Re: Bagaimana cara buat kumbu kacang hijau

  • ine
    Message 1 of 3 , Jun 13, 2006
      --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, "Pipit" <aminatuzz@...>
      wrote:

      > Rencananya aku mau buat bakpao isi kacang hijau.
      >
      > Di resepnya tertulis : kacang hijau kupas dikukus sampai empuk.
      >
      > Aku udah kukus lama kok nggak empuk-empuk ya..., apa perlu direndem
      > dulu/diciprat-ciprati air?
      >
      > Please help & TIA,
      > Amina

      dulu aku posting cara bikin kumbu kacang hijau, dari kacang hijau
      yang ijo...sampai mengupas kulitnya...sampai jadi kumbu.

      yang kuingat, berdasarkan trikku tsb, Ratna Matley 2 hari baru
      berhasil mengupas 200 gr kacang hijau. hihihihihihi....

      trus beberapa hari lalu ada yang cari cara mengupas kacang ijo lebih
      praktis lagi....aku ikut menunggu....trik mengupas kacang ijonya :-)

      ini caraku...cara keluargaku yang pernah jadi bakul onde2, membuat
      kumbu dari kacang ijo berkulit. Nah...Pipit Amina:-) kalau pakai
      kacang ijo kupas, kacang ijonya juga perlu di rebus sebentar, atau di
      rendam semalaman. (lewati step mengupasnya ya...ini kutulis sekalian
      menjawab yang tanya cara ngupas kacang ijo)

      Kalau menurut Mey bakpia :-) kacang ijo yang di rebus dulu, biarpun
      cuma 10-15 menit (caraku), lebih banyak menyimpan air, sehingga hasil
      kumbunya tidak tahan lama. paling sehari dua hari saja.
      SEmentara yang di rendam, lalu di kukus, bisa lebih awet. Cara ini
      yang dipakai Mey untuk memproduksi bakpianya. Thks Mey, aku dapat
      pelajaran berharga soal per-kumbuan darimu.

      Cara:
      - Kacang ijo di rebus dalam air mendidih selama 10-15 menit.
      hanya sampai kulitnya mekar, tapi kacang masih keras
      - tiriskan kacang ijo....ambil sesendok sayur, taruh di tampah, lalu
      di uleg-uleg dengan ulegan kayu, sampai kulit terkelupas.
      sisihkan kacang yang sudah di uleg. lanjutnya menguleg kacang sisanya.
      - Ambil saringan besar, siapkan sebaskom penuh air.
      baskom harus lebih besar dari saringan.
      - taruh sesendok sayur kacang ijo yang udah di uleg di saringan, lalu
      saringan di rimbang dalam baskom, sambil kacang ijo di kacau2 pakai
      telapak tangan. Kulit akan mengambang dan kacang tertinggal di
      saringan.
      - goyangkan saringan agar kulit keluar/terbuang dari saringan yang
      tertinggal di dasar saringan.
      - kalau ada beberapa kacang yang kulitnya belum terkelupas, wajar
      aja, gencet dengan jari tangan.

      - Kumpulin kacang ijo kupas, tiriskan.
      - kukus selama 30 menit, lalu di giling atau di tumbuk
      - rebus gula, air dan sedikit garam, tambahkan daun pandan untuk
      aroma, masak sampai gula larut.
      - masukkan kacang ijo halus, aduk2 sampai rata dan mengering.
      - kumbu kacang ijo siap di pakai.

      ** mudah2an...yad...akan aku shoot step by stepnya, spy lebih jelas
      melihat proses 'menggoyangkan' saringan spy segerombolan kulit bisa
      terlepas. sambil aku menunggu trik teman2 siapa tahu ada cara lebih
      praktis dari itu.

      ** ingat trik kacang ijo, aku ingat waktu TdPI, rebutan ulegan kayu
      gede ama Riana. Ulegan ini cocok banget untuk menggilas kacang ijo.

      Note:... aku tadi posting nggak lewat YG, nggak nongol juga di
      sini...apa masih masalah yo?
    • bonjoviakupadamu
      Message 2 of 3 , Jun 14, 2006
        wakakakakkkkkk... ku anggap sebagai pengalaman manis yg berharga mbak
        In, demi kue lumpur kacang hijau kupasnya mbak Fat yg bikin aku dan
        keluarga menyukainya :), termasuk temenku (japanese) sampe tergila2
        dia dg kue lumpur kacang hijau ku hehe.

        caraku juga direndam dan dikukus, cepet empuk dan gampang halus :)