Re: [Mayapada Prana] Meditasi

  • Classic Rock
    Message 1 of 2 , Jun 3, 2005
      bagus...bagus...memang setelah adanya si hidup...maka timbullah bahasa...bahasa ini dan itu...termasuk bahasa nafas...

      slamet.supardio@... wrote:Teman2 kalau ingin lebih jelas omongan dari Om Edo bisa beli kaset nya Ni
      Luh.... dan saya lupa , di Gramedia , cukup jelas , sederhana .... dan
      memnbumi artinya tidak neko2 metodanya
      Salam

      Slamet Supardio
      Telp ( 021 ) 841 38 89 ext 577
      Fax : ( 021 ) 841 55 37
      HP : 0856 166 1688
      E Mail : Slamet Supardio@....
      Toll Fee : 0800 140 1253 / 0856 794 1583

      E d u a r d
      <red_conjurer@yah
      oo.com> To
      Sent by:
      mayapadaprana@yah milis mayapada
      oogroups.com <mayapadaprana@yahoogroups.com>
      cc

      06/02/2005 11:21
      AM

      Please respond to Subject
      mayapadaprana@yah [Mayapada Prana] Meditasi
      oogroups.com

      Meditasi
      Intro
      Sejujurnya saat membuat halaman ini saya tidak tahu apa yang mesti saya
      tulis. Apa yang mesti kuceritakan tentan meditasi ? Meditasi memang bukan
      untuk diceritakan. Emmm,..tapi okelah sekedar untuk memberikan gambaran
      ijinkan saya "berbicara" tentang meditasi.

      Well,....first of all,...Bagiku meditasi itu merupakan suatu kejadian atau
      suatu keadaan. Meditasi bukan kata kerja,...setidaknya kita tidak akan
      pernah bisa mengatakan bahwa "aku sedang meditasi". Sama halnya kita tidak
      akan pernah bisa mengatakan "aku sedang tidur". Kalimat "aku sedang tidur"
      tentu saja secara tata bahasa benar. Tapi hampir tidak ada kemungkinan kita
      mengucapkan kalimat tersebut.

      Istilah yang sama dengan meditasi yaitu metanoia (bahasa ibrani), Chan
      (bahasa cina), Dhyan(bahasa sanskrit).

      Dengan meditasi kita membebaskan diri dari bangunan mind. Yang dimaksud
      dengan mind itu adalah kumpulan thougt yang saling berpaut. Begini
      deh,...misalnya kita lagi jalan-jalan di mall, terus lihat barang yang kita
      sukai, maka akan muncul thougt pertama yaitu misalnya "wah bagus sekali
      barang itu", kemudian muncul thougt kedua yaitu "berapa harganya ya ?",
      kemudian muncul thougt yang lainnya lagi. Nah,...kumpulan thougt inilah
      yang membangun mind.

      Adanya mind ini memang bisa sangat menggelisahkan. Tapi tidak berarti mind
      itu tidak diperlukan lho,...

      Dengan meditasi kita juga dapat membebaskan diri dari belenggu conditioning
      Conditioning yang bisa saya berikan sebagai contohnya yaitu bahwa kita di
      Indonesia akan merasa lemas dan mengaku "belum makan" jika belum makan
      nasi. Contoh itu memang contoh sepele tentang pengaruh conditioning.
      Tetapi sebetulnya secara medis terbukti (baca buku:Meditasi dan Ilmu Medis
      dari gramedia) keterikatan terhadap nasi itu sama saja dengan keterikatan
      pecandu narkotik. Keduanya sama-sama menciptakan synap-synap di otak.

      Contoh lain dari conditioning yang terbukti berbahaya yaitu conditioning
      agama. Kita bisa saling bunuh, saling bakar rumah ibadah akibat condsioning
      agama ini. Hal ini karena hampir setiap agama menyatakan paling benar atau
      mengaku sebagai jalan satu-satunya. "Tidak ada keselamatan di luar agama
      saya" merupakan bibit timbulnya konflik. Bukankah kita sama-sama sedang
      menuju kepada tuhan/surga/nirvana/mokhsa ????? Dan sekali lagi saya
      ingatkan bahwa KITA MASIH DALAM PERJALANAN !!!!

      Jika kita masih dalam perjalanan bagaimana kita bisa meng-klaim bahwa kita
      sudah pasti sampai di tujuan. Apalagi jika anda malah "berhenti jalan",
      anda malah sibuk menghujat jalan orang lain, anda malah sibuk
      teriak-teriak bahwa jalan anda yang paling bagus paling mulus. Isn't it a
      joke ?

      Adakah Metodanya ?

      Metoda yang paling sederhana yang dapat mengantarkan kita pada alam
      "no-mind" ini yaitu dengan memperhatikan nafas. Begitu anda mulai
      memperhatikan nafas, sulit sekali untuk munculnya fikiran. Kalau tiba-tiba
      muncul fikiran, biarkan !! jangan di lawan,...kenali sifat fikiran: dia
      muncul kemudian tenggalam dengan sangat cepat. biarkan itu
      terjadi,.......kemudian pelan-pelan kembali perhatikan nafas.

      Nafas yang baik yaitu masuk dan keluar lewat hidung. Tarik nafas dan perut
      dikembungkan,.....buang nafas dan perut mengempis kembali. Badan
      santai,..relaks,...

      Please,....luangkan waktu anda untuk mencobanya setaip pagi. cukup lima
      menit saja.

      Anand Ashram menawarkan berbagai metode untuk mengantar anda ke alam
      meditasi.

      Sumber : http://www.geocities.com/reiki_one4all/

      God is a comic playing to an audience that's afraid to laugh

      Have constructive thoughts, consoling words, compassionate acts.
      Peace & enlightenment be yours!

      - from guys at Mayapada Prana

      Yahoo! Groups Links
      To visit your group on the web, go to: