Re: Kisah Bhisma Dewabrata

  • karna
    Message 1 of 33 , Jun 30, 2007
      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "raras_talas"
      <raras_talas@...> wrote:

      > Memang ada juga karangan RA kosasih yang menceritakan versi Jawa
      > tetapi ia menjelaskan diawal cerita.
      > So sekali lagi saya berharap nantinya ada penegasan dikomik baru
      > mengenai Bhisma Dewabrata ini...memngingat juga bahwa cerita ini
      bukan sekedar epik tetapi juga berhubungan dgn suatu ajaran
      agama...jangan sampai ada salah presepsi pembaca..

      > salam
      ---------------

      terimakasih buat masukan dari kawan2 semua, rasa2nya lebih kurang saya
      bisa mendapatkan gambaran sejauh mana orang2 memahami karakter bhisma.
      Tentu saja peringatan bahwa epik mahabrata ini juga bagian dari
      keyakinan keimanan agama tertentu, akan menjadi perhatian saya. Tapi
      saya kira saya tidaklah sampai sejauh itu, karena dalam versi jawa,
      kisah mahabrata sudah bukan lagi menjadi keyakinan agama, tetapi
      bagian dari kepercayaan terhadap kebudayaan. Tapi kalau nanti terlalu
      ribet dikait2kan dgn unsur2 agamis tertentu, saya akan merubahnya
      menjadi cerita lain dan mengambil unsur falsafah, konflik dan
      patriotisme Bhisma. Itu kalau terpaksa, karena saya tau masih ada
      sebagian orang2 yg percaya akan kesakralan wayang sampai2 tidak boleh
      dituturkan sembarangan. Dan dipihak lain ada yg mengharamkan cerita2
      yg berdasarkan mitos-mitos.
      Dan saya tidak tertarik untuk memasukkan unsur agamis dalam cerita
      komik ini. Hinduisme adalah sebuah sistem kepercayaan, kisah mahabrata
      merupakan salah satu kepercayaan dalam hindu yg mengagungkan Khrisna
      atau Batara Wisnu. Inti ajaran wisnu ada pada Bagawad Gita, yg kalau
      tidak salah dgn baik sekali ditutur kembali oleh Amir Hamzah. Seperti
      yg amir hamzah lakukan, kita tidak perlu terjebak pada masalah
      keyakinan tertentu ketika menuturkan kisah yg berunsur sastra.
      Mahabarata dianggap kisah yg suci, tetapi bukanlah kitab suci, justru
      Bagawad Gita-lah yg dianggap sbg salah satu kitab suci disamping Weda
      bagi sistem Hindu.
    • N Lawalata
      Message 33 of 33 , Jul 4, 2007
        Administrator serta Rekan-Rekan, maaf jika terganggu.

        Seandainya ada rekan-rekan tahu dimana bisa dibeli beberapa edisi majalah BOBO dan Si Kuncung yang terbit sebelum tahun 1983 [syukur-syukur sebelum 1980] tolong di informasikan ke saya lewat imel. Saya berminat untuk membeli sekedar buat dokumentasi hidup.

        Terima kasih atas bantuannya.

        Salam.

        novem