[Dear Mas Leo] Aku bahkan merasa asing dengan diriku sendiri ( 1 )

  • leonardo rimba
    Message 1 of 1 , May 31, 2007
      Dear Mas Leo,

      Saya adalah janda 27 tahun dengan satu anak. Sulung
      dengan tiga adik laki-laki, berasal dari ekonomi kelas
      bawah. Ayah hanyalah sopir harian dengan penghasilan
      tidak tetap, disiplin ala militer adalah pendidikan
      yang kami terima. Saat saya memasuki ujian akhir SMA,
      ayah mengalami kecelakaan yang mengharuskan beliau
      menghabiskan masa tua di kursi roda. Saya shock, sedih
      dan tidak tahu harus berbuat apa, yang ada di pikiran
      waktu itu hanyalah lulus sekolah dan bekerja, demi
      kesehatan ayah dan sekolah tiga adik laki-lakiku.

      Dengan modal ijasah SMA aku bekerja pada sebuah agency
      penyalur tenaga kerja, aku juga memutuskan untuk
      kuliah dengan jalur PMDK walau aku tidak tahu mampukah
      aku membiayai kuliahku sendiri. Pagi kerja, sore
      kuliah, pulang kuliah aku harus part time sebagai
      penjaga apotik, begitulah rutinitas yang aku jalani.
      Nyaris aku tidak pernah merasakan hebohnya pesta ulang
      tahun atau menghabiskan malam minggu bersama teman,
      karena aku hanya sibuk dengan tanggung-jawabku.

      Aku menikah satu bulan setelah wisuda, tepatnya tahun
      2003. Aku mengenalnya pas KKN di desanya. Bulan
      pertama pernikahan aku jalani normal, bulan kedua aku
      benar-benar tahu siapa suamiku. Dia mengatur semua
      hidupku, bahkan dia hanya memberiku jatah transport
      saja dengan semua gaji dia yang terima. Aku bingung
      karena aku juga harus membiayai dua adikku yang kuliah
      dan si bungsu, tapi aku tidak mau orang-tuaku tahu
      kalau suamiku seperti itu.

      Aku rajin mengirim artikel ke majalah-majalah,
      menerima pembuatan skripsi dan menjadi translator.
      Atas ijin suamiku, sepulang kerja aku menjadi penyiar
      di salah satu stasiun radio swasta. Semua itu aku
      lakukan bukan karena aku lalai akan kewajibanku
      sebagai istri, tapi semata-mata aku tidak mau melihat
      ayah kesakitan karena tidak ada supply obat, dan
      adik-adikku putus pendidikan di tengah jalan.

      Pernikahanku tidak seindah apa yang aku dambakan;
      setelah empat bulan bersama, dia berubah total. Aku
      tidak tahu apa alasannya. Kata-kata kotor, tamparan,
      semua aku terima. Karena saat itu aku hamil dua bulan,
      hampir selama kehamilan aku tidak pernah memeriksakan
      kehamilanku, karena yang ada di pikiranku hanyalah
      uang, untuk ayah dan adik- adik.

      Putriku lahir prematur tujuh bulan, tapi kelakuan
      suamiku belum berubah. Saat putriku usia 10 bulan, aku
      baru tahu kalau ternyata dia punya anak dari perempuan
      lain... Aku tidak bisa terima pengkhianatan ini.
      Mungkin kata-kata pelacur, jalang, tamparan, dan
      kekerasan lainnya aku masih bisa terima, tapi
      pengkhianatan tidak bisa aku maafkan. Aku ceraikan dia
      karena tidak mungkin dia bisa ceraikan aku mengingat
      status dia PNS.

      Mas Leo,... sejak menjadi janda aku hanya fokus kerja
      dan melanjutkan kuliah dan berkarier, aku nyaris
      menutup diri karena ambisiku untuk meraih impianku
      menjadi wanita yang sempurna dengan karier yang mapan.
      Aku benci lawan jenis, aku dendam sama mereka,
      sekarang aku benar-benar meraih ambisiku. Nama,
      jabatan dan penghasilan sudah aku dapatkan; tapi
      sekarang justru aku merasa asing dengan diriku
      sendiri.

      Mas Leo,... kenapa dendam ini tidak pernah bisa saya
      lupakan, kenapa setelah saya meraih semua ambisi
      justru saya tidak merasakan ketenangan, apakah yang
      saya lakukan salah ????

      Mas Leo,... tolong bantu saya, setidaknya saya ingin
      kembali menjadi diri saya sendiri.

      Best Regards,
      Asmaradhani