Para Rishi dan Sadhu

  • Achmad Zakaria
    Message 1 of 1 , Sep 2, 2008
      Para Rishi dan Sadhu

      Saya mengajukan pertanyaan lain kepada Bhagawan, "Swami, di dalam Sanathana Dharma (Dharma Abadi), kita mengenal istilah sadhu. Lalu mengapa istilah ini tidak terdapat dalam Alkitab atau terminologi Kristiani lainnya? Saya mengharapkan komentar-Mu tentang hal ini."

      Baba berkata, "No, no. Yang kau sebut sebagai sadhu dalam Sanathana Dharma itu, tiada lain adalah 'santo' dalam Alkitab! Santo Paulus, Santo Lukas, Santo Matius, Santo Yohannes – mereka semua adalah para sadhu." Itulah yang dikatakan oleh Bhagawan kepada kami.

      Lalu saya bertanya lagi: "Swami, saya merasa bangga mengatakan bahwa saya adalah lulusan sekolah Kristiani. Saya menghabiskan waktu tiga-puluh tahun di sekolah Kristiani dan hingga hari ini, saya masih merasa bangga terhadap sekolah-ku, alma-mater-ku. Kemampuanku berbicara secara fasih dalam Bahasa Inggeris merupakan buah jasa dari para missionaris Kristiani; khususnya mereka yang berasal dari gereja Lutheran di Amerika. Merekalah yang mensponsori sekolah kami, the Andhra Christian College di Guntur. Oleh karena kedekatanku dengan paham-paham teologi Kristiani, maka saya masih mempunyai satu pertanyaan yang hendak diajukan."

      Mood Swami sedang baik, jadi saya meneruskan pertanyaanku, "Swami, ada satu doa Kristiani yang belum saya pahami yaitu tentang 'Bapa, Anak dan Roh Kudus'. Sebagai seorang pengikut paham Sanathana Dharma, saya belum mengerti arti/maksud dari doa tersebut?"

      Apa yang dikatakan oleh Baba? "Apakah kamu tidak menyimak apa yang telah sering Ku-katakan?" 'Kau bukanlah satu orang; tetapi tiga, yaitu: dirimu yang kau kira adalah dirimu sendiri, dirimu menurut orang lain, dan dirimu yang sebenarnya.' Inilah pengertian dari 'Bapak, Anak dan Roh Kudus'. Keduanya sama saja." Jawaban cantik inilah yang diberikan oleh Bhagawan.