Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan di awal...

  • Dwi Setijo-Widodo
    Message 1 of 2 , Nov 11, 2005
      Seorang lelaki berumur 92 tahun yang mempunyai selera tinggi,percaya diri, dan bangga akan dirinya sendiri, yang selalu berpakaian rapi setiap hari sejak jam 8 pagi, dengan rambutnya yang teratur rapi meskipun dia buta, masuk ke panti jompo hari ini.

      Istrinya yang berumur 70 tahun baru-baru ini meninggal, sehingga dia harus masuk ke panti jompo. Setelah menunggu dengan sabar selama beberapa jam di lobi, Dia tersenyum manis ketika diberi tahu bahwa kamarnya telah siap.

      Ketika dia berjalan mengikuti penunjuk jalan ke elevator, aku menggambarkan keadaan kamarnya yang kecil, termasuk gorden yang ada di jendela kamarnya.

      Saya menyukainya, katanya dengan antusias seperti seorang anak kecil berumur 8 tahun yang baru saja mendapatkan seekor anjing.

      Pak, Anda belum melihat kamarnya, tahan dulu perkataan tersebut. Hal itu tidak ada hubungannya, dia menjawab.

      Kebahagiaan adalah sesuatu yang kamu putuskan di awal.
      Apakah aku akan menyukai kamarku atau tidak, tidak tergantung dari bagaimana perabotannya diatur tapi bagaimana aku mengatur pikiranku.

      Aku sudah memutuskan menyukainya. Itu adalah keputusan yang kubuat setiap pagi ketika aku bangun tidur.

      Aku punya sebuah pilihan; aku bisa menghabiskan waktu di tempat tidur menceritakan kesulitan-kesulitan yang terjadi padaku karena ada bagian tubuhnya yang tidak bisa berfungsi lagi, atau turun dari tempat tidur dan berterima kasih atas bagian-bagian yang masih berfungsi.

      Setiap hari adalah hadiah, dan selama mataku terbuka, aku akan memusatkan perhatian pada hari yang baru dan
      semua kenangan indah dan bahagia yang pernah kualami dan kusimpan. Hanya untuk kali ini dalam hidupku.

      Umur yang sudah tua adalah seperti simpanan dibank. Kita akan mengambil dari yang telah kita simpan.

      Jadi, nasehatku padamu adalah untuk menyimpan sebanyak-banyaknya kebahagiaan di bank kenangan kita.

      Terima kasih padamu yang telah mengisi bank kenanganku. Aku sedang menyimpannya.

      Ingat-ingatlah lima aturan sederhana untuk menjadi bahagia:

      1. Bebaskan hatimu dari rasa benci.

      2. Bebaskan pikiranmu dari segala kekuatiran.

      3. Hiduplah dengan sederhana.

      4. Banyaklah memberi (give more).

      5. Berharaplah sedikit (expect less).

    • rudi murtomo
      Message 2 of 2 , Nov 15, 2005
        Terimakasih artikelnya, terutama dr point pertama "
        bebaskanlah hatimu dr rasa benci.

        Boleh kita fanatik terhadap agama kita sendiri tapi
        jangan membenci agama lain baik agamanya maupun
        pemeluknya.

        http://mail.yahoo.com