Re: Salam Kenal semuanya

  • Andhie
    Message 1 of 15 , Apr 1, 2007
      Salam kenal - saya baru gabung group yang sangat potensial & menarik
      ini.

      Saya penasaran soal keperdulian pihak2 "kuat" seperti NGO dan
      perusahaan besar di Indonesia (+byk pihak lainnya), apa sudah di
      lobby
      buat program kerja (pilot project)??

      berapa besar biaya produksi komik secara umum? ijin-nya gimana?
      komik edukasi yg free apa sudah ada contohnya di Indo? (maaf byk
      nanya2 maklum masih "ndeso" dari pada sok tau)

      Terima kasih & mohon pencerahan rekan-rekan - Ibnu

      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "karna" <karnamustaqim@...>
      wrote:

> [...]
      > gerakan komik independen di indonesia.
      > Saya sendiri mencoba mengulas kenyataan itu secara singkat dalam
      > tulisan di sebuah jurnal komik internasional yg insya allah terbit
      > bulan mei mendatang. Jurnal komik ini sendiri bersifat independen
      tp
      > menyebar luas di seluruh dunia. Disana saya belajar ttg komik2 dari
      > afrika dan amerika utara. mudah2an apresiasi terhadap komik
      indonesia
      > di mata dunia semakin baik, meskipun komik2 itu diproduksi secara
      > independen, karena tokh itu merupakan sebuah bentuk budaya juga.
      Komik
      > di indonesia memang sedari dulu merupakan budaya pinggiran,
      sampailah
      > saat ini, dan tidak ada salahnya melakukan gerilya utk mendapatkan
      > pengakuan 'komik' dgn cara itu.
      >
      > One way or another, the show must go on. Amin.
      >
      > --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, Bernard Hestungkoro

      > demikian, tapi secara penjualan n finansial n penghargaan
      masyarakat
      > belum.

      > Kenalken, saya Puguh member baru,...pengen tau lebih banyak
      tentang

    • Puguh Rahardjo

        Message 3 of 15 , Apr 2, 2007
          untuk urusan NGO dan sejenisnya, barangkali mas Wahjoe mantan dari MKI
          bisa menolong lebih banyak. Silakan gabung ke milis MKI, dan coba
          hubungi mas Wahjoe, dari beliau mungkin akan lebih mudah mendapatkan
          informasi2 siapa saja dan dimana saja para pekerja komik utk NGO.

          untuk perusahaan besar di indonesia, secara sederhana: big company
          wanna big money, they don't play with small numbers. Di antara teman2
          aktivis komik siapa yg punya koneksi dgn perusahaan besar? dan
          kemudian apa jaminan dari kita untuk dapat meyakinkan bahwa bisnis
          komik sangat menguntungkan dalam jumlah dan waktu singkat? pendek kata
          dalam keadaan perekonomian spt sekarang ini di indonesia, dapatkah
          kita menjamin aktivitas komik kita dapat menghasilkan duit dalam waktu
          singkat, misalnya 500juta pertahun? (misalnya aja loh)
          tidak ada jaminan bahwa kegiatan ngomik menghasilkan duit dalam jumlah
          besar. Penjualan komik terjemahan lebih mudah dan aman bagi para
          pemodal. makin kaya dan makin besar perusahaan itu maka semakin tipis
          idealisnya, karena itu kegiatan komik masih sulit mendapatkan dukungan
          modal yg kuat dan terus-menerus.

          --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Andhie" <andi@...> wrote:

> [...]
          > komik edukasi yg free apa sudah ada contohnya di Indo? (maaf byk
          > nanya2 maklum masih "ndeso" dari pada sok tau)
        • Andhika, Ibnu
          Message 4 of 15 , Apr 3, 2007
            Mas Karna & rekan milist lainnya,

            Sedikit menanggapi;

            Point 1 . di tunggu tanggapan mas Wahjoe dan rekan2 lainnya

            Point 2. kalo konteknya minta mereka publish cergam/komik untuk ”profit
            centre” mereka ??? agak ngak masuk akal, uang recehan buat mereka? Mungkin
            aja bener.

            Tapi kalo kontek-nya menggunakan komik dan kartun sebagai media komunikasi
            visual akan lain ceritanya, apalagi kalo pangsa pasar mereka anak2, tapi
            tidak tertutup kemungkinan ke segment2 yang “tabu” saat ini – siapa bilang
            buku pelajaran mahasiswa haram pakai media ini.

            Hayo siapa yang berani mulai bkin trobosan (point 2) – saya janji ikut
            bantu.

            Ibnu

            _____

            --- In komik_indonesia@ <mailto:komik_indonesia%40yahoogroups.com>