Fwd: [Praktisi_Reiki] Reiki dan Jalan Spiritual

  • si Brewok [0_-]
    Message 1 of 1 , Aug 31, 2006
      Diskusi yang menarik terjadi di milis Praktisi Reiki.
      Silahkan para Spiritual Healers masuk dan bergabung di sana untuk
      berbagi teknik2 healing yang advance.

      --- In Praktisi_Reiki@yahoogroups.com, Sarvabodha Dwijendra
      <naif50good@...> wrote:

      salam,
      saya mau coba sharing dari pertanyaan mas Kadek, semoga berkenan..
      "bisakah reiki dijadikan jalan spiritual seseorang seperti pada
      yoga yg pada akhirnya para praktisi yoga mencapai apa yg dinamakan
      yoga. apakah praktisi
      reiki dapat setelah mempelajari reiki secara tekun??? apakah cuman
      buat pengobatan yg lebih cepat??? bisa mencapapi yoga walapun dalam
      waktu yg agak lebih lama???"

      kita sebaiknya melihat sejarah asli dari Reiki...
      pengetahuan ini saya dapat dari lineage Suzuki San, Suzuki San
      adalah salah satu keponakan Sensei Usui yang belajar dari Usui
      selama 5 tahun, pada masa pra dan pasca 'reiki' ditemukan. Suzuki
      San adalah salah seorang dari 12 orang murid langsung Sensei Usui
      yang masih hidup sampai sekarang total jumlahnya 12 orang, yang
      termuda berusia 109 tahun. beliau dilatih oleh Sensei Usui antara
      tahun 1915 dan 1926, sebagai murid terakhir, yang dilatih oleh
      Sensei Usui dalam periode waktu yang lebih lama.

      Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa Reiki bisa
      sampai menyebar di dunia adalah jasa dari Chujiro Hayashi dan Hawayo
      Takata. Tetapi perubahan sistem Reiki-pun dimulai dari titik ini.
      Chujiro Hayashi hanya sempat belajar selama 9 bulan kepada Sensei
      Usui, coba anda bandingkan dengan Suzuki San...

      nah, pada waktu itu, Chujiro Hayashi sangat kagum dengan
      praktek "Usui Teate" atau teknik penyembuhan Sensei Usui denganb
      metode peletakan telapak tangan dan pengaliran energi... disisi
      lain memang sebelum energi Reiki diketemukan oleh Sensei Usui beliau
      sudah pernah belajar KiKo (atau mungkin ChiKung) sebuah teknik olah
      energi. walaupun disisi lain Sensei Usui juga meraih tingkatan
      tertinggi dibidang Seni Samurai dan KiKo ini... nah, Chujiro Hayashi
      sebagai seorang pejabat militer Jepang di bidang medis tertarik
      sekali dengan teknik penyembuhan Sensei Usui, oleh karenanya Chujiro
      Hayashi dan rekan-rekannya tertarik belajar ke Sensei Usui, karena
      basicnya memang hanya untuk mempelajari teknik penyembuhannya saja,
      maka hanya itu yang beliau dapatkan, beliau tidak tertarik
      mempelajari sisi spiritualnya, karena beliau beragama kristen.
      padahal spiritual tidak terkekang oleh religi..

      seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa Mikao Usui
      menerima 'pencerahan' (dalam bahasa Jepang diistilahkan dengan
      SATORI, sedangkan pada saat ia merasakan orgasme spiritual itu
      diistilahkan dengan ANSHIN RYTSUMEI, sedangkan dalam bahasa Sanskrit
      inilah yang disebut dengan YOGA) pada bulan maret 1922 di gunung
      Kurama Jepang, pada saat yang sama ia dianugerahi energi pemberkatan
      (sekarang dikenal dengan energi Reiki) yang dapat diaplikasikan
      untuk penyembuhan dll.

      nah, pada saat awal pasca satori, Sensei Usui mengaplikasikan
      energi itu untuk diri sendiri, karena ia pun heran dengan'gift' itu,
      ia pernah mempelajari KiKo tapi ia dapa tenergi baru yang lebih
      calm, soft, but sangat kuat sekali energinya dan bervibrasi tinggi.
      ia pun mencoba meng-empowerment orang-orang didekatnya dengan
      energi ini.. sampai akhirnya ia mengajarkan sebuah sistem agar para
      siswa nya dapat mencapai satori juga... ia tidak menamakan sistem
      ini, tapi siswanya menyebut sistem ini dengan istilah "Usui Do"
      atau 'method to achieve personal perfection' (dalam bahasa jepang
      tentunya hehehe)
      nah, kita bisa liat kan bahwa reiki awalnya adalah sistem
      spiritual... untuk mencapai yoga / satori...

      sistem penyembuhan yang sekarang dikenal dengan REIKI ini adalah
      salah satu bagian dari sistem spiritualnya... Chujiro Hayashi hanya
      mempelajari teknik penyembuhannya saja, dan itu pun hanya beberapa
      bulan, dan ia juga setau saya tidak diberikan teknik reiju (teknik
      meng-empower orang lain) atau sekarang dikenal dengan istilah
      attunement... ia bisa memberikan attunement karena mengintip
      seniornya yang sedang memberikan attunement...
      perlu diketahui, bahwa simbol2 reiki itu bukanlah bagian yang
      terpenting dari Reiki... sejarah simbol terjadi karena beberapa
      siswa yang tidak peka terhadap
      energi susah sekali connect ke energi yang bersangkutan, akhirnya
      Sensei Usui dibantu seorang sahabat yang juga muridnya yang bernama
      Eguchi membuat simbol yang dijadikan media untuk mempermudah
      connect dengan energi yang bersangkutan. so, jadi sangat salah
      sekali ada orang barat yang menceritakan kejadian di gunung kurama
      ketka Sensei Usui 'diattunement alam' ia melihat simbol2 reiki dalam
      bola2 energi yang masuk ke chakra ajna nya.. huehehehehehehe...

      nah, pertanyaan selanjutnya kan, BAGAIMANA MENCAPAI SATORI/YOGA
      MELALUI REIKI???? nah, menurut saya ya anda harus cari guru yang
      ngajarin Reiki dengan sistem yang asli dan lengkap sebagaimana
      diajarkan oleh Sensei Usui... coba kit aliat para Reiki Master
      modern... mengartikan Reiki aja belum tepat.. Reiki adalah energi
      alam semesta <<< padahal pengertian ini baru menyentuh arti KI belum
      REIKI loh...

      "bisa tau varian reiki yg lebih menitik beratkan pada spiritual??"
      seperti yang sudah saya paparkan sebelumnya, bahwa SEHARUSNYA Reiki
      itu adalah teknik spiritual... jadi klo ada varian reiki yang hanya
      ngajarin teknik2
      energikal to' dan membumbuinya dengan teknik meditasi supaya
      terlihat spiritual ini JELAS JELAS BUKAN REIKI YANG SESUNGGUHNYA,
      ini hanya KI... pertanyaan dari saya: apa hubungannya energi dan
      spiritual??? kenapa reiki bisa mencapai satori/yoga?? hayo rekan2,
      mau dong dijawab...

      "apa memang reiki itu dapat membangkitkan kundalini seperti yg
      diklaim oleh beberapa varian reiki yg ada? apa yg membedakan varian
      reiki tersebut padahal yg diattune jalur yg itu2 aja (susumna,cakra
      mahkota ,cakra telapak tangan dll)??"

      menurut tulisan Sensei Usui pribadi, ia menyatakan bahwa teknik
      Reiki sebagai teknik spiritual maupun teknik penyembuhan adalah
      original, artinya ia tidak menjiplak dari sistem manapun, saya
      percaya ini.. orang2 sekarang seenak udelnya menyatakan bahwa teknik
      yang ia pelajari adalah bentuk awal dari Reiki atau bentuk yang
      lebih tua dari Reiki, bahkan ada yang mengklaim lebih lengkap, lebih
      tinggi vibrasinya dll. hehehe.. parah..

      nah, pada saat reiki disebarkan oleh Hawayo Takata, beberapa
      muridnya menambahkan sistem reiki takata ini dengan
      sistem/pengetahuan dari India, Tibet, bahkan dikait2kan dengan
      tokoh2 suci terdahulu... muncullah reiki tibetan/raku kei reiki, dan
      lain-lain... karena sudahdicampur aduk, banyak pengertian yang
      berbeda... misalnya ya kaya' aliran2 tibetan atau india, pasti
      mengait0ngaitkan kundalini dalam pencerahan... apak reiki original
      mengenal kundalini? saya belum tahu pasti, tapi sampai saat ini
      saya tidak mengenal istilah itu dalam reiki tradisional...

      perlu diketahui, reiki asli tidak mengenal pelajaran chakra,
      nadi , kundalini, ascendedmasters, angels, hui yin, chakra ilahi
      dll... jadi tolong kita samakan
      dulu apa itu attunement... karena istilah attunement menurut saya
      SUDAH TIDAK VALID, untuk sebuah prosesi yang sakral, saya lebih pas
      nyebut nya dengan REIJU. teknik attunement yang memaukkan simbol2
      juga sudah terkontaminasi oleh pelajaran non-reiki, jadi pertanyaan
      mas kadek sebaiknya lebih spesifik...
      (atau saya yang beloon ya ga ngerti... huahahahahahaha)

      DAN TERAKHIR, saya sangat tidak setuju dengan pernyataan anggoro,
      bahwa reiki original itu 9 level, setau saya TIDAK PERNAH ADA
      PERNYATAAN dari master Reiki Original manapun yang menyatakan bahwa
      REIKI ORIGINAL ITU 9 LEVEL. setahu saya reiki jadi 9 level karena
      kelakuan master Olle Gabrielsen yang mengaku2 didatangi ascended
      master Usui huahahahaha.... mulai saat itu ia bikin reiki 9 level
      dengan manual yang hampir sama denganmanual Kundalini Reikinya...
      qiqiqiqiqi.... ga percaya?? tanya aja seluruh Reiki master
      original atau tradisional... ga ada itu 9 level... qiqiqiqi...
      kecuali aliran barbara weber ray
      atau original 7 degree reiki, itu pun cuman 7 level mentok..
      qiqiqiqiqi..

      salam uhui,
      Sarvabodha Dwijendra

      goro faiz <gorofaiz@...> wrote:

      saya coba jawab yah sekalian nunggu jawaban para pakarnya, anggep
      aja selingan :)...

      bisakah reiki dijadikan jalan spiritual seseorang seperti pada yoga
      yg pada akhirnya para praktisi yoga mencapai apa yg dinamakan yoga.
      ya dapat.

      apakah praktisi reiki dapat setelah mempelajari reiki secara
      tekun??? apakah cuman buat pengobatan yg lebih cepat??? bisa
      mencapapi yoga walapun dalam waktu yg agak lebih lama??? kenapa
      aspek pemyembuhan yg lebih ditonjolan dalam reiki adakah aspek
      spiritual dalam reiki?
      karena orang barat lebih tertarik pada itu(aspek penyembuhan), sama
      seperti yoga yg sudah dari barat, lebih ke kesehatan walau keduanya
      (yoga & reiki) sebenarnya memang ditujukan untuk perkembangan
      spiritual.

      bisa tau varian reiki yg lebih menitik beratkan pada spiritual??
      sebenarnya semua reiki memang arahnya ke sana, walau begitu banyak
      terjadi degradasi sehingga hanya menitik beratkan pada perpindahan
      energi saja(lebih ke aspek energikal daripada aspek spiritual)...

      sepanjang sepengtahuan saya, anda bisa mencari reiki usui
      original/tradisional(9 level), di sini anda bisa bertanya lebih
      lanjut dengan mas yudha, setau saya beliau memiliki reiki usui yg
      original...

      selain itu anda juga bisa ikut attunemet reiki tummo dari yayasan
      padmajaya yg dikelola oleh mr. irmansyah effendi, beliau menitik
      beratkan kpd perkembangan spiritual, untuk info lebih lanjut ttg RT
      anda dapat membuka situs padmajaya.com

      jika anda serius dengan perkembangan spiritual anda, anda juga dapat
      mengikuti Golden Flower Ki dengan pak Agus Hanafi.

      atau jika ingin yoga yg masih menitik beratkan pada aspek
      perkembangan spiritual, anda dapat mengikuti sahaja yoga...

[...]
      ya, dapat, karena selain membersihkan jalur2 tsb, mereka juga
      mengaktifkan kundalini, untuk proses lebih lengkap anda dapat
      membaca pada buku reiki tummo karangan mr. irmansyah effendi...

      salam,
      Anggoro