Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.
 

Re: Tanya resep BITTERBALLEN

Expand Messages
  • dian_jepara
    Mbak Intan, Klo resep yg dibawah ini sudah termasuk yg hasil searchingan gak ? Aku dapatnya dr dekap.com. Dan selama ini aku pke resep ini, enak dan banyak yg
    Message 1 of 12 , Aug 26, 2010
      Mbak Intan,

      Klo resep yg dibawah ini sudah termasuk yg hasil searchingan gak ? Aku dapatnya dr dekap.com. Dan selama ini aku pke resep ini, enak dan banyak yg suka.

      Monggo..

      Bahan :
      2 sdm mentega/margarin
      1 batang daun bawang, iris halus
      150 gr tepung terigu
      400 ml susu cair
      ½ sdt garam
      1 sdt merica bubuk
      ½ sdt pala bubuk
      250 gr fillet dada ayam rebus, cincang agak kasar
      50 gr keju cheddar, parut
      200 gr tepung panir yang berbutir halus
      2 butir telur, kocok rata

      Cara Membuat:
      1. Lelehkan mentega/margarin, tumis daun bawang hingga layu dan harum. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan rata hingga berbutir, tuangi susu, garam, merica dan pala bubuk, aduk rata. Masukkan daging ayam cincang dan keju cheddar, aduk rata. Angkat. Aduk-aduk hingga adonan dingin.
      2. Bentuk adonan menjadi bola-bola dengan ukuran sesuai selera, gulingkan ke atas tepung panir, lalu masukkan ke dalam kocokan telur dan kemudian gulingkan lagi ke atas tepung panir. Timang-timang adonan bitterballen untuk membuang sisa tepung panir yang berlebihan. Diamkan 20 menit agar lapisan tepung panir menempel sempurna.
      3. Goreng dalam minyak yang banyak dan panas di atas api besar hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan bersama saus botolan atau cabe rawit.


      Salam,
      Dian

      --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...> wrote:
      >
      > Teman2 ku sayang...
      > Lgs aja yah, aku ada pesenan bitterballen, udah gugel dapet 2 resep,
      > msh kurang nih menurut aku referensinya krn customernya maunya yg
      > uenaaakk buanget (pusing sekaligus menantang). Boleh gak sharing resep
      > bitterballen nya? :) di web NCC blom ada juga kayaknya.
      > Triiims bangeet yaaa... Mmmuuaacch*
      >
      >
      > Luv,
      > Intan
      >
      > --
      > Sent from my mobile device
      >
    • Wilda Rachman
      *Bitterballen* ========== Source: Seri Buku Masak Femina; *Masakan Populer Indonesia. **(halaman 99) *Penulis: Hiang Murahimin, Roos Suyono, H.A.L Tobing.
      Message 2 of 12 , Aug 26, 2010

        Bitterballen

        ==========

        Source:
        Seri Buku Masak Femina; Masakan Populer Indonesia. (halaman 99)
        Penulis: Hiang Murahimin, Roos Suyono, H.A.L Tobing.
         

         

        Bahan :

         

        100 gr margarine

        1 bawang bombay (75gr), cincang halus

        150 gr terigu

        350 ml susu cair

        250 gr daging cincang

        garam, pala bubuk, merica, gula pasir...secukupnya

        100 gr tepung roti

        2 telur, kocok sebentar

        minyak goreng secukupnya

         

        Cara Membuat :

        1. Sangrai daging sampai airnya habis (tapi jangan terlalu kering)
        2. Panaskan margarine, tumis bawang bombay sampai harum, lalu masukkan terigu. Aduk rata.
        3. Tuang susu sedikit-sedikit, sambil aduk terus hingga adonan rata dan kental. Kemudian masukkan berturut2, daging cincang, garam, pala, merica, gula. Aduk lagi hingga adonan benar2 rata. Diamkan hingga dingin.
        4. Bulatkan adonan, besarnya...sesuai selera. Kemudian gulingkan di tepung roti, celupkan di telur kocok dan gulingkan sekali lagi ke dalam tepung roti.
        5. Goreng di dalam minyak panas yg cukup byk (deep fry) hingga berwarna kuning kecoklat2an. Pakai api sedang, jangan terlalu panas supaya tidak cepat gosong. Angkat, tirikan. Taro di atas kitchen towel, biar gak berminyak.


        2010/8/27 dian_jepara <dian_jepara@...>
         


        Mbak Intan,

        Klo resep yg dibawah ini sudah termasuk yg hasil searchingan gak ? Aku dapatnya dr dekap.com. Dan selama ini aku pke resep ini, enak dan banyak yg suka.

        Monggo..

        Bahan :
        2 sdm mentega/margarin
        1 batang daun bawang, iris halus
        150 gr tepung terigu
        400 ml susu cair
        ½ sdt garam
        1 sdt merica bubuk
        ½ sdt pala bubuk
        250 gr fillet dada ayam rebus, cincang agak kasar
        50 gr keju cheddar, parut
        200 gr tepung panir yang berbutir halus
        2 butir telur, kocok rata

        Cara Membuat:
        1. Lelehkan mentega/margarin, tumis daun bawang hingga layu dan harum. Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan rata hingga berbutir, tuangi susu, garam, merica dan pala bubuk, aduk rata. Masukkan daging ayam cincang dan keju cheddar, aduk rata. Angkat. Aduk-aduk hingga adonan dingin.
        2. Bentuk adonan menjadi bola-bola dengan ukuran sesuai selera, gulingkan ke atas tepung panir, lalu masukkan ke dalam kocokan telur dan kemudian gulingkan lagi ke atas tepung panir. Timang-timang adonan bitterballen untuk membuang sisa tepung panir yang berlebihan. Diamkan 20 menit agar lapisan tepung panir menempel sempurna.
        3. Goreng dalam minyak yang banyak dan panas di atas api besar hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan bersama saus botolan atau cabe rawit.

        Salam,
        Dian



        --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...> wrote:
        >
        > Teman2 ku sayang...
        > Lgs aja yah, aku ada pesenan bitterballen, udah gugel dapet 2 resep,
        > msh kurang nih menurut aku referensinya krn customernya maunya yg
        > uenaaakk buanget (pusing sekaligus menantang). Boleh gak sharing resep
        > bitterballen nya? :) di web NCC blom ada juga kayaknya.
        > Triiims bangeet yaaa... Mmmuuaacch*
        >
        >
        > Luv,
        > Intan
        >
        > --
        > Sent from my mobile device
        >


      • intan bayduri
        Makasih banyak mb dian :) yg ini belom dapet dr om gugel hehe. Oiya mau tanya adonan bitterballen bs masuk kulkas untuk digoreng besoknya gak yah? Makasih once
        Message 3 of 12 , Aug 26, 2010
          Makasih banyak mb dian :) yg ini belom dapet dr om gugel hehe.
          Oiya mau tanya adonan bitterballen bs masuk kulkas untuk digoreng
          besoknya gak yah? Makasih once again :)



          Salam,
          Intan

          On 8/27/10, dian_jepara <dian_jepara@...> wrote:
          >
          > Mbak Intan,
          >
          > Klo resep yg dibawah ini sudah termasuk yg hasil searchingan gak ? Aku
          > dapatnya dr dekap.com. Dan selama ini aku pke resep ini, enak dan banyak yg
          > suka.
          >
          > Monggo..
          >
          > Bahan :
          > 2 sdm mentega/margarin
          > 1 batang daun bawang, iris halus
          > 150 gr tepung terigu
          > 400 ml susu cair
          > ½ sdt garam
          > 1 sdt merica bubuk
          > ½ sdt pala bubuk
          > 250 gr fillet dada ayam rebus, cincang agak kasar
          > 50 gr keju cheddar, parut
          > 200 gr tepung panir yang berbutir halus
          > 2 butir telur, kocok rata
          >
          > Cara Membuat:
          > 1. Lelehkan mentega/margarin, tumis daun bawang hingga layu dan harum.
          > Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan rata hingga berbutir, tuangi susu,
          > garam, merica dan pala bubuk, aduk rata. Masukkan daging ayam cincang dan
          > keju cheddar, aduk rata. Angkat. Aduk-aduk hingga adonan dingin.
          > 2. Bentuk adonan menjadi bola-bola dengan ukuran sesuai selera, gulingkan ke
          > atas tepung panir, lalu masukkan ke dalam kocokan telur dan kemudian
          > gulingkan lagi ke atas tepung panir. Timang-timang adonan bitterballen untuk
          > membuang sisa tepung panir yang berlebihan. Diamkan 20 menit agar lapisan
          > tepung panir menempel sempurna.
          > 3. Goreng dalam minyak yang banyak dan panas di atas api besar hingga
          > berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan bersama saus botolan
          > atau cabe rawit.
          >
          >
          > Salam,
          > Dian
          >
          > --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...>
          > wrote:
          >>
          >> Teman2 ku sayang...
          >> Lgs aja yah, aku ada pesenan bitterballen, udah gugel dapet 2 resep,
          >> msh kurang nih menurut aku referensinya krn customernya maunya yg
          >> uenaaakk buanget (pusing sekaligus menantang). Boleh gak sharing resep
          >> bitterballen nya? :) di web NCC blom ada juga kayaknya.
          >> Triiims bangeet yaaa... Mmmuuaacch*
          >>
          >>
          >> Luv,
          >> Intan
          >>
          >> --
          >> Sent from my mobile device
          >>
          >
          >
          >

          --
          Sent from my mobile device
        • Fitri
          hallo mba Intan, bisa mba bitterballen taruh di kulkas, sistemnya sama kaya amris, bahkan bisa juga taruh di freezer, kalo mo di goreng, thawing dulu baru deh
          Message 4 of 12 , Aug 26, 2010
            hallo mba Intan, bisa mba bitterballen taruh di kulkas, sistemnya sama kaya amris, bahkan bisa juga taruh di freezer, kalo mo di goreng, thawing dulu baru deh goreng :)

            semoga membantu yah ^^
            fitri

            2010/8/26 intan bayduri <indhysa.ncc@...>
             

            Makasih banyak mb dian :) yg ini belom dapet dr om gugel hehe.
            Oiya mau tanya adonan bitterballen bs masuk kulkas untuk digoreng
            besoknya gak yah? Makasih once again :)

            Salam,
            Intan




          • dian_jepara
            Bisa banget mbak Intan, simpan di tempat yg kedap udara, jgn ditunpuk ya.. Klo mau goreng dikluarkan trus diangin-aginkan dulu barang sejaman biar gak meletus.
            Message 5 of 12 , Aug 26, 2010
              Bisa banget mbak Intan, simpan di tempat yg kedap udara, jgn ditunpuk ya.. Klo mau goreng dikluarkan trus diangin-aginkan dulu barang sejaman biar gak meletus.

              Salam,
              Dian

              --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...> wrote:
              >
              > Makasih banyak mb dian :) yg ini belom dapet dr om gugel hehe.
              > Oiya mau tanya adonan bitterballen bs masuk kulkas untuk digoreng
              > besoknya gak yah? Makasih once again :)
              >
              >
              >
              > Salam,
              > Intan
              >
              >
            • intan bayduri
              Kalo ditarok kulkas sebelum dibulet2in, pas mau digoreng baru di kerjain bulet2in nya jg oke kan yah?, jd masuk kulkas msh dlm bentuk adonan? ... -- Sent from
              Message 6 of 12 , Aug 26, 2010
                Kalo ditarok kulkas sebelum dibulet2in, pas mau digoreng baru di
                kerjain bulet2in nya jg oke kan yah?, jd masuk kulkas msh dlm bentuk
                adonan?


                On 8/27/10, dian_jepara <dian_jepara@...> wrote:
                > Bisa banget mbak Intan, simpan di tempat yg kedap udara, jgn ditunpuk ya..
                > Klo mau goreng dikluarkan trus diangin-aginkan dulu barang sejaman biar gak
                > meletus.
                >
                > Salam,
                > Dian
                >
                > --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...>
                > wrote:
                >>
                >> Makasih banyak mb dian :) yg ini belom dapet dr om gugel hehe.
                >> Oiya mau tanya adonan bitterballen bs masuk kulkas untuk digoreng
                >> besoknya gak yah? Makasih once again :)
                >>
                >>
                >>
                >> Salam,
                >> Intan
                >>
                >>
                >
                >
                >

                --
                Sent from my mobile device
              • linzarleen@yahoo.com
                Bisa banget mbak.. Kl di freezer, bisa sampe seminggu.. Kl mau digoreng, dikeluarin dulu sampe suhu ruangan, baru digoreng sambil dikepal2 biar ga pecah
                Message 7 of 12 , Aug 26, 2010
                  Bisa banget mbak.. Kl di freezer, bisa sampe seminggu.. Kl mau digoreng, dikeluarin dulu sampe suhu ruangan, baru digoreng sambil dikepal2 biar ga pecah nanti..

                  Salam,

                  Linda

                  Sent from my BlackBerry®
                  powered by Sinyal Kuat INDOSAT


                  From: intan bayduri <indhysa.ncc@...>
                  Sender: naturalcookingclub@yahoogroups.com
                  Date: Fri, 27 Aug 2010 10:46:36 +0700
                  To: <naturalcookingclub@yahoogroups.com>
                  ReplyTo: naturalcookingclub@yahoogroups.com
                  Subject: [NCC] Re: Tanya resep BITTERBALLEN

                   

                  Makasih banyak mb dian :) yg ini belom dapet dr om gugel hehe.
                  Oiya mau tanya adonan bitterballen bs masuk kulkas untuk digoreng
                  besoknya gak yah? Makasih once again :)

                  Salam,
                  Intan

                  On 8/27/10, dian_jepara <dian_jepara@...> wrote:
                  >
                  > Mbak Intan,
                  >
                  > Klo resep yg dibawah ini sudah termasuk yg hasil searchingan gak ? Aku
                  > dapatnya dr dekap.com. Dan selama ini aku pke resep ini, enak dan banyak yg
                  > suka.
                  >
                  > Monggo..
                  >
                  > Bahan :
                  > 2 sdm mentega/margarin
                  > 1 batang daun bawang, iris halus
                  > 150 gr tepung terigu
                  > 400 ml susu cair
                  > ½ sdt garam
                  > 1 sdt merica bubuk
                  > ½ sdt pala bubuk
                  > 250 gr fillet dada ayam rebus, cincang agak kasar
                  > 50 gr keju cheddar, parut
                  > 200 gr tepung panir yang berbutir halus
                  > 2 butir telur, kocok rata
                  >
                  > Cara Membuat:
                  > 1. Lelehkan mentega/margarin, tumis daun bawang hingga layu dan harum.
                  > Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan rata hingga berbutir, tuangi susu,
                  > garam, merica dan pala bubuk, aduk rata. Masukkan daging ayam cincang dan
                  > keju cheddar, aduk rata. Angkat. Aduk-aduk hingga adonan dingin.
                  > 2. Bentuk adonan menjadi bola-bola dengan ukuran sesuai selera, gulingkan ke
                  > atas tepung panir, lalu masukkan ke dalam kocokan telur dan kemudian
                  > gulingkan lagi ke atas tepung panir. Timang-timang adonan bitterballen untuk
                  > membuang sisa tepung panir yang berlebihan. Diamkan 20 menit agar lapisan
                  > tepung panir menempel sempurna.
                  > 3. Goreng dalam minyak yang banyak dan panas di atas api besar hingga
                  > berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan bersama saus botolan
                  > atau cabe rawit.
                  >
                  >
                  > Salam,
                  > Dian
                  >
                  > --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...>
                  > wrote:
                  >>
                  >> Teman2 ku sayang...
                  >> Lgs aja yah, aku ada pesenan bitterballen, udah gugel dapet 2 resep,
                  >> msh kurang nih menurut aku referensinya krn customernya maunya yg
                  >> uenaaakk buanget (pusing sekaligus menantang). Boleh gak sharing resep
                  >> bitterballen nya? :) di web NCC blom ada juga kayaknya.
                  >> Triiims bangeet yaaa... Mmmuuaacch*
                  >>
                  >>
                  >> Luv,
                  >> Intan
                  >>
                  >> --
                  >> Sent from my mobile device
                  >>
                  >
                  >
                  >

                  --
                  Sent from my mobile device

                • dian_jepara
                  mmmm...gimana ya... Seharusnya sih lebih efisien klo dah dibuletin, dah dipanir baru disimpan. Jadi esoknya tinggal goreng sambil ngerjakan yg lain. Klo adonan
                  Message 8 of 12 , Aug 27, 2010
                    mmmm...gimana ya...
                    Seharusnya sih lebih efisien klo dah dibuletin, dah dipanir baru disimpan. Jadi esoknya tinggal goreng sambil ngerjakan yg lain.

                    Klo adonan yg disimpen takutnya malah jadi kayak lem dan keras. Jadinya malah susah dipulung, dan perlu waktu lama untuk thawing nya. Bitterbalen kan bahannya tepung dan susu, itu liat banget.

                    Oya usahkan pas masak adonannya bener2 tanak ya..biar rasa tepungnya hilang, dan klo diinepin tdk berbahaya.

                    Salam,
                    Dian
                    --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...> wrote:
                    >
                    > Kalo ditarok kulkas sebelum dibulet2in, pas mau digoreng baru di
                    > kerjain bulet2in nya jg oke kan yah?, jd masuk kulkas msh dlm bentuk
                    > adonan?
                    >
                    >
                    >
                    >
                  • Fitri
                    hallo lagi mba.. waktu itu, aku masi dalem bentuk adonan aku masukin kulkas, besok malemnya baru aku pulungin dan baru di goreng, cuman agak lama nunggu
                    Message 9 of 12 , Aug 27, 2010
                      hallo lagi mba..
                      waktu itu, aku masi dalem bentuk adonan aku masukin kulkas, besok malemnya baru aku pulungin dan baru di goreng, cuman agak lama nunggu adonannya bisa dipulung :)

                      HTH, fitri

                      2010/8/26 intan bayduri <indhysa.ncc@...>
                       

                      Kalo ditarok kulkas sebelum dibulet2in, pas mau digoreng baru di
                      kerjain bulet2in nya jg oke kan yah?, jd masuk kulkas msh dlm bentuk
                      adonan?



                      On 8/27/10, dian_jepara <dian_jepara@...> wrote:
                      > Bisa banget mbak Intan, simpan di tempat yg kedap udara, jgn ditunpuk ya..
                      > Klo mau goreng dikluarkan trus diangin-aginkan dulu barang sejaman biar gak
                      > meletus.
                      >
                      > Salam,
                      > Dian
                      >
                      > --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...>
                      > wrote:
                      >>
                      >>

                    • intan bayduri
                      Oh gitu ya mb dian, oke deh nanti aku bulet2in dulu, jd gorengnya pas mau delivery. Api nya kecil aja kan yah :) ... -- Sent from my mobile device
                      Message 10 of 12 , Aug 27, 2010
                        Oh gitu ya mb dian, oke deh nanti aku bulet2in dulu, jd gorengnya pas
                        mau delivery. Api nya kecil aja kan yah :)

                        On 8/27/10, dian_jepara <dian_jepara@...> wrote:
                        > mmmm...gimana ya...
                        > Seharusnya sih lebih efisien klo dah dibuletin, dah dipanir baru disimpan.
                        > Jadi esoknya tinggal goreng sambil ngerjakan yg lain.
                        >
                        > Klo adonan yg disimpen takutnya malah jadi kayak lem dan keras. Jadinya
                        > malah susah dipulung, dan perlu waktu lama untuk thawing nya. Bitterbalen
                        > kan bahannya tepung dan susu, itu liat banget.
                        >
                        > Oya usahkan pas masak adonannya bener2 tanak ya..biar rasa tepungnya hilang,
                        > dan klo diinepin tdk berbahaya.
                        >
                        > Salam,
                        > Dian
                        > --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...>
                        > wrote:
                        >>
                        >> Kalo ditarok kulkas sebelum dibulet2in, pas mau digoreng baru di
                        >> kerjain bulet2in nya jg oke kan yah?, jd masuk kulkas msh dlm bentuk
                        >> adonan?
                        >>
                        >>
                        >>
                        >>
                        >
                        >
                        >

                        --
                        Sent from my mobile device
                      • yunnast@yahoo.com
                        Powered by Telkomsel BlackBerry® ... From: dian_jepara Sender: naturalcookingclub@yahoogroups.com Date: Fri, 27 Aug 2010 07:15:19
                        Message 11 of 12 , Aug 27, 2010

                          Powered by Telkomsel BlackBerry®


                          From: "dian_jepara" <dian_jepara@...>
                          Sender: naturalcookingclub@yahoogroups.com
                          Date: Fri, 27 Aug 2010 07:15:19 -0000
                          To: <naturalcookingclub@yahoogroups.com>
                          ReplyTo: naturalcookingclub@yahoogroups.com
                          Subject: [NCC] Re: Tanya resep BITTERBALLEN

                           

                          mmmm...gimana ya...
                          Seharusnya sih lebih efisien klo dah dibuletin, dah dipanir baru disimpan. Jadi esoknya tinggal goreng sambil ngerjakan yg lain.

                          Klo adonan yg disimpen takutnya malah jadi kayak lem dan keras. Jadinya malah susah dipulung, dan perlu waktu lama untuk thawing nya. Bitterbalen kan bahannya tepung dan susu, itu liat banget.

                          Oya usahkan pas masak adonannya bener2 tanak ya..biar rasa tepungnya hilang, dan klo diinepin tdk berbahaya.

                          Salam,
                          Dian

                          --- In naturalcookingclub@yahoogroups.com, intan bayduri <indhysa.ncc@...> wrote:
                          >
                          > Kalo ditarok kulkas sebelum dibulet2in, pas mau digoreng baru di
                          > kerjain bulet2in nya jg oke kan yah?, jd masuk kulkas msh dlm bentuk
                          > adonan?
                          >
                          >
                          >
                          >

                        Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.