OOT: BERSYUKUR

  • Iswardeni
    Message 1 of 4 , Aug 30 7:15 PM
      Kristin Liu CCH | www.Rumah-Harmoni.com
      Aware of small happiness... You will have an abundant and happy life... Be happy. :): Ukuran bahagia

      Saya berikan dua jawaban.

      Yang pertama, jika kita sudah bisa bertanya seperti itu, sebenarnya kita sudah tahu mereka bahagia atau tidak. Seringkali pertanyaan itu diajukan untuk mencari celah meloloskan diri dari rasa bersalah atas apa yang telah terjadi.

      Rasa bersalah tidak bisa dihilangkan dengan cara mencoba mencari pembenaran atas apa yang telah terjadi, rasa bersalah hanya bisa dihilangkan dengan cara mengakuinya, meminta maaf, baik kepada diri sendiri maupun orang lain, dan berhati-hati untuk tidak mengulanginya lagi.

      Jawaban yang kedua adalah, kita perlu menentukan ukuran atau arti bahagia. Semakin sederhana arti bahagia yang kita berikan, semakin mudah kita memperolehnya dan semakin berlimpah kita memilikinya.

      Seringkali kita menemukan arti bahagia pada sesuatu, orang atau kondisi tepat saat kita kehilangannya. Hal ini akan mengurangi cita rasa bahagia itu sendiri.

      Seorang teman yang sedang dalam masa perawatan medis pasca serangan stroke yang terjadi padanya, dengan kesusahan ia bercerita kepada saya betapa selama ini sesungguhnya hidupnya penuh dengan kemudahan. Saat ini separuh organ yang ada di wajahnya lumpuh. Ia tidak bisa mengendalikan organ itu. Bahkan untuk berbicara saja ia sulit. Lidahnya tidak bisa diajak bekerja sama. Liurnya mengalir tanpa bisa ia hentikan. Aktifitas makan dan menelan nyaris tidak bisa ia lakukan.

      Mendengarnya sontak saya merasa menjadi manusia yang paling beruntung sedunia. Kebahagiaan saya mengalahkan mereka yang mendapatkan undian mobil saat saya mengetahui bahwa saya masih punya lidah yang lentur dan bekerja sama dengan baik.

      Sekarang, coba hitung dan tuliskan apa saja kondisi kita saat ini yang patut kita syukuri yang sesungguhnya membuat kita bahagia. Seberapa sering kita memeriksa cadangan kebahagiaan kita yang sebenarnya berlimpah ruah di dalam kehidupan kita. Seringkali kita abaikan mereka demi mengejar-ngejar sesuatu yang semu di luar sana.

      Keep aware, keep happy....

      Salam,
      Kristin Liu
      *Iswardeni Citra Nusantara: Thks