2405Re: [Mayapada Prana] Re: pertanyaan ttg Reiki dll buat Mas Gito

  • maria imelda
    Sep 8, 2005
      iya sy imelda yg dulu pernah di fitmax. untuk sementara yg ditanyain itu dulu. terima kasih buat jawabannya. maap kebanyakan nanya.sebenarnya masih banyak sih :)

      regards

      si Brewok <red_conjurer@...> wrote:
      --- In mayapadaprana@yahoogroups.com, maria imelda
      <mariaimelda_getoloch@y...> wrote:

      > praktisi reiki mengakses energi dari 'alam semesta'. Bagian 'alam
      semesta' yang mana dan yang seperti apa yang diakses reiki ?

      1. Saya tidak tahu secara persis dan detail mengenai ini. ada yg
      bilang bhw reiki berasal dari dimensi yang lebih tinggi dari dimensi
      fisik/dimensi 3. entahlah my dear :-) yang jelas energi yang kita
      sebut reiki ini berada di sekeliling kita, jika frekuensi tubuh kita
      sudah selaras dengan frekuensi reiki maka kita bisa mengaksesnya.
      Menurut yang pewaskita/psychic, energi ini berwarna biru.

      > kalau 'alam semesta' yang dimaksud reiki itu termasuk energi
      manusia, apakah pada saat praktisi reiki mengakses energi terjadi
      perpindahan energi dari manusia di sekelilingnya ke praktisi reiki tsb
      ? (misalnya pada saat mengakses energi banyak orang mengelilingi
      praktisi, maka energi praktisi bertambah tapi energi orang2 di
      sekelilingnya berkurang)

      2. Praktisi Reiki tidak menyedot energi dari orang lain yang berada di
      sekitarnya. Yang diambil / disedot adalah energi yang kita sebut reiki
      itu. Jika anda menyalurkan reiki dan ada banyak orang diseputar anda,
      saya yakin tidak ada energi orang2 tsb yang akan tersedot oleh anda.

      > mengutip dari diktat mayapada, setiap kali menyalurkan energi
      reiki, maka energi si praktisi akan lebih baik secara kualitatif dan
      kuantitatif. Apa sebabnya dan bgmn terjadinya ?

      3. Pad asaat menyalurkan Reiki pada orang lain, jalur-jalur energi di
      tubuh kita juga otomatis mendapatkan "penyegaran" (Istilah saya).
      Tubuh kita lama kelamaan akan terbiasa dengan frekuensi Reiki (jika
      sering diakses) shg jalur-jalur energi di tubuh astral/etheric anda
      juga lebih bersih.

      > dalam konteks reiki, energi yang kualitasnya baik yang dimiliki
      praktisi seperti apa ?

      4. baik di sini dalam tanda kutip mbak, karena energi/prana/chi tidak
      mengenal dualitas nilai seperti baik/buruk, benar/salah. Istilah yang
      sering kami pakai adalah energi yang selaras/tidak selaras. karena
      keterbatasan pengungkapan bahasa, maka energi yang kualitasnya "baik"
      adalah energi yang cocok bagi pasien, tidak menyebabkan ia merasa
      kurang nyaman (meski ada sensasi2 tertentu), menjadikan pasien merasa
      di-empower, disegarkan oleh kekuatan cinta kasih.

      > selain menyalurkan energi dari alam semesta (artinya disini
      praktisi menjadi media/ lalu lintas energi), apakah praktisi reiki
      juga menyimpan energi pada tubuhnya ?

      5. Kalu konteksnya adalah praktisi Reiki yang menyalurkan energi Reiki
      maka tidak ada satu pun dari chi ini yang diakumulasi dalam tubuh.

      kalau iya disimpan dimana? Seandainya pada tubuh manusia ada 'gudang
      energi', apakah kapasitas/daya serap antara satu manusia dengan yang
      lain sama atau beda? Kalau beda, apa yang membedakannya (dari
      bakat,latihan atau apa) ? apakah kuantitas energi pada seorang
      praktisi selalu sama setiap hari atau berubah-ubah? Apa yg menyebabkan
      perubahan kuantitas energi ?

      6. Memang betul ada "gudang energi" dalam tubuh etheric manusia.
      Disebut juga tantien, sekitar 3 inci di bawah pusar. Tantien biasanya
      digunakan untuk menyimpan prana/chi (tapi bukan dari reiki). Biasanya
      praktisi tenaga dalam, yang berlatih pernafasan/pranayama, Bio energi,
      praktisi chikung dan taichi, etc.

      > ngutip diktat, reiki tidak akan habis dan mengalir sesuai
      kebutuhan. Apakah pada saat praktisi melakukan aktivitasnya sehari2,
      reiki tetap keluar masuk tubuhnya atau hanya pada saat diniatkan saja

      7. hanya pada saat diniatkan. Energi mengalir mengikuti pikiran.
      Energi follows thought anda thought directs energy.

      > bagaimana caranya reiki menyembuhkan masalah fisik, emosi,mental
      dan spiritual, penyakit medis dan non-medis ? apakah semua masalah
      tersebut disebabkan energi dan disembuhkan oleh energi juga?

      8. Pertama-tama Reiki bekerja di tataran tubuh etheric. Ada banyak
      lapisan tubuh astral. Konon katanya ada 8 lapis tubuh astral ditambah
      tubuh fisik jadi total 9 lapisan tubuh. Ada juga yang mengatakan hanya
      7. ada banyak opini. Ssalah satu lapisan tubuh ini adalah tubuh mental
      dan tubuh emosi. 2 tubuh ini adalah lapisan tubuh eterik yang paling
      lemah. Reiki antara lain bekerja disini sehingga kesembuhan mental dan
      emosional dapat terjadi. Selain itu reiki bekerja di cakra-cakra
      (energy vortex) manusia. Setiap cakra berhubungan dengan organ tubuh
      tertentu. Jika cakra-cakra ini kondisinya bagus, bersih dan sehat maka
      ia akan memengaruhi organ-organ tubuh fisik. Jadi kesembuhan fisik
      bisa terjadi.

      > apa yg harus dilakukan praktisi saat menyembuhkan masalah
      fisik,emosi,mentak dan spiritual (metode)?

      9. Gunakan simbul-simbul Reiki.

      > setelah seseorang dibuka cakra2nya, apakah cakra2nya bisa menutup
      lagi?

      10. ada beberapa pendapat yang pernah saya dengar.
      ada yang mengatakan setelah attunement jika jarang membersihkan
      cakra-cakra, maka cakranya bisa menutup lagi.
      ada juga yang bilang, ooh tidak menutup lagi, hanya menjadi lebih kotor.
      namun ada juga yang bilang kalu tingkat kesadaran/consciousness
      seseorang belum berkembang, maka biarpun dibuka maka cakra-cakra tsb
      akan menutup lagi (ini terutama untuk cakra-cakra ilahi di atas cakra
      mahkota).
      Mbak Imelda, karena tidak ada satu pun cara/metoda untuk membuktikan
      "kebenaran" opini2 tsb maka jawaban itulah yang paling suitable yang
      bisa saya berikan.

      > reiki dapat digunakan untuk perlindungan. Maksudnya perlindungan
      dari apa?

      11. Ada beberapa teman yang membuat bola energi reiki sebelum ia
      beraktifitas di pagi hari. Menurut beberapa teman ini, mereka beberapa
      kali terhindar dari aksi2 kejahatan yang menggunakan gendam.
      Kalu menurut saya, perlindungan dan kesehatan terutama datang dari
      Sang Sumber. Kita hanyalah perantara.

      > reiki untuk materialisasi. Maksudnya ? (katanya materialisasi itu
      adalah energi yang dimaterialkan pada suatu benda misalnya air, batu,
      dll) kalau betul seperti itu, untuk apa dimaterialkan ? apa bedanya
      energi yang tdk dimaterialkan dan yang dimaterialkan? Apakah
      materialisasi itu sama dengan mengisi suatu benda dengan energi? Kalau
      ya, apakah energi yang diisikan ke suatu benda akan diam selamanya
      disitu? Cara materialisasi gimana ?

      12. Materialisasi dalam diktat itu adalah materialisasi keinginan.
      Semacam doa yang diikuti oleh visualisasi kreatif menggunakan afirmasi
      dan Reiki. Caranya ada di diktat. Kalu materialisasi benda-benda maka
      hal itu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu misalnya
      Avatara Sathya Sai Baba, Shri Babaji Nagaraj, para nabi dan avatar
      dari jaman dahulu yang dapat anda baca di kitab2 suci.

      > reiki 'melindungi dari energi yang tidak selaras'. yang saya
      tangkap dari kalimat itu seolah-olah 'energi yang tidak selaras' itu
      adalah somebody atau something yang bisa secara aktif mengganggu
      manusia. Jadi 'energi yang tidak selaras' itu mahluk apa?

      13. Energi yang tidak selaras adalah isitilah Mayapada untuk
      menyebutkan suatu energi cocok/tidak cocok bagi tubuh kita. Itu saja.
      Bisa datangnya dari mahluk2/entity, bisa juga dari orang-orang lain di
      sekitar kita.

      > reiki meningkatkan getaran/vibrasi energi tubuh. Vibrasi energi
      tubuh fungsinya apa untuk manusia itu sendiri ? (karena di diktat
      tertulis 'meningkatkan', artinya vibrasi energi sengaja ditingkatkan
      untuk tujuan tertentu).

      14. Setiap benda di alam semesta ini punya vibrasi/getaran karena
      atom-atom dalam tubuh manusia tidak ada yang stagnan. Semunya
      bergerak. dan gerakan ini menurut mas Gito, karena adanya prana/chi
      yang sampai saat ini belum dapat di-identifikasikan secara ilmiah oleh
      ilmu pengetahuan. Semakin tinggi vibrasi atom-atom maka ia dapat
      menyesuaikan diri dengan atom-atom lainnya yang juga bergerak pada
      kecepatan yang lebih tinggi. Jika tubuh manusia vibrasinya tinggi,
      maka cakra-cakra tubuh berputar dengan lebih sehat, organ2 tubuh yang
      berhubungan dengan cakra2 juga lebih baik.

      > apa hubungannya reiki dengan peningkatan spiritualitas ?
      spiritualitas menurut definisi reiki seperti apa ?

      15. Aha. Sampai juga di bagian ini :-)
      Tidak ada definisi baku untuk spiritualism. Bukan berarti anda yang
      sering berdoa, sering ber-jappa, yoga lalu bermeditasi itu lebih
      spiritual dari yang orang lain. Menjadi spiritual adalah jika kita
      sebagai manusia mampu melihat wajah-NYA di mana-mana. Unconditioanl
      love. Spiritualitas menjadikan anda lebih lembut, jujur pada diri
      sendiri, non violence, inklusif, dan open mind.
      Jika anda berlatih reiki, maka diharapkan anda menjadi orang yang
      lebih sabar, tenang dan terfokus (karena anda juga berlatih meditasi
      bukan ?). Kalu kita lebih sabar, tenang dan terpusat maka orang-orang
      akan melihat "surga" dalam diri kita. bukankah itu kehidupan yang
      spiritual ?
      Para pembaca milis yang lain, **** Correct me if im wrong *****

      > bagian mana dari CIR yang diambil dari reiki tradisi Usui ? apa
      yg jadi benang merah antara berbagai tradisi reiki yang ada di dunia ?
      perbedaannya ?

      16. antara lain ada di teknik attunementnya, simbul-simbulnya,
      filosofinya, dll. Benang merahnya ? yah energi Reiki itu sendiri.
      Meski ia diolah oleh koki/chef yang berbeda-beda, tapi ia adalah
      REIKI. See ?

      > di diktat disinggung sdkt ttg penemuan2 berbagai macam energi
      alam semesta. Orang2 yang menemukannya kenapa bisa menemukan energi2
      itu ? cara menemukannya gimana?

      17. orang-orang spt ini memang mempunyai daya psychic dan mampu
      "menangkap" frekuensi energi tertentu dan oleh mereka diolah. Saya
      bukan pewaskita so dont ask me how to do it :-)

      Untuk pertanyaan2 lain yang menyangkut CIR dapat anda tanyakan
      langsung ke mas Gito di Fitmax. Ini mbak Imelda yang pernah saya temui
      dulu di Fitmax kan ?

      Adonai!

      Have constructive thoughts, consoling words, compassionate acts.
      Peace & enlightenment be yours!

      - from guys at Mayapada Prana

    • Show all 6 messages in this topic