[manajemen] Secuil pengetahuan tentang Theory of Constraint

  • budianto lim
    Message 1 of 1 , Feb 25, 2000
      Salam sejahtera,

      Kepada sdr. Edward Sanusi yang ingin tahu tentang
      Theory of Constraint (ToC), mungkin saya dapat
      membantu anda dengan pengetahuan saya yang dangkal
      ini. Istilah ToC pertama kali saya kenal ketika saya
      mendapat bahan skripsi dari dosen saya. Dari literatur
      yang saya baca (salah satunya "Production Planning and
      Inventory Control", pengarang Narasimhan and Peter
      Bilington), konsep dari teori ini juga digunakan untuk
      mengatur aliran bahan di dalam suatu production line.
      Inti dari teori ini (sesuai bidang yang saya pelajari,
      yaitu manufaktur) adalah menyesuaikan kapasitas
      seluruh aktivitas yang ada berdasarkan aktivitas yang
      paling kecil kapasitasnya (bottleneck). Seluruh
      aktivitas yang ada diatur kecepatannya berdasarkan
      kecepatan aktivitas yang paling lambat. Menurut saya,
      konsep yang sama juga diterapkan pada project
      management seperti yang pernah anda katakan itu.
      Kadang-kadang cara pengaturannya hanya sederhana saja
      tetapi berjalan sangat efektif, efisien, dan murah.
      Jika anda ingin tahu lebih dalam tentang penerapan ToC
      di project management, mungkin bisa anda dapatkan dari
      jurnal-jurnal ilmiah seperti IIE Transaction, Europan
      Journal of Production Research, dan lain-lain.

      Budi

      =====
      visit me at : http://members.xoom.com/budianto_lim or http://www.menxonline.bizland.com