Re: [Mayapada Prana] FW: komentar ttg tsunami

  • retno susiana
    Message 1 of 3 , Feb 6, 2005
      apapun yang sudah terjadi dan (yang diramalkan akan terjadi) adalah sesutu yang sehrausnya menjadi pikiran bagi kita kenapa hal itu bisa terjadi? mungkin ada yang salah dengan yang kita lakukan selama ini terhadap alam dan hubungan kita dengan alam itu sendiri.

      pada dasarnya manusi mempunyai 3 hubungan dasar yang harus dipahami dan dibina dengan baik,
      1. hubungan manusia dengan penciptanya
      2. hubungan manusia dengan alam
      3. hubungan manusia dengan manusia/sesamanya (sosialisasi)

      selama ini, hubungan manusia dengan alam berjalan tidak sembang dan tidak berjalan dengan baik. contoh aja semakin banyak hutan yang dikonversi dengan alasasan pembangunan, kebakarn hutan, dll. initinya perlakuan manusia kepada alam dan lingkungan selama ini tidak baik, mungkin bukan tidak baik, tetapi kurang menghargainya betapa peran penting alam itu sendiri bagi kehidupan kita. mungkin aja loh kita yang tadinya punya banyak hutan bisa menjadi padang pasir karena hutan dikonversi habis2an.
      contoh lagi, kalau disepanjang pantai aceh dan daerah lain yang kemarin terkena tsunami masih ada dan masih banyak pohon mangrove/bakau, mungkin akibat tsunami itu tidak separah kemarin. karena mangrove.bakau merupakan pelindung alami bibir pantai.
      seperti kutipan "Menangkis tsunami dengan mangrove" Republika 12 Maret 2004.....efektivitas hutan bakau meredam tsunami sudah terbukti. mangrve bisa meredan 29% tinggi tsunami. sebanyak 27% tekanan tsunami pun berkurang akibat peran mangrove. ketika tsunami samai di perairan pantai yang terlindung hutan bakau, tsunami akan enerobos celah2 akar, dinatara akar, ranting, dan daun phonbakau, pada saat itulah tsunami diredam oleh bagian2 struktur dari pohon bakau ........
      juga ditulis diartikel di atas kalau dulu pada saat gunung krakatau meletus 1883, juga terjadi gelombang tsunami yang mencapai 30m.

      contoh lain, gini aja deh, dulu 15-20 tahun lalu ketika hutan kita belum gundul sperti sekarang ini, jarang sekali atau saya gak pernah denger tuh yang namanya sumatera dan kalimantan kebanjiran. tapi sekarang? gak hanya pulau jawa aja yang banjir, tapi sumatra dan kalimantan juga. tragis sekali...

      memang apa yang terjadi di Aceh danbeberapa negara waktu lalu merupakan bencana yang tidak terduga sama sekali. tapi say apercaya kalau iti adalah teguran Allah kepada umatnya yang mengabaikan-Nya. saya pribadi juga percaya kok kalau semua yang terjadi di dunia ini ada di dalam Al Qur'an, tinggal bagaimana kita memahami isi Al Qur'an itu. besar perbedaannya kalau kita hanya mengerti tetapi kita tidak memahami ayat2-Nya. Dan sayapun masih belajar untuk memahami isi Al Qur'an.

      Itu sedikit opini saya dan yang saya pahami. selebihnya saya mohon maaf kalau ada kata yang tidak berkenan dan menyinggung. Semua yang saya tulis adalah menurut sepengetahuan saya dan bukan untuk menyinggung siapa2.

      terima kasih
      rere'

      Effendi Bochari <Effendi@...> wrote:
      Ada yang bisa kasih komentar ?

      From: maya@...
      Date: Mon, January 31, 2005 3:35 am
      To: adelarina@..., balita-anda@yahoogroups.com, ( less
      <http://mail.extrainkomst.nu/src/read_body.php?mailbox=INBOX&passed_id=13&so
      rt=0&startMessage=1&show_more=0&show_more_cc=0&show_more_bcc=0> )
      balitacerdas@yahoogroups.com, gejolak_muda@yahoogroups.com,
      idaarimurticlub@yahoogroups.com

      > believe it or not .......

      > Krakatau atau Merapi akan meletus tahun ini. Hal ini akan menyebabkan

      > tsunami di Pulau Jawa

      > khususnya Jawa Tengah... Jakarta bakal banjir lebih parah dari tahun

      > 2002 kemarin & kemungkinan ada gempa besar di Jakarta... Gedung di jalan

      > Casablanca lantai 20 (dia ngga nyebutin gedung apa) akan runtuh... Dan,

      > ternyata bencana Aceh ngga ada apa-apanya ama bencana di tahun ini....

      > Kalo mo lihat tayangannya liat PASAR RAKYAT 76 di TPI, tanggal 31

      > Januari, jam 22.00. Mungkin ada beberapa yang dipotong di editing agar

> [...]

      Get your own FREE Website, Communication and Business Success System!

      Register NOW at my personal website:

      http://www2.extrainkomst.nu/A017420 <http://www2.extrainkomst.nu/A017420>

      http://www.referralware.com/home.jsp/1291297013
      <http://www.referralware.com/home.jsp/1291297013>