RE: [manajemen] Teory of Constrain

  • DTY@lppm.ac.id
    Message 1 of 8 , Jun 30, 2004
      dear all,

      berikut penjelasan dari seorang rekan saya, hendrarto.

      rgds,

      diah

      TOC (theory of constraint) adalah konsep manajemen yang melandaskan pada
      upaya mengoptimalkan pemanfaatan constraint di dalam pembuatan sistem atau
      pengambilan keputusan di suatu organisasi.

      KOnsep ini pertama kali dikembangkan oleh Eliyahu Goldrat, dan buku pertama
      yang menceritakan konsep ini dikemas dalam bentuk novel dengan judul the
      Goal (rasanya sudah cukup banyak beredar di Indonesia).

      Selanjutnya telah banyak buku-buku yang menelaah konsep ini baik yang
      ditulis oleh ELiyahu sendiri maupun pakar-pakar lainnya.

      Sejarah TOC dimulai dari sebuah software production scheduling (OPT) yang
      dibuat oleh Goldratt untuk sebuah perusahaan. SOftware ini disusun oleh
      Goldratt berdasarkan upaya mengoptimalkan pemanfaatan constraint tersebut.
      Pada perkembangan selanjutnya Goldratt dan rekan-rekan lebih tertarik untuk
      mengembangkan logik di balik pembuatan software ini dibandingkan
      software-nya sendiri. Sehingga kemudian berkembang menjadi berbagai nama
      yang dikenal tergantung area penerapannya misalnya Theory of constraint,
      constraint management atau synchronous manufacturing.

      Teori ini dapat diaplikasikan pada berbagai bidang manajemen seperti
      production/operation, marketing, maupun decision making. Khusus untuk bidang
      produksi ada satu konsep production control yang terkenal yaitu
      drum-buffer-rope yang diturunkan dari teori ini.

      Provider training dalam hal ini belum banyak, rasanya baru dua yang pernah
      menyelenggarakan yaitu PQM dan PPM. PPM sudah ada training reguler, judul
      training-nya bukan theory of constraint tetapi synchronous manufacturing.
      Kalau tidak salah training terdekat akan diselenggarakan pertengahan juli
      ini.

      Ruang lingkup training terdiri atas pengenalan prinsip TOC dan sejarahnya,
      penjelasan mengenai konsep drum-buffer-rope sebagai sistem kendali
      operasi/produksi, penjelasan mengenai penerapan konsep TOC dalam pengukuran
      kinerja perusahaan dan sedikit terkait dengan pengambilan keputusan (pada
      bagian ini terutama terasa perbedaan konsep TOC dengan konsep manajemen yang
      lain). SErta pengenalan software scheduling yang dibangun berdasarkan
      prinsip TOC ini.

      this message was sent by Lembaga Manajemen PPM
    • satwika
      Message 2 of 8 , Jul 1, 2004
        silahkan melihat arsip milis APICS,
        disana sudah dibahas cukup mendalam dari berbagai sisi

> [...]

        lain). SErta pengenalan software scheduling yang dibangun berdasarkan

        Post message: manajemen@yahoogroups.com
        Subscribe: manajemen-subscribe@yahoogroups.com
        Sponsor : Portal manajemen Indonesia = http://www.lppm.ac.id
        Yahoo! Groups Links
      • Petrus Purwana
        Message 3 of 8 , Jul 2, 2004
          Bp. Allan,

          TOC itu merupakan body of knowledge dan sangat luas aplikasinya. Mulai dari
          finance (performance measurement), production, project mgt, change
          management, strategy dan Sales & Marketing. Bahkan ada juga untuk audience
          anak sekolah (TOC for education). Intinya sebenarnya cara berpikirnya yang
          lain dari teori normal shg bisa diaplikasikan ke bidang2 tsb diatas atau ke
          kehidupan sehari-hari. Cukup menarik sih.

          Bp bisa melihat / mempelajari TOC di banyak websites:
          AGI, Goldratt Institute: http://www.goldratt.com/toctpwp1.htm
          Dari Iowa State Univ: http://www.ciras.iastate.edu/toc/
          Crazy about constraints: http://www.rogo.com/cac/index.html
          Badan sertifikasi TOC: http://www.tocico.com/
          Links dari seorang penggemar TOC:
          http://www.saigon.com/~nguyent/toc_link.html

          Walaupun teorinya / konsepnya cukup bagus, tapi implementasinya cukup sulit
          (di perusahaan) krn perubahan yg dilakukan cukup ekstrim sedangkan org
          sudah terbiasa dgn keadaan yg sekarang (cara berpikir yg normal). Kalau utk
          kehidupan sehari2 sih, tergantung kita sendiri mau berubah atau tidak.
          Selain itu sebagai teori yg sedang berkembang, bahkan para ahlinyapun suka
          berdebat mengenai hal2 yg kadang utk orang luar sepele, tapi sebenarnya
          dalam.

          Welcome in the TOC world.

          Salam,

          Petrus

          The information contained in this communication is intended solely for
          the use of the individual or entity to whom it is addressed and others
          authorized to receive it. It may contain confidential or legally
          privileged information. If you are not the intended recipient you are
          hereby notified that any disclosure, copying, distribution or taking any
          action in reliance on the contents of this information is strictly
          prohibited and may be unlawful. If you have received this communication
          in error, please notify us immediately by responding to this email and
          then delete it from your system. Ernst & Young is neither liable for the
          proper and complete transmission of the information contained in this
          communication nor for any delay in its receipt.
        • wulan
          Message 4 of 8 , Jul 4, 2004
            sedikit menambahkan mengenai TOC ini....

            saat saya masih kuliah S2 di ITB tahun 1999 dulu,
            kebetulan kuliah pemodelan yang dibawakan dosen langsung
            memakai konsep TOC-nya Goldratt ini. Sangat bagus dalam
            memodelkan soft problem dalam mencari solusinya.

            secara garis besar konsep ini cocok sekali dipakai untuk
            masalah-masalah yang soft, artinya tidak membutuhkan
            perhitungan matematis yang rumit seperti linear
            programming.

            Intinya adalah bagaimana kita 'meluaskan' batasan-batasan
            yang menghambat kita dalam mengambil keputusan berdasarkan
            kondisi yang ada.
            Setiap masalah dipetakan mulai dari core problem sampai
            turunan-turunannya.
            Pada TOC ini kalo ga salah saat pemetaan masalah sampai
            pencarian solusinya akan melewati 5 proses pembuatan tree
            diagram...

            TOC ini juga dapat diterapkan pada kehidupan kita dirumah,
            seperti yang digambarkan Goldratt pada novelnya, bagaimana
            dia menghadapi masalah kantornya dengan masalah di
            rumahnya, dengan putrinya, dll.

            Baiknya sih langsung baca buku dan novelnya. Dulu, waktu
            saya kuliah buku TOC ini ada diperpustakaan TI-S2 TIB

            salam

            On Thu, 1 Jul 2004 13:47:31 +0700
            DTY@... wrote:
> [...]
            >konsep manajemen yang
            >lain). SErta pengenalan software scheduling yang dibangun

            "Gabung INSTANIA, dapatkan XENIA. Daftar di www.telkomnetinstan.com, langsung dapat akses Internet Gratis..
            Dan ..ikuti "Instan Smile" berhadiah Xenia,Tour S'pore, Komputer,dll, info hub : TELKOM Jatim 0-800-1-467826 "