Tentang Koordinator Daerah buat Komedo!

  • janangku
    Message 1 of 11 , Dec 1, 2007
      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, Phi Man <cham_phi_one@...>
      wrote:

      > wah... kok jawa aja ?? sumatra juga mau dong, terutama
      > pekanbaru, gimana ?? apa aja yang dibutuhkan untuk
      > jadi koordinator ??
      >
      > phi
      =======

      Wah... siapa juga yang nggak mau nyebarin di luar Jawa? Saya dan
      kawan-kawan komikus pasti SAMA SEKALI nggak keberatan. malah saya
      mendukung banget kalau ada yang mau.

      Sekalian aja ini jadi undangan buat anggota milis yang mau jadi
      koordinator penyebaran Komedo di kotanya (di luar Jawa atau di Jawa
      yang belum ada koordinatornya). Silakan kalau ada yang mau jadi
      koordinator. Saya tunggu data-datanya di imel saya
      (janangku@...) atau di imel komedo (komedokita@...).

      Persyaratanya sebetulnya sih nggak banyak. Koordinator adalah
      seseorang atau sekelompok orang yang punya jaringan dengan komunitas-
      komunitas komik di kotanya. Ini sangat perlu karena kelak dia akan
      sangat sering kontak dengan komunitas-komunitas tersebut untuk
      urusan koordinasi.

      Sementara sih segitu dulu yang bisa saya bilang. Saya dan kawan-
      kawannya bukannya nggak pingin nyebar ke luar Jawa. Itu lebih
      dikarenakan kami belum tahu musti menghubungi siapa. Bahkan, awalnya
      konsep majalah komik gratisan ini mau saya jalankan HANYA di Jogja
      aja.

      Jadi ya begitulah, kalau Mas Phi (nama sebenarnya siapa, Mas?) mau
      jadi koordinator di Pekanbaru, saya sangat senang. Kita bisa
      bicarain ini lebih lanjut lewat imel. Saya tunggu kabarnya.

      Terimakasih.

      Janang
    • ridwan_santika
      Message 2 of 11 , Dec 1, 2007
        bandung udah ada belum mas janang?
        klo belun mau tuh...tapi klo udah juga gpp!sekalian mungkin saya
        bisa kenalan sama komunitas komik bandung

        --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "janangku" <janangku@...>
        wrote:

> [...]
        > jadi koordinator di Pekanbaru, saya sangat senang. Kita bisa
        > bicarain ini lebih lanjut lewat imel. Saya tunggu kabarnya.

      • janangku
        Message 3 of 11 , Dec 1, 2007
          --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "ridwan_santika"
          <ridwan_santika@...> wrote:

          > bandung udah ada belum mas janang?
          > klo belun mau tuh...tapi klo udah juga gpp!sekalian mungkin saya
          > bisa kenalan sama komunitas komik bandung

          ======
          Bandung udah ada. Tolong baca lagi tulisan saya. Kota-kota yang udah
          ada koordinatornya adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Jogja,
          Jember, Malang dan Surabaya.

          Hanya saja, maaf, saya belum bisa bilang siapa aja koordinator itu.
          Perundingan saya dengan mereka belum final, dan masih banyak yang
          musti dirundingkan. Jika sudah final nanti, saya akan bilang siapa
          saja. Mungkin Mas Ridwan nanti bisa hubungi koordinator di Bandung
          buat bantu-bantu mereka. Gimana?

          Segitu dulu mungkin. Makasih.

          Janang
        • akhmad makhfat
          Message 4 of 11 , Dec 4, 2007
            Mas Janangku
            Mungkin agak telat ya. Memang ada pepatah "apa sih
            arti sebuah nama". Tapi nama Komedo kok mengingatkan
            aku pada bintik-bintik pada wajah ABG. Bukankah Komedo
            harus dihilangkan dan jangan dikenang. Usul saja bila
            masih mungkin nama komedo diganti..

            Makhfat

          • janangku
            Message 5 of 11 , Dec 5, 2007
              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, akhmad makhfat <makhfat@...>
              wrote:

> [...]
              > aku pada bintik-bintik pada wajah ABG. Bukankah Komedo
              > harus dihilangkan dan jangan dikenang. Usul saja bila

              ====

              Mas Ahmad,

              Nama itu adalah kesepakatan bersama, jadi mungkin saya nggak bisa
              ngubah itu. Memang awalnya saya juga kurang setuju dengan nama itu,
              tapi suara terbanyak ketika voting memenangkan nama itu. Toh, kalau
              dipikir-pikir nggak jelek-jelek amat kok. Komedo juga adalah akronim
              dari KOMIK ENDONESIA.

              Komedo yang ada di wajah memang harus dihilangkan, tapi siapa sih yang
              nggak pernah punya komedo? Itu mungkin jawaban saya.

              Terimakasih.

              Janang
            • oyasujiwo
              Message 6 of 11 , Dec 7, 2007
                Saya bantu ingatkan,
                waktu itu dari nama-nama yang dilontarkan
                salahsatu pertimbangannya bahwa
                usia mayoritas pembaca komik adalah 14-19 tahun
                dan usia rata-ratanya adalah 16.5 tahun

                nah,
                apa yang bisa mewakili usia pembaca tersebut
                di antaranya adalah
                karakteristik 'fun'/playful, dinamis,
                dan yang paling berkesan
                sekaligus berpengaruh adalah

                ...PUBER!

                kata komedo muncul di antara kata-kata lain
                seperti acne (jerawat), ceria, binar dan
                mungkin lebih dari seratus daftar nama lainnya

                setelah 3x putaran voting
                kata komedo yang terpilih
                mungkin krn kata ini
                mudah dilafalkan, bunyinya juga menyenangkan
                mudah dibayangkan (langsung keluar gambarnya di kepala)
                mudah dirasakan (ada pengalaman pribadi di sana)
                mudah diingat, bahkan susah dilupakan
                sticky & contagious

                dan
                ia sesuatu yang kecil, biasa bahkan
                sering terlupakan tapi impact-nya kuat
                dibanding banyak kata lain yg
                kesannya 'keren' tapi malah asing & berjarak
                atau malah terlalu jamak & ga ada gregetnya lagi

                mungkin ada pikiran bahwa komedo 'perlu dihilangkan'
                tapi nyatanya pengalaman punya komedo adalah salah satu
                ---pengalaman paling tak terlupakan---

                apalagi ketika ada plester menempel di hidung
                maka siapapun yg memakai itu
                akan 'outstanding'
                langsung terlihat mencuat
                di antara puluhan orang yg ada

                kalaupun jadi maskot
                gampang...cari siapapun anak sma
                kasih plester komedo di hidungnya
                dan dia bisa jadi maskot komedo
                siapapun dia...
                bisa jadi bintang 'komedo' juga

                begitulah
                oyasujiwo

              • pyxar@yahoo.com
                Message 7 of 11 , Dec 9, 2007
                  iya, komedo itu kesannya negatif,....
                  kotoran yg harus dihilangkan,...
                  tapi kalau dibandingkan komodo, atau torpedo,... wah
                  makin menyeramkan.... atau, softek, kondom sutra,...
                  wah.... bahaya.....
                  kalau komedo..... asik juga,... apalagi sesudah
                  diuraikan filosofinya,... nyambung juga,... dan
                  lagi,... kita khan orang seni, jgn terjebak dengan
                  hitam putih,... negatif positif,... kita khan org2
                  kreatif, nyeleneh,... dan sedikit nyerempet2 gila,...
                  hehehehe,... jadi, kembangkan kegilaan mu nak,.....
                  merdeka!!!!
                  nama emang penting, tapi lebih penting adalah proses
                  actions dan komitmen dalam mencapai tujuan,.... dan
                  buat kita2 para penikmat produk komik... persiapkan
                  saja uang saku masing2,siap memborong apapun karya
                  yang dihasilkan oleh rekan2 komikus kita,....
                  saya sudah banyak beli komik superman, komik cina,
                  jepang juga,... bagus2,.... tapi saya juga berusaha
                  beli komik nasional,.... ga pernah diliat bagus
                  tidaknya.... yg penting beli aja,... jelek juga
                  gapapa, yg penting beli,... karena saya yakin, dengan
                  membeli komik nasional, akam berdampak positif buat
                  perjuangan komik nasional,... walau dampak kecil, tapi
                  ya itulah yg mampu dilakukan,... ponakan saya akhirnya
                  baca juga komik nasional,... banyak seh kritikan
                  dia,... tapi ya yg penting dia nge baca juga, dan
                  ujung2nya,... minta dibeliin terusannya,...
                  heheheh,... itulah kekuatan komik, mau jelek atau seru
                  cerita atw gambarnya, tetap bikin penikmat mau
                  lagi,...
                  jadi, buat komikus nasional,.... tetap semangat !!!!

                  eh, terusannya gina-gerdi wk udah ada? kalau udah
                  ada, beli dimana?
                  makasih semuanya,... saya mau cari cermin, ngeliat
                  komedo saya udah banyak kali ya,... hehehehe
                  =roche=/ www.nucinta.com

                  Be a better friend, newshound, and
                  know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now. http://mobile.yahoo.com/;_ylt=Ahu06i62sR8HDtDypao8Wcj9tAcJ
                • akhmad makhfat
                  Message 8 of 11 , Dec 9, 2007
                    Mas Oya, saya percaya nama komedo mungkin pilihan
                    terbaik. Cuma saya jadi ingat ketika seorang teman mau
                    memberi nama produk nya nya dengan merek Orang Batuk.
                    Sama dengan ketika orang tua memberi nama anaknya,
                    tentu saja, dengan nama tersebut direngkuh sejuta
                    harapan.

                    Makhfat
                    Ortu, tambah nyinyir

                  • henry ismono
                    Message 9 of 11 , Dec 9, 2007
                      --- pyxar@... wrote:

> [...]
                      > gapapa, yg penting beli,... karena saya yakin,
                      > dengan
                      > membeli komik nasional, akam berdampak positif buat

                      Seandainya semua anggota milis ini (paling tidak
                      separuh saja yang punya prinsip seperti Mas Roche,
                      betapa komik nasional akan segera dengan cepat
                      menggeliat. Kabarnya, anggota milis ini ada sekitar
                      1.000 orang. Bayangkan pasar potensial ini.

                      Salut pada Anda, Roche...

                      Salam
                      Henry