Re: [komik_indonesia] Karakter baru: Agni alias si Aryageni (mohon saran & masukannya

  • Jagoan Comic
    Message 1 of 13 , Jul 3, 2007
      apakabar Oom Toni ...
      dari awal2x komik2x JC (jagoan comics) udah berwarna semua jadi
      kepalang tanggung deh hehe ... keluar kira2x agustus/september ini ...
      dgn harga yg gak jauh beda sama komik2x sebelumnya ...

      thanks Oom ...

      salam,
      dhiar la

    • Jagoan Comic
      Message 2 of 13 , Jul 3, 2007
        halo Oom Danny,

        utk Agni/Aryageni ini artisnya Anto Garang (gambar, warna semua
        halaman dalam, termasuk sampul) ...

        btw makasih masukannya, kalau boleh tau itu komik Agni yg pernah ada
        di akhir 90an itu cerita tentang apa? superhero jg? kostum, ceritanya
        bgmn? ... selain Oom Danny ada rekan lain yg punya informasi yg sama?

        salam,
        dhiar la

      • Jagoan Comic
        Message 3 of 13 , Jul 3, 2007
          terimakasih masukannya Oom Akhmad Makhfat,
          yg jelas dari kostum udah beda dan cerita jg beda ... nah palingan
          soal nama nih ... kalau misalkan nama Agni sudah pernah ada yg buat
          (tentunya dgn karakter dan cerita yg berbeda) apakah memungkinkan
          muncul dgn nama yg sama? ...

          salam,
          dhiar la

        • akhmad makhfat
          Message 4 of 13 , Jul 3, 2007
            Tentu Mas Dhiar. Saya percaya 100 persen kalau
            Superhero baru Mas Dhiar unik. Jadi gak sabar nunggu
            bulan September. Harapan saya, jangan ada kata
            bersambung di halaman terakhir ya Mas... Insaallah
            saya akan membeli.

            A. Makhfat

          • Bajaj Driver
            Message 5 of 13 , Jul 4, 2007
              Ya bung Dhiar mengawali bisnis ini bareng saya ...
              Waktu itu kami memang tidak tahu menahu ttg komik ...
              Jadi semuanya pertama diusahakan cuma berdua ..
              Tapi semakin lama, partisipasi makin banyak.
              Semoga menjadi berhasil lebih bagus.

              Soal Agni,
              Ketika itu saya diberi ketikan naskah garis besar
              karakter ini.
              Kemudian Bung Dhiar minta agar saya mengembangkannya
              agar lebih logis dan sekaligus digarap storyboardnya.
              Walau saya sendiri tidak tahu namanya nanti siapa ....
              ... Saya tdk sempat mikir/udu nama waktu itu ...

              (Nama yang mungkin orisinal yg sempat saya ide adalah
              blacan .... )

              Barang kali ini kedua dari setelah Gunturgen 2 dan 3,
              saya menulis dan membuat storyboardnya saja. Mulai
              memasrahkan keahlian gambar kepada Ivan, Garang dan
              rekan-rekan yang lain. Bung Dhiar saja yagn aturlah
              heheheh ... Karena selain waktu saya sempit, deadline
              sempir juga keahlian gambar saya masih perlu dibenahi.

              Perihal manusia api, saya ketika itu membayangkan
              selogis mungkin tentang pemuda ramping ini yang
              menjadi aneh. Dipadu dengan ide-ide rekan-rekan,
              mudah-mudahan cerita ini makin menjadi bagus.
              Visualisasi adegan per panelnya pun efektif.

              ( Saya juga gembira, dengan kemauan keras Garang dalam
              membuat artwork yang sangat bagus. Jujur saya ngiler
              pingin bisa heheheh ....

              Gembira pula, akhirnya Bung Dhiar makin berani lari
              kencang dalam membangun suatu bentuk bisnis komik
              independen yagn sangat bagus. Saya berharap, makin
              banyak yang akan seperti ini. Seperti juga mas Ahmad
              Zeni ... dst. Insya Allah, saya sendiri merencanakan
              menerbitakan gibug sendiri, berhubung penerbitan seri2
              gibug kini banyak sekali menemui kendala non tehnis )

              Maka, saya kira masa depan karakter manusia api ini
              masih ada kesempatan utk lebih berkembang.

              Saya juga sekarnag mulia sibuk dengan kelogisan he he
              he ...
              Beberapa kritik, seperti tulisan bung Alva, membuat
              saya menjadi mulia belajar membuat cerita yang bagus
              ... walau sebenarnya saya tidak bakat menulis ... cuma
              suka berhayal ...
              (mas Alva, kata rinurbad akan nelpon saya ya? )

              Hingga saat ini saya masih repot mengurus cerita dan
              artwork Rindu Dendam seri 2 (blacan). Di seri ini, ada
              harapan cerita yagn lebih lain. Karena, hasil diskusi
              dnegan bung Dhiar, blacan ini akan difix-kan menjadi
              novel grafis super hero yg tidak selamanya hero.
              Banyak kepaitan hidup yang sejujurnya malah lebih
              mengganggu kegagahan superhero ini dari pada musuh.

              Tidak ada manusia yang lebih jagoan di dunia ini,
              adanya adalah keberanian menghadapi kenyataan hidup

              ;)
              Salam

              Wisnoe
              http://www.gibug.com

              http://searchmarketing.yahoo.com/
            • sis oyo
              Message 6 of 13 , Jul 4, 2007
                Masukannya boleh di sini saja ya Mas Dhiar...

                Sebelumnya, saya sudah baca Guntur Gen 2 dan juga
                Zantoro. Tanpa mengurangi hormat dan salut pada semua
                yang terlibat pada kedua komik tsb, saya dan teman-2
                berharap komik yang akan datang dari Jagoan Komik
                tidak lagi mengulang "cacat-cacat" kecil di komik yang
                sudah saya baca tadi. Ketika melihat sepintas kualitas
                ilustrasi, kami sudah yakin ini komik yang bagus (dari
                sisi ilustrasi setidaknya) Tapi begitu dibaca dan
                diamati. ada beberapa hal yang rasanya bisa lebih
                baik, antara lain:
                1. Adegan ketika jagoan guntur gen membantu petugas
                pemadam kebakaran memadamkan api dengan menggunakan
                rambu-rambu lalu lintas (tanda dilarang parkir kalau
                nggak salah)sebagai KIPAS untuk memadamkan api. Setahu
                saya sih, kayaknya api kebakaran akan semakin besar
                jika kena tiupan atau hempasan angin, seperti
                kebakaran di hutan, atau kipas yang dipakai emak saya
                di kampung untuk membarakan api di tungku. Kalau
                rambunya digebukkan ke apinya, nggak tau lagi... Tapi
                kalau dikipaskan, rasanya kok nggak masuk akal. Sudah
                gitu, ada adegan seorang petugas yang muji tindakan
                jagoan kita itu; "Cerdas....", katanya...
                Atau saya yang salah...
                2. Mas Wisnoe rasanya terlalu terbawa ke
                khayalan/fantasi cerita yang wah, sehingga jalan
                cerita terasa agak melompat-lompat, dan bukannya
                mengalir runut dengan enak. Jikalau pun dibuat
                penceritaan dengan gaya yang melompat, rasanya terlalu
                dipaksakan.
                3. Pada adegan pembuka komik Zantoro, dialog dua
                penjahat di gudang kok rasanya kebalik ya... Bukannya
                yang seharusnya tanya;" Kau punya korek?" adalah orang
                yg mau merokok, bukan orang yang memberikan api?
                4. Beberapa penempatan balon kata, seperti pada adegan
                tokoh cewek yang ngobrol di ruang kuliah, rasanya bisa
                dibuat lebih pas lagi agar nggak membingungkan urutan
                bacanya.
                5. Ada adegan ketika Zantoro menghantam kepala seorang
                bandit, efek blur (seperti benda yang bergerak cepat
                itu lho) berada di arah ke mana kepala itu terhempas,
                dan bukan di belakangnya. Menghantamnya dari sebelah
                kanan, logikanya terhempas ke kiri, tapi efek blurnya
                ada di sebelah kiri.
                6. Adegan ketika lawan Zantoro yg pake baju kayak
                robot, ketika helmnya terlempar pisau si Belati, sound
                efeknya, kalau kita ikut kebiasaan membaca teks komik
                dari sebelah kiri, mestinya WUSSS... dulu, baru JLEB!
                Di adegan ini, JLEB! dulu, baru WUSSS... Kalau bacanya
                kayak manga sih, ya gak masalah...

                Saya hanya orang awam yang suka baca komik,
                bersama-sama temen-2, hanya berharap komik kita
                bener-2 "layak" dikatakan nggak kalah dengan komik
                impor. Terus terang, sebelumnya, heran dan kecewa,
                kenapa komik generasi baru macam zantoro dan guntur
                gen kok nggak banyak yang "membahas dan meributkan"
                dalam arti positif. Mohon maaf, tak bermaksud
                menggurui atau nyacat (nyari cacat-nya aja).

                Never miss an email again!
                Yahoo! Toolbar alerts you the instant new Mail arrives.
                http://tools.search.yahoo.com/toolbar/features/mail/
              • sis oyo
                Message 7 of 13 , Jul 4, 2007
                  Setelah cukup lama nggak pernah ketemu "barang
                  berharga" di pasar loak, beberapa waktu lalu saya
                  dapet Suma-nya Teguh Santosa. Setelah baca, tahulah
                  saya bahwa cerita Suma ini pernah dibuat ulang oleh
                  Teguh dengan judul Dendam Nyi Rahdurga, dimuat
                  berwarna secara bersambung di Majalah Ananda th 80 an.
                  Yang tak banyak berubah dari Teguh sejak komik
                  pertamanya hingga terakhir adalah letteringnya, yang
                  terbaik (menurut saya) yang saya tahu di Indonesia...

                  Aries

                  The fish are biting.
                  Get more visitors on your site using Yahoo! Search Marketing.
                  http://searchmarketing.yahoo.com/arp/sponsoredsearch_v2.php
                • Bajaj Driver
                  Message 8 of 13 , Jul 5, 2007
                    --- sis oyo <arieswendha@...> wrote:

> [...]
                    > berharap komik yang akan datang dari Jagoan Komik
                    > tidak lagi mengulang "cacat-cacat" kecil di komik

                    Terutama komik guntur 1 dan blacan 1, yg rata2 60an
                    halaman,
                    saya garap dalam waktu efektif 2 bulan. Dari konsep,
                    sketsa sampai tinta, warna dan final utk cetak ...
                    pada blacan 1, bimbim membantu penintaan pun tidak
                    sampai 20 persen (ini pun karena kalau saya tdk sempat
                    meninta saja) ... serba kilat dan berani (walau jadi
                    ngawur heheheh ...)

                    so kalau sekarang sudah banyak team, ya mudah2an bakal
                    lebih akurat dari banyak segi. sok siapa atuh yg mau
                    ikut kerja sama :)

> [...]
                    > Sudah
                    > gitu, ada adegan seorang petugas yang muji tindakan
                    > jagoan kita itu; "Cerdas....", katanya...

                    iya mas, sya waktu itu cuma kepipikir begini nih ...
                    kalau kita meniup korek api pelan, sekilas api berubah
                    besar.
                    tapi kalau cepat, api langsung padam. api besar
                    relatif padam jika ada angin yang kecepatannya dan
                    kekuatannya melebihi masa api itu sendiri.

                    mengibaskan api pada lilin dengan tangan, akan mati.
                    tapi mengibaskan pada obor besar .... butuh benda yg
                    bisa membantu angin lebih kuat, bahkan kipas sate pun
                    tidak mampu.

                    begitu kira-kira mas ...

> [...]
                    > cerita terasa agak melompat-lompat, dan bukannya
                    > mengalir runut dengan enak. Jikalau pun dibuat
                    > penceritaan dengan gaya yang melompat, rasanya

                    mungkin ada benarnya.
                    tapi ini juga pernah dibeberkan mas alva pada blacan.
                    seperti potongan jigzaw malah ... dan pada blacan seri
                    2 nanti potongan2 yang lain nanti akan terkumpul.
                    disisi lain seperti tersedak, tapi saya berkeyakinan
                    bahwa ini gaya yang saya pilih ...

                    ya resikonya memang besar sih ...

> [...]
                    > gen kok nggak banyak yang "membahas dan meributkan"
                    > dalam arti positif. Mohon maaf, tak bermaksud
                    > menggurui atau nyacat (nyari cacat-nya aja).

                    ndak papa lah mas ...

                    ada kok mas sisi positifnya.
                    sisi negatif ... saya sendiri tidak tahu.
                    tapi kritik membangun sangat banyak.

                    mungkin pada awalnya begini, namun juga bukan tidak
                    mungkin
                    di kedepannya akan banyak keluar karya bagus.
                    cerita dan karakter masih bisa dikembangkan dalam
                    kesempatan
                    penceritaan yang lain ....

                    khususnya guntur gen, terlepas dari keterbatasan cara
                    menceritakan kisah karakter ini, di kedepannya akan
                    banyak kesempatan untuk menjadi lebih baik. ya siap
                    tahu di antara kalian nanti bisa menuturkan kembali
                    kisah karakter ini dengan gaya yang lebih optimal dari
                    segi sisi ...

                    namun dedikasi jagoan comic utk berkarya itu sudah
                    sangat bagus.
                    walau masih banyak bolong dari segi praktis dan
                    keilmuan ...

                    Wisnoe
                    http://www.gibug.com

                    Be a better Heartthrob. Get better relationship answers from someone who knows. Yahoo! Answers - Check it out.
                  • sandyjatmiko
                    Message 9 of 13 , Jul 8, 2007
                      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, akhmad makhfat <makhfat@...>
                      wrote:

> [...]
                      > bulan September. Harapan saya, jangan ada kata
                      > bersambung di halaman terakhir ya Mas... Insaallah

                      Wah..kalau komiknya mas Dhiar sih ditanggung pasti bagus, setidaknya
                      sudah memenuhi standar industri komik dan diatas rata-rata
                      kebanyakan komik Indonesia yg baru. Saya hanya pesan, tetap semangat
                      terus untuk bikin komik Indonesia yg bagus-bagus. Yuk kita isi
                      generasi ketiga ini dengan komik2 yg tidak kalah bagusnya dengan
                      komik2 dari generasi sebelumnya.

                      Salam,
                      Sandy