holga 120 - 135

  • BS Maliquee
    Message 1 of 5 , Jan 30, 2009
      butuh berapa kali puter knob sih buat frame pertama & frame berikut'a.
      soalnya ada yg bilang 34x, 43x, 12x.
      mohonn bimbingannya...
    • chaabund
      Message 2 of 5 , Feb 1, 2009
        puternya 34-36x aja .
        kalo 43x terlalu banyak ntar malah bnyk space yg kosong .
        semoga membantu .

        -chibund-
      • Jonathan
        Message 3 of 5 , Feb 1, 2009
          coba pake tabel ini:

          Exposure # Clicks Turns Fraction Turns Decimal
          Load 42 1 3/4 1.75
          1 35 1 1/2 1.5
          2 34 1 1/2 1.4
          3 33 1 3/8 1.4
          4 33 1 3/8 1.4
          5 31 1 3/8 1.3
          6 30 1 1/4 1.25
          7 30 1 1/4 1.25
          8 29 1 1/4 1.2
          9 28 1 1/4 1.2
          10 27 1 1/8 1.2
          11 27 1 1/8 1.2
          12 26 1 1
          13 26 1 1
          14 25 1 1
          15 25 1 1
          16 24 1 1
          17 24 1 1 (END 24 EXP ROLL)
          18 23 1 1
          19 23 1 1
          20 23 1 1
          21 22 9/10 0.9
          22 22 9/10 0.9
          23 22 9/10 0.9
          24 END

          Note:
          - exposure: nomor frame
          - clicks: jumlah klik ke frame berikutnya
          - turns fraction: jumlah putaran (1 putaran penuh = 24 klik) dalam
          bentuk x bagian (misal: 1 putaran penuh dari frame 17 ke 18)
          - turns decimal: jumlah putaran dalam angka desimal
          - hitungan ini pake mask 6x6
          - satu putaran penuh holga = 24 clicks.

          (http://www.squarefrog.co.uk/holga-techniques-35mm.html)

          selamat mencoba!

          Cheers,

          Joni.

          --- In lomonesia@yahoogroups.com, "BS Maliquee" <ze_santosos@...> wrote:

          > butuh berapa kali puter knob sih buat frame pertama & frame berikut'a.
          > soalnya ada yg bilang 34x, 43x, 12x.
          > mohonn bimbingannya...

        • Jonathan
          Message 4 of 5 , Feb 1, 2009
            wah, maaf ternyata tabelnya jadi kacau di email, haha.
            gua barusan cari2 di internet dan menemukan guide buat make film 35mm
            di Holga dan juga Diana:

            http://www.photondetector.com/tools_ref/135-advance/

            silahkan cek ke webnya langsung!

            Cheers,

            Joni.

            --- In lomonesia@yahoogroups.com, "Jonathan" <anendlessend@...> wrote:

> [...]
            > 18 23 1 1
            > 19 23 1 1
            > 20 23 1 1
            > 21 22 9/10 0.9
            > 22 22 9/10 0.9
            > 23 22 9/10 0.9
            > 24 END
            >
            > Note:
            > - exposure: nomor frame
            > - clicks: jumlah klik ke frame berikutnya
            > - turns fraction: jumlah putaran (1 putaran penuh = 24 klik) dalam
            > bentuk x bagian (misal: 1 putaran penuh dari frame 17 ke 18)
            > - turns decimal: jumlah putaran dalam angka desimal

          • d2r3d2
            Message 5 of 5 , Feb 3, 2009
              --- In lomonesia@yahoogroups.com, "BS Maliquee" <ze_santosos@...> wrote:

              > butuh berapa kali puter knob sih buat frame pertama & frame berikut'a.
              > soalnya ada yg bilang 34x, 43x, 12x.
              > mohonn bimbingannya...

              silahkan langsung download untuk aturan click
              pada menggunakan film 135 pada kamera HOLGA di link berikut ini:

              http://www.squarefrog.co.uk/files/click_guide.pdf

              oh ya, untuk biar lebih aman aliasnya film 135, bro saya sarankan nutupin semua lubang
              (penutup atas, bawah, samping kanan, samping kiri), alasannya sie biar gak kebakar hehe..
              tapi klo mau gak ditutup ya silahkan,,terserah bro saja :D

              selamat bereksperiment.

              Salam..
              D2R3D2
              http://flickr.com/photos/dede_kharisma