Aku baru dapet email dari Bali, tentang Sabdo Palon

  • leonardo rimba
    Message 1 of 1 , Nov 2, 2007
      TO HEALTH, MONEY AND LOVE!

      D = Daisy (di Seoul, Korea Selatan)
      L = Leo (di Jakarta, Indonesia)

      D = You missed me, didn't you Mas Leo. Ya gak? Ya gak?

      L = Naa, I don't, too.

      D = You do, too! Baiklah, anyway, kalau tidak ok2 aja
      (to borrow your expression). Saya nulis sesuatu yang
      terlintas di kepala saya. Lately there are too many
      serious topics di milis Spiritual-Indonesia, roh orang
      mati tu yang paling saya gak mau baca. Saya percaya
      orang sudah mati, rohnya terus ke dunia lagi satu,
      yang semacam dunia ini juga, cuma lebih baik lagi.

      Hal2 spiritual adalah hal2 seharian. Bagaimana kita
      berhubung dengan orang lain. Dalam hal2 seharian saya
      senantiasa mengingati sebenarnya saya berhubung dengan
      diri dalaman mereka, bukan yang luaran saja. Yang di
      dalam itu ada sama pada kita semua. Ada suka dukanya,
      ada keperluan hidupnya, ada yang dia takut, yang dia
      sayang, ada yang dia benci, of course juga ada egonya
      (itu yang harus berhati2 tu, very tricky!), ada yang
      amat sensitif, ada yang suka dipuji (tetapi tidak
      semua suka dipuji dia akan memikir 'ha apa yang dia
      mahu!' orang begini boring tau..). Kita harus puji
      memuji, barulah dunia bahagia. Sayang menyayangi,
      bantu membantu. Dan, melangkah keluar rumah dengan
      fikiran, 'Hari ini bagus, kalau ada terjumpa orang
      yang unpleasant, itu mesti ada sesuatu lessonnya, atau
      dia mesti di letakkan di situ untuk sesuatu. Tiada
      yang kebetulan, aku yang meletakkan dia di situ. Maka
      aku letakkan di situ orang yang bagus2. Right." Betul
      gak Mas Leo?

      L = Betul. You GOT it !

      D = Kalau saya, saya suka lihat mata orang, terus ke
      dalam (window to the soul). Di Barat, orang takut
      bertentang mata (at least that's my experience 'Those
      eyes! Those eyes!' katanya!). Saya tidak suka bercakap
      dengan orang yang tidak suka melihat ke mata saya.
      Kalau Mas gimana?

      L = Kan aku sudah bilang, mataku tajam sejak dari
      kecil? Hmmm hmmm hmmm...

      D = Oh ok. Baiklah, orang Korea tidak romantic atau
      spiritual. Mereka sangat2 pragmatik.

      L = Pragmatik yang gimana?

      D = Almost everything has a practical value, yang
      boleh dilihat, digunakan, dinikmati oleh semua. Kalau
      tak guna, tak usah pakai. Kalau beragama, banyaknya ke
      arah social work. Tidak pernah dengar hal2 hell and
      brimstones. Tapi ada beberapa kali saya didekati oleh
      Jehovah Witness, saya selalu katakan: Hangumal mulayo
      (I don't know Korean), miyanhamnida! (sorry!). Paling
      utama, orang Korea sangat bekerja keras, achievement
      is a personal pride, and honest, polite,
      unpretentious, very clean, very fond of food and
      drink, so loving to their children, very reliable, if
      I were stranded in the North Pole with people of many
      races including a Korean, and I were to go with one of
      them to survive, no questions need asked I would go
      to/with the Korean.

      L = Kalo ada Indonesian? Gak mau ikut?

      D = Kalo ada Mas Leo, ok lah, sebab bisa mantra
      panggil jin bisa bantu. Tapi kadang2 ada orang Korea
      yang susah lo. Bos saya, kalau sesekali berjumpa suka
      menghulur tangannya untuk bersalam (to shake hands).
      Tapi dia suka pegang lama..lama.. Sampai saya fikir
      'alamak dia buat lagi. Ini tak boleh jadi, harus tarik
      balik'. Kalau ada undangan makan malam mesti terima.
      Dan di sana suka hulur minuman keras Korea, dan toast
      berkali2. "To health, money and Love!" saya fikir,
      "yes.. and time to enjoy them, kalau pendek umur,
      sudah". Kalau mereka minum sampai berbotol2 saya minum
      suku gelas kecil aja, jadi asalkan minum. "Yeay! to
      health, money and LOVE!" Kalau tak minum, katanya tak
      hormat bos (which is a bit of a nonsense in my
      anti-social opinion). Orang Korea sangat interesting.
      Full of fascinating opposites (err.. a bit like me)...
      --Sudah sampai di sini! Have a great weekend Mas Leo..

      L = Sama2, Have a great weekend for you too! Hmmm hmmm
      hmmm (I am thinking in my head HOW Daisy looks like;
      we never met, I never saw her picture while she DID
      see mine, ho ho ho).

      +++++++++++++

      SO, KITA BERUBAH DISINI, SAAT INI

      J = Joko
      L = Leo

      J = Halo Mas Leo, saya baru gabung nih di milis
      Spiritual-Indonesia..... saya mau tanya mata ketiga
      tuch apaan yach masi belum jelas, maklum newbie.

      L = Hmmm, bisa di search di milis mas. Banyak tulisan
      aku tentang itu. Banyak sekali. Ntar kalo udah search
      dan dibaca, en masih belum jelas juga, bisa langsung
      ditanya ke aku.

      J = Em begini, aku dulu pernah ikut kaya pelatihan
      gt, trus katanya itu sih pembukaan chakra gt, setelah
      pelatihan itu aku sering merasa seperti De Javu gt,
      aku bisa liat kejadian sebelum aku alami, nah apakah
      ada hubungan dengan Mata ketiga ? Aku juga pernah
      latihan meditasi and prana.. klo meditasi kan dibagian
      tengah kepala (ubun2) and ditengah didahi kerasa ky
      ada pusaran gt, and aku merasa ada energi yang menekan
      masuk ..

      L = Ya udah, ok aja, udah terbuka. Aku bisa merasakan
      itu saat ini. You have that MATA KETIGA already. Pake
      aja langsung untuk bantu orang2 lain yang sakit. Bantu
      aja tanpa ragu2. I know you can do that... Itu
      energinya gede mas. Aku merasa itu. Just use it,
      ngapain ditahan buat diri sendiri, mendingan dipake
      buat bantuin orang2 yang butuh. Hmmm hmmm hmmm

      J = Apakah memang mata ketiga bisa dipake untuk
      melihat kejadian kedepan nya..?

      L = Fungsinya macam2 mas, bisa untuk penyembuhan
      (fisik, emosional, mental, spiritual),... bisa untuk
      membantu orang menemukan solusi dari masalah yang
      dihadapi. Bisa untuk melihat masa depan juga. Tapi
      masa depan itu kan sifatnya PLASTIC, masih bisa
      berubah. Jadi yang namanya istilah "takdir" itupun
      pakainya harus hati2 sekali, supaya orang gak salah
      kaprah. Supaya orang bisa mengerti bahwa WE CREATE
      OUR FUTURE... --Masa depan itu diciptakan SAAT INI,
      DISINI. Always like that. Disini. Saat ini. HERE and
      NOW.

      J = Um, aku pernah melihat kejadian di depan and
      kejadian itu buruk bagi aku, trus aku berusaha
      menghindarinya dan kejadian itu tdk terjadi. Saat
      dimana kejadian itu hampir terjadi aku merasakannya
      and aku bisa mengmbil tindakan supaya tidak terjadi
      kejadian tsb. apakah itu salah ?

      L = Itu benar mas. Masa depan itu semuanya berbentuk
      PROBABILITAS. Ada alternatif2. Jadi gak berbentuk
      garis lurus satu saja. Ada banyak GARIS LURUS yang
      menuju ke titik MASA DEPAN. Nah, kita mau sampai di
      masa depan di titik yang mana. Untuk sampai ke titik
      yang kita inginkan, kita harus merubah posisi di titik
      sekarang. DISINI, SAAT INI.

      Kalo ternyata dengan posisi kita sekarang kita akan
      sampai di masa depan yang JELEK, maka kita bisa
      merubah itu dengan mengganti posisi kita sekarang. So,
      kita BERUBAH disini, saat ini. HERE AND NOW. Karena
      kita berubah, maka masa depan yang tadinya jelek itu
      akan berubah menjadi BAGUS.

      It works like that. Gak salah, memang harus begitu
      caranya. I always counsel people about that. Kita
      harus mengerti bahwa the future is our own creation.
      Dan itu semua dimulai dari SAAT INI. DISINI. Always
      like that. Hmmm hmmm hmmm

      J = Ok Mas Leo, thanks atas penjelasannya , GBU !

      L = Sure, you're welcome, till next time yah, take
      care, bay bay !!

      +++++++++++++

      AKU BARU DAPET EMAIL DARI BALI, TENTANG SABDO PALON

      W = Wiro
      L = Leo

      W = Siang Mas Leo ! Pa kabar hari ini, tampaknya milis
      semakin ramai...

      L = Aku baik, en you ? Hmmm, ya aku senang kalau
      ramai, ramai tapi hening, hmmm that's something
      new, aku juga merasa kok banyak hal2 baru yang muncul.

      W = Ha...ha... itu memberi warna tersendiri. Oh iya
      aku juga baek2 aja, aku baru dapet email dari Bali,
      tentang Sabdo Palon... Mas Leo pernah dengar ttg itu?

      L = Ya, Sabdo Palon,.... Darmo Ghandul. Darmo Gandhul
      itu memuat ramalan Sabdo Palon Naya Genggong,
      something like that bahwa sekitar tahun 2100 dia akan
      kembali lagi untuk menegakkan ajaran "Buddhi" di Tanah
      Jawi which is Nusantara secara umum.

      Ada yang mengartikan sebagai Buddhisme, ajaran Hyang
      Bodha yang asli. Ada juga yang mengartikan sebagai
      Budi Pekerti. Aku sendiri mengartikannya secara
      umum,... Buddhisme ya Buddhisme, tapi Buddhisme yang
      UNIVERSAL.

      W = Aku banyak baca tentang itu, klo aku memandang
      bukan dari sudut ke-Hindu-an, itu tampak mengerikan.
      Kalo budi perkerti mungkin lebih masuk akal karena
      tidak bergantung pada religi-nya.

      L = Ya, banyak yang mengerikan deskripsinya. Aku
      sendiri gak terlalu perhatikan, cuma baca sepintas
      lalu saja... Tapi kalu DARMO GANDHUL itu, memang
      minggu lalu muncul waktu aku tidur.

      W = Ha ?

      L = Jadi seolah-olah ada Darmo Gandhul yang pegangin
      kakiku dan gak mau pergi. Narik2 terus, gak mau pergi.
      Ya memang begitu, aku udah tulis tentang itu di
      postingan beberapa hari lalu bahwa Darmo Gandhul
      datang waktu aku tidur, dan gak mau pergi. Kaki aku
      dipegangin. Aku sudah bolak balik kiri kanan, tetap
      saja kaki aku dipegangin. Sampai akhirnya aku
      memaksakan diri bangun dari tidur... klayar kliyer...
      dan gak ngerti itu apa.

      W = Bagaimana Mas Leo yakin kalo itu darma gandul?

      L = Masuk kata2 DARMO GANDHUL di pikiran aku. Aku bisa
      merasa bahwa itu Darmo Gandhul yang pegangin kaki aku.
      On the other hand, yang bikin itu giddy adalah the
      fact bahwa aku itu, saat itu, TIDAK TAHU DARMO GANDHUL
      ITU APA. Aku sama sekali gak tahu itu apa. Bangun
      tidur, terus aku kayak orang ngigau, terus search di
      internet tentang Darmo Gandhul,... setelah itu baru
      aku tahu.

      W = Apakah yang muncul itu sebuah bentuk atau rasa?

      L = Itu RASA mas, gak ada bentuknya tapi RASA. Rasanya
      seperti ada energi yang pegangin kaki aku sehingga aku
      gak bisa kemana-mana. Aku dipegangin terus. Aku mau
      dia itu lepas, tapi dia bertahan dan pegangin kaki aku
      terus.

      W = Berarti Mas Leo juga banyak belajar dari internet
      ya?

      L = Ya, aku kan kalo dapat kata2 aneh2 yang aku gak
      ngerti langsung search di internet. Aku dapet kata
      "Gayatri" yang muncul begitu saja; itu aku gak ngerti,
      terus aku search di internet. Akhirnya baru tahu. Kata
      "Rumongso' juga muncul sendiri, terus aku search di
      internet.

      W = Apa itu tidak menakutkan?

      L = Hmmm,,, takut seh nggak mas.

      W = Trus?

      L = Bukan takut,,, tapi giddy, semacam kayak ada yang
      MENYAMPAIKAN PESAN. Aku seh bersikap liat aja. Lihat
      saja nanti, apa yang akan terjadi. Apa yang terjadi,
      terjadilah.

      W = Aku baca, penyampaian pesan jika yang disampaikan
      belum siap katanya menakutkan, sama halnya dengan
      orang yang punya kemampuan melihat sesuatu yang akan
      terjadi? ... Sebenarnya aku sedang mau mendalami
      hipnotherapi, aku berharap itu bisa banyak membantu
      aku dari sisi spiritual, tp aku belum tau, sisi
      negatifnya.

      L = Sure, jalanin aja... Aku sendiri gak ngerti
      hipnotherapi, maybe it might be suitable for you.

      W = Bagaimana aku bisa yakin, kalo aku sebaiknya
      jalanin aja ? Dalam banyak hal aku memang terlalu
      banyak pertimbangan, itu sisi lemahku.

      L = Well, kalo aku seh gak pake istilah yakin or gak
      yakin. Tetapi pakai FEELING aja. Kalo rasanya ada
      DAMAI SEJAHTERA di hati, berarti harus jalan terus.
      Kalau rasanya ada yang gak sreg, berarti harus WAIT.
      Itu aja cara aku. Setelah wait, kita akan tahu pada
      SAATNYA apabila harus GO ON atau STOP. Jadi seperti
      program computer juga.

      W = Caranya? Aku harus terjun dulu?

      L = Ya, you are a FIRE PERSON kan.

      W = Artinya?

      L = Orang Elemen Api itu belajar dari TINDAKAN. Kalo
      gak dijalanin, maka gak akan ngerti, gak akan tahu.
      Sama, aku juga begitu. Kalo aku gak jalanin, aku gak
      bakal tahu. Dan untuk mulai jalanin, aku gak tahu
      apa2. Orang api selalu begitu. We have nothing when we
      start. Setelah kita jalanin baru akhirnya mengerti.
      Always like that. Dan itu beda dari elemen2 lainnya.

      W = So berarti aku harus masuk. Mas Leo, boleh tau
      dari mana tau klo aku elemen api?

      L = Barusan masuk begitu aja ke kepala aku, dan
      langsung aku tuliskan tadi. Itu kan cara aku, langsung
      masuk ke kepala, dan langsung aku keluarkan tanpa
      berpikir. That's my method.

      W = Aku bayangkan, elamen api itu keras, membara like
      api.

      L = Hmmm,,,, Api yang PALING PANAS itu warnanya UNGU
      lho. Lebih tinggi lagi malahan putih, dan tertinggi
      itu TAK BERWARNA.

      W = Kalo aku emang warna apa?

      L = Kok nanya warna ke aku seh, I don't see any color.
      Cuma merasa that you are a fire person. A fire person
      learns by doing. Just that.

      W = Oooo... oh iya, emailku yang dulu kok ga dibalas?
      aku sampai lupa ngirim emal apa waktu itu. Sure sama
      sekali lupa, aku berfikir Mas Leo sibuk bgt.

      L = Hmmm,,, Oh ya, tentang Tantra ya? Tentang Yoga
      Tantra ya? Aku ini ngikutin Vigyan Bhairav Tantra,
      yang ada 112 methods untuk mencapai KESADARAN TINGGI /
      Eling / Awareness,... dan BEYOND.

      W = Mas Leo tau kan kalo aku berangkat dari ajaran Sai
      Baba?

      L = No, I don't know that.

      W = Beliau banyak bantu aku untuk berfikir universal.

      L = Ya, Sai Baba is universal... you are an AVATAR,
      yes you are. Everybody is. Sai Baba itu gak pake
      metode khusus menurut aku.

      W = Ya, itu salah satunya. Iya, Beliau lebih ke Bhakti
      Yoga menurut aku.

      L = Aku sendiri merasa tertarik kepada Ramakhrisna.
      Ramakhrisna itu gurunya Swami Vivekananda.

      W = Beliau lebih ke Raja Yoga kan?

      L = Ha ha ha, ya,... dan ada yang bilang kalau aku itu
      Raja Yoga juga, so what ? Anything works, semuanya itu
      yoga kan? Kalau dijalani pasti semua akan sampai pada
      ujungnya.

      W = Yoi, segala yang untuk tujuan mulia tak peduli
      namanya apa, istilah just memudahkan komunikasi.

      L = Ya, cuma SIMBOL2 saja.

      W = Aku setuju.

      L = Agama2 itu isinya SIMBOL2. Macam2 simbol tapi
      artinya itu PARALLEL. Aku kan bilang DEWI SARASWATI
      yang dikenal di Bali bisa memiliki pengertian SAMA
      dengan apa yang orang Katolik mengerti tentang BUNDA
      MARIA. Biarin aja, aku ngomong kan gak perduli orang
      tersinggung apa nggak. Kalo tersinggung, berarti EMANG
      MUSTI DISINGGUNG. Gitu lho! Hmmm Hmmm Hmmm

      W = Tapi kalo orang kebanyakan ga mau seperti itu ya?

      L = Ya, missi orang itu beda2 mas. Aku merasa dapat
      yang model gini. Ya aku jalani aja. Kalo musti pake
      mikir lagi, pake kontemplasi lagi, gak sanggup deh.
      Mendingan langsung jalan aja.

      W = Mas Leo setuju ga, kalo aku punya pandangan setiap
      agama itu akan menenukan titik yang sama, hanya saja
      jalanya saja yang beda ?

      L = Ya, that's it. Emang gitu, orang2 itu aja yang
      pada
      ribet sendiri. Hmmm hmmm hmmm... Even in the end, pada
      akhirnya KITA AKAN MENINGGALKAN AGAMA. Kalo mao
      menghadap SANGHYANG TUNGGAL, kita gak bisa bawa apa2,
      not even bawa agama.

      W = Konsep itu sangat penting bagi aku karena pacarku
      muslim.

      L = Hmmm,,,, ya biar aja. Being a Moslem is good.
      Being a Hindu is good. Being a Buddhist is good. Being
      a Christian is good. Even, being an Atheist is also
      good. So what ? Tuhan aja gak ngebedain kok.

      W = Banyak yang bilang hubunganku ga boleh, tapi aku
      jalan terus.

      L = Well, kalo agama membuat manusia tidak manusiawi,
      mendingan jalan tanpa agama. Agama diciptakan, again
      DICIPTAKAN untuk manusia, dan bukan kebalikannya.
      Kalau manusia mau hidup untuk agama, itu kan artinya
      terbalik. Ngapain hidup untuk agama, wong itu buatan
      aja kok. Kita bisa lepaskan agama saat ini, dan CREATE
      a new one the next moment. Hmmm hmmm hmmm

      W = Cara pandangku ttg agama terus aku tanam ke dia,
      karena itu yang bisa membuat kami berjalan.

      L = Ya, jalani saja mas. Jalani saja, WE ALL LEARN.
      Belajar itu seumur hidup. Dan orang2 api seperti kita
      itu belajar dengan JATUH BANGUN. Kalo jatuh ya sakit.
      Tapi selalu bangun kembali. Begitu berkali-kali...
      sampai akhirnya kita bisa menjadi diri sendiri dan
      berjalan apa adanya.

      W = Aku merasa ke depan orang2 seperti aku akan
      semakin banyak karena suatu saat orang2 akan jenuh
      dengan sekat2 agama, sekat2 itu bikin pusing, harus
      ini harus itu.

      L = Ya, orang2 UNIVERSAL akan semakin banyak. Aku ini
      universal,... I am a Christian, I am a Moslem, I am a
      Hindu, I am a Buddhist, I am an Atheist, I am an
      Agnostic,...

      Jalani saja,... pelan2 semua sadar. Salurkanlah energi
      itu,... seperti yang dilakukan oleh Pak Putu Ngurah
      Ardika dan murid2nya di Bali itu. Hmmm hmmm hmmm....
      kebangkitan spiritual Indonesia itu bisa dimulai dari
      Bali lho...

      W = Ha... ha... kebetulan aja kali.

      L = Bisa dari sana,,,, Gunung Agung itu simbol dari
      MATA KETIGA. Itu Mata Ketiga bagi kepulauan Nusantara.
      Hmmm... Itu aku lihat dari dulu, tapi realisasinya
      bagaimana aku gak tahu. Aku kan selalu bilang lihat
      saja. Let's see... jalanin aja.

      NOTE: Except my own name, all other names used in the
      Yahoo Messenger conversations are pseudonyms.]