Seorang umat Buddha mulai belajar vipassana MMD

  • Hudoyo Hupudio
    Message 1 of 1 , Jul 31, 2010
      [Dari PM saya di Facebook]

      DZ:
      Namo Buddhaya Romo Hud,
      Saya mau bertanya ttg tulisan Romo Hud di wall, "Uraian yg sangat
      bagus tentang sadar/eling pasif yg dikembangkan dalam meditasi
      vipassana MMD. Ini persis sama dengan ajaran Buddha dalam Bahiya-sutta
      dan Mulapariyaya-sutta, dan ajaran Krishnamurti. Tetapi sangat berbeda
      dengan ajaran dalam Maha-satipatthana-sutta. " Boleh tidak Romo Hud
      tolong jelaskan secara singkat persamaan dan perbedaannya apa? saya
      blum tau dan mau mengetahui. Anumodana :)

      HUDOYO:
      Rekan DZ,
      Silakan baca Note saya, "Apakah perbedaan antara bahiya sutta dan maha
      satipathana sutta?",
      http://www.facebook.com/note.php?note_id=401815401639

      Selanjutnya, kalau Anda berminat mempelajari Bahiya-sutta dan
      Mulapariyaya-sutta secara mendalam, berikut ini link ke tulisan saya:
      * "Bahiya-sutta dan Pengantar",
      http://www.facebook.com/note.php?note_id=111312116639
      * "Pengantar Mulapariyaya-sutta",
      http://www.facebook.com/note.php?note_id=111268781639
      * "Mulapariyaya-sutta", http://www.facebook.com/note.php?note_id=111295576639

      DZ:
      *1. (i) ia melihat (sañj?n?ti - perceives) tanah sebagai tanah;
      (ii) setelah melihat tanah sebagai tanah, ia membentuk konsep (maññati
      - conceives) tentang tanah;
      (iii) membentuk konsep tentang [dirinya] di dalam tanah;
      (iv) membentuk konsep tentang [dirinya terpisah] dari tanah;
      (v) membentuk konsep tentang ?tanah untukku?;
      (vi) ia bersenang hati (abhinandati) dengan tanah.
      maksudnya bagaimana?
      penafsiran, konseptualisasi, atau berpikir (maññita?) maksudnya
      bagaimana, seperti apa contoh mudahnya?

      berkaitan dengan apa yang terlihat, hanya ada yang terlihat. Berkaitan
      dengan apa yang terdengar, hanya ada yang terdengar. Berkaitan dengan
      apa yang tercerap [dengan ketiga indra lain], hanya ada yang tercerap.
      Berkaitan dengan apa yang dikenal [dalam batin], hanya ada yang dikenal.
      maksudnya kita hanya sekedar tahu saat melihat, mendengar, mencerap, mengenal?
      dalam hal mencerap, ketiga indra lain yg dimaksud, indra yang mana?
      Berkaitan dengan apa yang dikenal [dalam batin], hanya ada yang
      dikenal. maksudnya bagaimana?

      Romo Hud, setelah saya baca terutama yang Mulapariyaya sutta,
      tampaknya rumit. terus terang saya agak lambat dalam memahami.
      Romo Hud boleh tidak Romo kasih saya penjelasan yang sedikit lebih
      mudah dan instruksi dalam vipassana MMD. Mohon bimbingannya.
      Maaf Romo, saya merepotkan. Anumodana :)

      HUDOYO:
      <<maksudnya bagaimana?
      penafsiran, konseptualisasi, atau berpikir (maññita?) maksudnya
      bagaimana, seperti apa contoh mudahnya?>>

      Anda sudah baca "Pengantar Mulapariyaya-Sutta"-nya? Baca dulu
      Pengantar itu. Sekalipun tampak panjang lebar, tapi mungkin bisa
      menjelaskan apa yg Anda tanyakan.

      Ok, saya jelaskan lagi dengan lebih sederhana:
      Coba ganti 'tanah' dengan 'bunga':

      "*1. (i) ia melihat (sañj?n?ti - perceives) bunga sebagai bunga;
      (ii) setelah melihat bunga sebagai bunga, ia membentuk konsep (maññati
      - conceives) tentang bunga;
      (iii) membentuk konsep tentang [dirinya] di dalam bunga;
      (iv) membentuk konsep tentang [dirinya terpisah] dari bunga;
      (v) membentuk konsep tentang ?bunga untukku?;
      (vi) ia bersenang hati (abhinandati) dengan bunga."

      Maksudnya:
      (i) ketika indra penglihatan kita menangkap sebuah wujud [yg kemudian
      dikenal sebagai 'bunga', tapi pada saat itu "belum dikenal" sebagai
      'bunga'];
      (ii) pada tahap ini, baru muncul konsep/label 'bunga';
      (iii) lalu muncul aku/atta [yg masih belum terpisah dari 'bunga'];
      (iv) aku/atta [subjek] memisahkan diri dari 'bunga' [objek] -- di sini
      muncul dualitas paling fundamental dalam pikiran manusia, yaitu
      dualitas antara subjek vs objek;
      (v) aku ingin memiliki 'bunga', subjek ingin memiliki objek;
      (vi) aku bersenang hati dengan 'bunga', subjek bersenang hati dengan objek.

      Begitulah kerja pikiran kita setiap kali kita mencerap sesuatu.

      ***

      <<maksudnya kita hanya sekedar tahu saat melihat, mendengar, mencerap,
      mengenal? >>

      Betul; setiap kali mencerap, JANGAN BEREAKSI, jangan memikir-mikir,
      jangan menyenangi, jangan tidak menyenangi.

      <<dalam hal mencerap, ketiga indra lain yg dimaksud, indra yang mana?>>

      Ketiga indra yg lain: penciuman, pengecapan (lidah), perabaan (kulit).

      <<Berkaitan dengan apa yang dikenal [dalam batin], hanya ada yang
      dikenal. maksudnya bagaimana?>>

      'apa yg dikenal' = 'vinnatam'; yakni segala sesuatu yg muncul dalam
      kesadaran dan yg dikenal. Apa itu?

      Yang konkrit: bunga, orang tua, ular dsb
      Yang abstrak: buddha, dhamma dsb

      Kalau muncul ingatan tentang 'yang dikenal' itu, jangan bereaksi,
      jangan menyenangi atau menolak.

      ***

      <<Romo Hud, setelah saya baca terutama yang Mulapariyaya sutta,
      tampaknya rumit. terus terang saya agak lambat dalam memahami.>>

      Silakan baca Pengantarnya pelan-pekan, sekalipun tampaknya panjang
      lebar. Mudah-mudahan bisa membantu memahami sutta yg memang sulit ini.

      <<Romo Hud boleh tidak Romo kasih saya penjelasan yang sedikit lebih
      mudah dan instruksi dalam vipassana MMD. Mohon bimbingannya.>>

      Dengan senang hati saya akan membantu Anda yg benar-benar berhasrat
      memahami kedua sutta itu.

      Tentang praktik MMD, sebagai pengantar silakan baca Note saya, "Apakah
      Meditasi Mengenal Diri (MMD) Itu?",
      http://www.facebook.com/hudoyo?v=app_2347471856

      Untuk lebih dalamnya, Anda bisa baca-baca Notes saya,
      http://www.facebook.com/notes.php?id=802095203&style=1

      <<Maaf Romo, saya merepotkan. Anumodana :) >>

      Tidak apa-apa; saya senang membantu orang yg mau belajar vipassana MMD.

      Kalau Anda sudah memahami kedua sutta itu secara intelektual, tolong
      disadari bahwa pemahaman intelektual saja sama sekali tidak
      membebaskan. Yang membebaskan adalah praktik menyadari gerak-gerik
      pikiran dan aku kita sendiri. Oleh karena itu, saya sarankan Anda
      untuk mengikuti retret MMD akhir pekan.

      Dengan praktik justru apa yg semula tampak "rumit" menjadi sangat
      sederhana, yakni menyadari gerak-gerik pikiran tanpa bereaksi.

      DZ:
      Anumodana Romo Hud, saya akan terus belajar dan mempraktikkan ini.
      jika ada yang tidak dimengerti boleh y saya bertanya lagi, mohon
      bimbingannya.

      HUDOYO:
      Rekan DZ, saya akan selalu berada di samping Anda, membantu Anda
      setiap kali Anda mempunyai pertanyaan atau keraguan. Selamat berlatih.

      * Situs Web MMD, http://meditasi-mengenal-diri.org
      * Forum Diskusi MMD, http://meditasi-mengenal-diri.org/diskusi
      * Group "Krishnamurti Vipassana Meditation (MMD)",
      http://www.facebook.com/home.php#/group.php?gid=155215281840&v=info