Theory of Constraint (TOC)

  • Hamsah Mania
    Message 1 of 10 , Nov 6, 2002
      Dear rekan milis,

      Apakah ada diantara rekan semua yang bisa memberikan
      informasi detil tentang metodologi TOC dan contoh
      penerapannya dalam industri..?
      Thanks sebelumnya..

      Hamsah Mania
      ===================================================================================
      Selama Bulan Suci Ramadhan, ikuti Netkuis Ramadhan, Lomba Design E-Card, Opini Berhadiah hanya di www.plasa.com
      ===================================================================================
    • Gatot Widayanto
      Message 2 of 10 , Nov 7, 2002
        Yang saya tahu TOC ini gurunya adalah Elliyahu Godratt pengarang buku THE
        GOALS dan IT'S NOT LUCK. Di kedua buku ini sebenernya Godratt sudah mengupas
        secara garis besar mengenai TOC ini. Misalnya di THE GOALS belia mengupas
        sexara gamblang dan sederhana untuk menjelaskan bahwa kekuatan sebuah mata
        rantai adalah pada sebuah rantai yang terlemah. Beliau dengan gamblang
        memberi contoh segerombolan anak naik ke gunung dan semuanya diikat pakai
        tali. Dari situ terlihat bahwa kecepatan mendaki ditentukan oleh anak yang
        paling lemah mendakinya.

        Dua buku ini, menurut hemat saya, brillian sekali. Disajikan dalam bentuk
        novel. THE GOALS telah mentransformasi sebuah perusahaan kabel di Spore
        untuk mempercepat delivery time dari 2 minggu menjadi 3 hari. Pernah dimuat
        di World Executive's Digest.

        Salam,
        Gatot

        NB. Buat temen-2 yang kirim japri ttg Six Sigma, mohon sabar, karena saya
        lagi berada di luar kota. Saya akan penuhi dalam beberapa hari ini, insya
        Allah. Maaf atas keterlambatan response saya.

        =======
        > Selama Bulan Suci Ramadhan, ikuti Netkuis Ramadhan, Lomba Design E-Card,
        Opini Berhadiah hanya di www.plasa.com

        > Sponsor : Portal manajemen Indonesia = http://www.lppm.ac.id

      • basis66
        Message 3 of 10 , Nov 7, 2002
          Assalamu'alaikum,
          Maaf sebelumnya saya anggota baru.
          Mau ikut nambahin mengenai TOC yg saya dapat dibangku kuliah.
          TOC ini kata lainnya Optimized Production Technology. Dikenalkan oleh
          Goldratt pada tahun 1980. Kalau dalam industri Pusat pengamatan TOC
          ini adalah pada "bottle neck". Atau seperti keterangan Pak Gatot pada
          rantai terlemah. Sepanjang pengetahuan saya Goldratt menawarkan
          sebuah software untuk menyelesaikan kasus yang ada diindustri, dan
          sampai saat ini belum ada yang mengetahui algoritma Goldratt ini.
          Insya Allah itu dulu dari saya.
          Kurang lebihnya saya mohon maaf.
          Wassalamu'alaikum
          Bambang Siswoyo "Basis"

          ======
          > =======
          E-Card,
          > Opini Berhadiah hanya di www.plasa.com

          http://docs.yahoo.com/info/terms/

        • Gatot Widayanto
          Message 4 of 10 , Nov 8, 2002
            Walaikumsalam Wr. Wb.

            Pak Bambang,
            Wah menarik sekali posting Anda. Saya jadi ingin tahu lebih banyak. Maklum
            sejak saya baca buku IT'S NOT LUCK, saya gak pernah buka lagi buku itu
            karena sulit dipakai sebagai referensi mengingat gaya penulisannya adalah
            seperti novel. tapi dua buku itu sangat berkesan bagi saya dan sangat
            melekat sampai saat ini.
            Saya baru tahu kalau ada software nya TOC segala. wah, luar biasa sekali.
            Apa ini semua penyederhanaan dari Optimation theory dari pakar-2 Operations
            Research kayak Taha gitu ya?

            Salam,
            Gatot

            Message 5 of 10 , Nov 9, 2002
              Assalamu'alaikum
              Buat Pak Gatot, wah saya belum jadi bapak-bapak pak. Masih muda 21
              tahun. :)
              Saya sebenarnya juga tidak mengetahui banyak mengenai TOC ini, yang
              saya ketahui ya sebatas teori dari bangku kuliah. Saya juga belum
              tahu persis softwarenya.
              Wassalam

            • Gatot Widaayanto
              Message 6 of 10 , Nov 9, 2002
                Walaikum salam wr. wb.
                Gak papa daripada dipanggil Ibu ha .. ha ...
                Anda beruntung, di bangku kuliah udah belajar TOC. saya dulu belum.
                Salam,
                Gatot
                basis66 <basis66@...> wrote:Assalamu'alaikum

                Message 7 of 10 , Nov 9, 2002
                  Walaikum salam wr. wb.

                  Message 8 of 10 , Nov 9, 2002
                    Walaikum salam wr. wb.

                    Message 9 of 10 , Nov 10, 2002
                      Ya gak papa. Masak dipanggil ibu .. he .. he ..

                      Tapi saya salut sama Anda yang masih muda sudah mengenyam kuliah pakai TOC
                      segala. Jaman saya dulu (saya udah tua lho) gak ada TOC.

                      Salam,
                      Gatot Widayanto

> [...]
                      > Saya sebenarnya juga tidak mengetahui banyak mengenai TOC ini, yang
                      > saya ketahui ya sebatas teori dari bangku kuliah. Saya juga belum

                    • Ali Nasution
                      Message 10 of 10 , Nov 11, 2002