Re: [NCC] Jantung Pisang Biar gak pahit

  • tri.palupi8166
    Message 1 of 14 , Jan 21, 2013
      Mbak Evi,

      Setahu saya memang jantung pisang ada bermacam-macam, ada yang pahit dan ada yang tidak, nah yang tidak pahit ini biasanya dimasak untuk sayur lodeh, sambal goreng, pecel. Dll.

      Cara mendapatkan jantung pisang yang enak tidak pahit adalah dengan cara direbus yaitu jantung pisang dibelah menjadi 4 lalu direbus, setelah matang lalu dicicipi. Biasanya bisa dilihat dari warnanya juga, jika warna hitam biasanya pahit, jika warnanya tidak hitam ini yang enak dimakan.

      Kemudian, setelah direbus juga harus dipilih bagian yang muda yang dimasak, sedangkan yang tua dan keras dibuang.

      Kalo tidak salah jantung pisang kepok enak dan jarang yang pahit.

      Kalo setelah direbus, dicicipi jantung tsb tidak pahit, maka tinggal dipotong-potong lalu dimasak sesuai selera.

      Mungkin ada teman lain yang bisa menambahkan.

      Salam
      Pipi
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      From: Evidha <evidha@...>
      Sender: naturalcookingclub@yahoogroups.com
      Date: Mon, 21 Jan 2013 17:23:55 +0700
      To: <naturalcookingclub@yahoogroups.com>
      ReplyTo: naturalcookingclub@yahoogroups.com
      Subject: [NCC] Jantung Pisang Biar gak pahit

      hai teman-teman sekalian.. :)

      beberapa waktu lalu saya tertarik beli jantung pisang di pasar, (gara2 ada iklan kecap pedas di tipi noh.. :p) sekaligus ingin menghidangkan menu yang tidak biasa di rumah. Dengan semangat saya mulai browsing di google mengenai cara masak si jantung. Termasuk telepon ibu saya di Jogja sana mengenai cara menangani si jantung ini.

      Semua menyarankan si jantung direbus dulu selama beberapa saat supaya tidak pahit. Namun apa dikata, meskipun semerbak wangi tumisan membuat 'kemecer'..namun setelah dicicip...woilaaa...pahit sekali.. (-.-) saya tidak tahu apa yang salah dengan cara masakku.

      Ada tips tidak dari para suhu sekalian tentang cara mengolah jantung pisang supaya 'leiker' di lidah?

      Terimakasih sebelumnya.

      Salam
      Evidha
    • Vita
      Message 2 of 14 , Jan 21, 2013
        Ada masakan menado dari jantung pisang, enak banget. Namanya Kusi jantung pisang (cmiiw) resepnya dr mbak emma isti
        Yang bikin enak adalah campuran ikan asap di dalamnya (bisa cakalang atau ikan asap lain spt yg dijual di mestik) dan layaknya masakan menado, bumbu daun nya lengkap. Daun jeruk, daun kunyit, daun pandan dan sereh. Ini aku pernah bawa di HMFF bbrp tahun lalu bersama teman nya si bunga pepaya.

        Btw yang suka main ke mayestik, penjual ikan asap yang dulunya ada di belakang sekali. Itu pindah ke pasar baru, apa hengkang karena ga sanggup bayar sewa yang mahal ?
        Aku ngubek2 belum ketemu dia pindah kemana.

        Oh iya berkali2 masak jantung pisang, selama dibuang semua yang berwarna merah, bahkan kalau pink aku buang juga. Sisakan yg putih. Belum pernah nemu yang pahit
        Sent from dapurnyavita.blogspot.com

        From: Febryani ch <magic_rosemary@...>
        Sender: naturalcookingclub@yahoogroups.com
        Date: Mon, 21 Jan 2013 19:53:05 +0700
        To: naturalcookingclub@yahoogroups.com<naturalcookingclub@yahoogroups.com>
        ReplyTo: naturalcookingclub@yahoogroups.com
        Subject: Re: [NCC] Jantung Pisang Biar gak pahit

        Hi.

        Saya barusan tanya mbak. Kalo dia ga direbus loh, jadi langsung diiris saja.
        Masaknya ya tumis bawang2 trus jantung pisangnya, dll. Kalo sudah empuk, masukin santan. Jadi namanya gulai jantung pisang ya.
        Dan ga pernah pait loh.

        Dan katanya yg enak itu jantung pisang kepok dan batu.
        Mungkin yang mbak Evidha beli pisang jenis lain. Jadi pait.

        Cmiiw ya
        Febry

        On 21 Jan 2013, at 19:07, ocha696@... wrote:

        Tapi coba juga resep yg pakai teh celup.. Rebusnya bersamaan dg teh celup 1-2 sachet.. Itu berhasil jg menghilangkan rasa pahang dan pahitnya jantung pisang..

        Selamat mencoba..
        Salam hangat,
        Ocha Ragunan

        Sent from BlackBerry® on 3

        Date: Mon, 21 Jan 2013 04:01:36 -0800 (PST)

        BoxbeThis message is eligible for Automatic Cleanup! (widyomenik@...) Add cleanup rule | More info

      • -- Ima Saputro --
        Message 3 of 14 , Jan 21, 2013
          Iya Mbak Viiit..
          Ampooooo..
          Itu namanya..

          Kalo saya sm suami sih masih doyan sama pait2nya klo cuma direbus dan dkasi garem beberapa kali..
          Cuman kalo nyuguh orang lain yg ga doyan pait,tp doyan oseng godhong kates ini yg masih rada bingung..soalnya Ampo ga ada yg jual di sini..kebanyakan pd bawa dr kampung sonoh.
          Daun jambu kalo bukan kluthuk boleh ndaaak..ehehehe

          -- Punya cerita inspiratif seputar bebakulan makanan rumahan?
          Ayo kirim ke ceritacentong@...
          -- Butuh dopping buat boost semangat bebakulan kala drop?
          Buka http://ceritacentong.blogspot.com
          Powered by Telkomsel ImaBerry®
        • ent1204
          Message 4 of 14 , Jan 21, 2013
            Mba Vita, yg jualan ikan asap masih ada hanya lupa di sebelah mana....

            Salam
            Sent from my BlackBerry®
            powered by Sinyal Kuat INDOSAT

            Date: Mon, 21 Jan 2013 04:01:36 -0800 (PST)