OOT: CANVAS

  • Iswardeni
    Message 1 of 1 , Mar 22, 2013
      Kristin Liu
      Meditating in the cocoon. O:) #Whomb: Anak dan kain kanvas

      Bisa dibayangkan jika seseorang yang datang kepada saya dengan kanvas berisi lukisan buruk. Dan dia merasa terganggu dengan lukisan yang buruk itu, kemudian meminta saya utnuk menghapus lukisan di kanvas tersebut. Lalu saya menghapusnya hingga kanvas kembali putih.

      Setelah selesai kanvas putih itu dibawa pulang, sesampai di rumah kanvas ini kembali dilukis. Esoknya kanvas yang sama dibawa ke saya kembali, masalahnya sama, kanvasnya berisi lukisan yang buruk. Lalu saya bersihkan kembali. Sudah bisa tebak kisah selanjutnya?

      Masalah yang sebenarnya bukan ada pada betapa terganggunya dia karena mempunyai lukisan yang buruk, lau masalah diselesaikan dengan menghapus lukisan dan mengembalikan kanvas putih kepadanya. Tapi masalah ada pada pelukisnya yang tidak punya keahlian melukis.

      Menurut teman-teman apa cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini? Menurut saya, solusi yang terbaik adalah dengan mengajari orang tersebut cara untuk melukis dengan baik. Sehingga dia memiliki keahlian membuat lukisan seperti yang dia ingin lihat.

      Demikian juga dengan seorang anak. Tidaklah benar jika anak adalah sebuah kanvas putih yang siap dilukis sesuka hati oleh orang tuanya. Menurut saya setiap anak lahir dengan karakter tertentu. Nah... Tugas orang tua adalah mendidiknya sesuai dengan karakternya sehingga anak tersebut bisa menjadi manusia yang menjalani hidup yang bermakna bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkunag yang lebih luas lagi.

      Jika diibaratkan lukisan, anak yang baru lahir sudah memiliki lukisan dasarnya, tinggal orang tua belajar menggambar dan menambahkan hiasan yang sesuai dengan lukisan dasar tersebut. Sehingga hiasan yang ditambahkan orang tua bisa memperindah lukisan.

      Kepada teman-teman yang telah menjadi orang tua.... Siapkah teman-teman belajar menyesuaikan keahlian untuk mendidik anak agar bisa mengoptimalkan tumbuh kembang mereka? Sehingga anak bertumbuh secara alami sesuai dengan karakternya.

      Salam,
      Kristin Liu
      Iswardeni: Thks yach