Re: [lomonesia] Film Expired

  • Ivan JH
    Message 1 of 12 , Jul 1, 2008

      ada 3, kemungkinan:

      1. film tidak terpasang dengan baik sehingga tidak terputar

      2. lupa buka tutup lensa

      3. film sudah sangat rusak sehingga gak bisa dipake lagi

      tapi film expired harusnya bisa dipake kok. mau 2004 atau thn 1990 juga harusnya masih bisa digunakan.

      coba pasang film lagi dan pastikan film benar2 terpasang dengan benar.

      gudlak.

      http://www.myspace.com/olimpiade

      Message 2 of 12 , Jul 1, 2008
        namanya juga lucky, ya lucky-luckyan bro.. hehehe.. lucky filmnya tipis bgt,, kalo nyari film expired mending kodak ato fuji aja.. gw pernah pake fuji exp. 1998 masih bisa di expose tuh...

        Message 3 of 12 , Jul 1, 2008
          Saya juga pernah pake lucky exp 2004 emang tipis banget. roll pertama
          ancur. roll berikutnya kamera di setel dengan bukaan B atau harus
          benar2 banyak cahaya dan pada waktu cucinya di push biar terang

          --- In lomonesia@yahoogroups.com, Ivan JH <joni8_ivan@...> wrote:

> [...]
          juga harusnya masih bisa digunakan.

          > coba pasang film lagi dan pastikan film benar2 terpasang dengan benar.

        • sondy Kurnia
          Message 4 of 12 , Jul 1, 2008

            Saya juga pernah pake lucky exp 2004 emang tipis banget. roll pertama
            ancur. roll berikutnya kamera di setel dengan bukaan B atau harus
            benar2 banyak cahaya dan pada waktu cucinya di push biar terang
            pake lucky gambar blank kemungkinan under kurang cahaya

            punya saya bisa dilihat di htpp://sondyy.multiply.com

          • Cella Marcellina
            Message 5 of 12 , Jul 1, 2008
              gw juga waktu itu pernah pake film lucky expired di popcam
              pas dicuci kata masnya terlalu tipis dan ga bisa dicetak
              hasil negatifnya juga warna ungu semua
              ohya, gw sekalian nanya, gw pernah pake film expired 89
              pas dicuci negatifnya jadi hijau terus blurry ga jelas
              gimana ya caranya supaya fotonya jadi pake film itu?
              padahal udah dimasukin ke freezer

              Message 6 of 12 , Jul 1, 2008

                emang untung2an jika pake film expired. apalagi udah terlalu tua seperti contoh thn 89. ibaratnya obat yg kadaluarsa, maka efeknya juga gak maksimal bahkan bisa menjadi racun.

                cella, cucinya dimana? di tempat yg terjamin misalnya kayak rapico atau FIP, atau adorama?

                mungkinkah itu karena tempat cucinya?

                thx

              • Putri A. Kristimanta
                Message 7 of 12 , Jan 27, 2011
                  Halo, member lomonesia.
                  Saya mau tanya, apa sih perbedaan film negatif expired dan film biasa kalo diliat dr hasilnya? Apa iya hasil expired lbh bagus?

                  Makasii

                  http://mail.yahoo.com
                • keiko ushi neko chan
                  Message 8 of 12 , Jan 27, 2011
                    karena sudah expired, film itu ga bisa nangkap warna sebaik film fresh. Jadinya warna yang didapat malah unexpected. Asik!
                    cmiiw

                    Message 9 of 12 , Jan 27, 2011
                      Halo Putri,

                      Kalau menurut gue, make film yg expired itu bkn berarti bakal bikin foto jadi lebih bagus, lagipula bagus atau ngganya jg kan sesuai selera hehe. Untuk perbedaannya tergantung dr brp lama dr film tersebut melewati batas kadaluarsanya, semakin lama, semakin menurun kualitasnya.

                      Alesan kenapa kita sebagai lomografer tertarik make film expired yaitu karena pada dasarnya harga film expired lebih murah, dan karena lebih murah itu secara ngga langsung lebih enak buat ekperimen juga hehe.

                      Coba cek www.lomography.com deh, baca2 di bagian 'magazine', disana ada jg review yg ngebahas film expired, atau kalau mau liat sampel foto2 dr film expired coba aja search di bagian 'photos'

                      Cek juga di magazine > competitions, lagi ada "The Expired Film Rumble", kompetisi foto yg make film expired.

                      Lomo On!

                      Marko
                      From: "Putri A. Kristimanta" <ariza_severus_snape@...>
                      Sender: lomonesia@yahoogroups.com
                      Date: Thu, 27 Jan 2011 17:03:57 +0700
                      To: <lomonesia@yahoogroups.com>
                      ReplyTo: lomonesia@yahoogroups.com

[...]

                    • Luthfi Aditiarahman
                      Message 10 of 12 , Jan 27, 2011
                        Ya gw setuju sm pendapatnya marko,klo pake film expired mmg lebih murah,jdnya kita gk sungkan2 klo mau experimen ini-itu

                        Luthfi Aditiarahman

                        From: "Putri A. Kristimanta" <ariza_severus_snape@...>
                        Sender: lomonesia@yahoogroups.com
                        Date: Thu, 27 Jan 2011 17:03:57 +0700
                        To: <lomonesia@yahoogroups.com>

                      • harishalfarizi@rocketmail.com
                        Message 11 of 12 , Jan 30, 2011
                          menurut saya ya bagusan film fresh lah, logikanya gni aja, makanan basi sama makanan fresh lbh bagus mana ? :)

                          IMHO untuk film expired sih selera masing2 aja, jgn tertipu sama gosip2 film expired hasilnya lbh bagus. dan saran saya jangan beli film expired karena harganya murah :p , tpi karena emg butuh filmnya.