syachrulamrief@...>

> [...]
                              >
                              > kira2 ada yang tau gak bagemana solusinya ????
                              >
                              > makasih yah dah dibaca... mohon bantuannya...cz saya masih anak baru di sini...

                              Coba baca artikel ini dulu :
                              http://endy.artivisi.com/blog/java/tips-melaporkan-error/

                              Setelah itu, silahkan tanya lagi dengan informasi yang lebih lengkap.

                              --
                              Endy Muhardin
                              http://endy.artivisi.com
                              Message 14 of 15 , Oct 28, 2010
                                hehehe... maaf deh kalo info tentang keluhan saya tidak lugas...
                                maklumm.. saya masih baru bergabung dengan komunitas programer lewat
                                milis.. jadi, saya gak begitu ngerti cara nyempeinnya....^_^

                                begini ,,, saya dapat tugas dari kampus untuk membuat aplikasi yang
                                bermanfaat bagi masyarakat luas.. nah, saya dapat referensi dari sebuah
                                buku yang judulnya "Sistem pendeteksi ruangan dengan Sinar laser
                                berbasis Java Media framework". karangan Ferry Gunawan terbitan
                                ElexMedia Komputindo. semua listing programnya sudah saya ketik..
                                awalnya sih memang ada banyak yang error di editor netbeans... namun
                                asumsi saya itu hanya variable dan library.y aja yang kurang. semua
                                program yang disusun saya dapatkan dari situs ini :

                                http://homepage.ntlworld.com/lawrie.griffiths/vision.html

                                namun ada yang kendala ketika saya meng-compile melalui netbeans...
                                file .jar sudah terbentuk tapi kok gak bisa di eksekusi yah??? padahal
                                saya sudah menginstall JDK dan JRE yang terbaru....

                                kalo gak keberatan teman2 bisa kunjungi situs yang saya ketik di atas...
                                dan kalo ada yang bisa susun sesuai dengan logika program.y mungkin itu
                                lebih bagus lagi...

                                makasih atas partisipasi.y

                                dan mohon bantuannya kawan2 skalian...^_^
                              • Endy Muhardin
                                Message 15 of 15 , Oct 28, 2010
                                  2010/10/28 aRuL <syachrulamrief@...>

                                  > namun ada yang kendala ketika saya meng-compile melalui netbeans...
                                  > file .jar sudah terbentuk tapi kok gak bisa di eksekusi yah??? padahal
                                  > saya sudah menginstall JDK dan JRE yang terbaru....

                                  Nah maksud saya, gimana cara kompile dan eksekusinya?
                                  Apa ketik javac dari command line.
                                  Apa klik kanan di Netbeans.
                                  Atau gimana?

                                  --