OOT: KASIH SAYANG TANPA BATAS

  • Iswardeni
    Message 1 of 1 , May 12 3:53 AM
      KASIH SAYANG TANPA BATAS

      Rambut dalam kotak makan

      Pada era kemiskinan dulu, byk siswa yg tdk mampu membawa makanan kotak yg layak ke sekolah, demikian juga teman sekelas yg duduk di slbh saya.

      Lauk nasinya selalu adlh kacang hitam, sdgkan kotak makananku selalu berisi ham dan telur mata sapi, keduanya sungguh berbeda antara langit dgn bumi.

      Temanku itu,setiap kali terlebih dahulu memungut bbrpa helai rambut yg ada dlm kotak makanannya, baru kemudian spt tdk tjd apa2 mulai makan dari kotak makanannya. Pemandangan yg tdk menyenangkan ini juga terus saja terjadi.

      “Terlihat bagaimana jorok ibunya itu, sebab setiap hari ada rambut dlm nasinya.” Para teman2 semua memperbincangkan hal tsbt di belakangnya. Dlm rangka menjaga harga diri teman itu, kita tdk pernah memperlihatkannya dlm ekspresi wajah, hanya saja merasa sgt jorok, sehingga mulai memandang rendah pada dirinya.

      Satu hari selepas sekolah, teman itu memanggil diriku dan berkata: “Jika ada waktu, mari main ke rumahku.” Meski pun dalam hati merasa keberatan, tapi karena sejak menjadi teman sekelas, ini adlh kali pertama ia membuka mulut utk mengajak saya ke rumahnya, maka saya tdk berani utk menolaknya.

      Saya ikut teman itu ke sebuah desa kumuh di daerah plg terjal di kota Seoul.

      “Bu,saya membawa dtg seorg teman.”Mendengar suara temanku yg penuh kegembiraan, pintu rumah pun terbuka. Ibunya yg berusia tua muncul diambang pintu.“Teman anakku dtg, mari saya lihat.”

      Namun, ibu temanku yg keluar dari ruangan, hanya menyentuh pilar pintu kamar tidur dgn tangannya.

      Ternyata kedua matanya buta Seketika hati saya merasa trenyuh, sepatah kata pun tdk terucapkan.

      Walau kotak makanan temanku stp hari berisi kacang hitam, namun ibunya yg matanya tdk bisa melihat tetap hati2 mengisinya ke dlm kotak makanan, itu bkn saja merupakan satu porsi makanan, namun terisi penuh dgn cinta kasih ibunda, bahkan helai rambut yg ada dlm nasi jg merpkan kasih sayang ibunda.

      Happy Mother's day all mom in the world. Luv U Mom
      Kiriman Jean
      Iswardeni: Thks yach
      Prasetia (Prajnavira) Sore bahagia.