Re[2]: Hal: [komik_indonesia] Pamudji MS

  • Danny Njoman
    Message 1 of 1 , Feb 24, 2007
      Bagi saya, coretan paling matang Pamudji ada di judul

      Kumbara (mengacu dari judul yang pernah saya baca).

      Kematangan anatomi, detail, style, nuansa jawanya,

      sudah "jauh" dari Teguh. Lebih matang, mungkin. Tapi

      dinilai dari nilai komik secara keseluruhan, menurut

      saya pribadi, kayaknya masih di bawah Teguh.

      Detail gambar background, rumput, daun, atap rumah,

      mengingatkan saya pada detail komik-komik Jepang

      sekarang. Mungkin karena beliau masih ada keturunan

      Jepang, seperti kata seorang rekan...

      Sayang sekali saya baru melihat Badai Laut Selatan (BLS) sedangkan Kumbara belum. Kesan yang diperoleh memang gambar di BLS sangat detil. Beliau sangat rajin menggunakan arsir dan blocking sehingga kesannya seperti vignette (CMIIW). Namun kadang2 arsir2 tersebut terasa berlebihan dan tidak sesuai dengan kaidah pencahayaan.

      Masih tampak pengaruh Teguh dalam komik ini. Seperti pengambilan angle, pencahayaan dll. Malah pada beberapa gambar terkesan mirip sekali dengan gambar2 pada komik2 silat Teguh akhir 60an/awal 70an seperti Dendam Membara (CMIIW), Paku Wadja ...(saya lupa judulnya)

      Dan yang paling kurang rasanya dari segi anatomi baik wajah maupun tubuh manusia. Kadang2 pada beberapa panel tergambar wajah dengan baik sekali tetapi pada panel lain kurang. Malah pada banyak gambar mata manusia cukup digambarkan dengan satu garis hitam atau dua garis. Mungkin saja pada Kumbara beliau sudah mencapai kematangannya.

      Judul komik Djoni Andrean yang mirip karya Pamudji,

      yang saya tahu, adalah Praba. 10 jilid, kalau nggak

      salah. Arsirannya... Bukan main! Dari jilid awal

      sampai akhir bikin saya terkagum-kagum. Tapi seperti

      komik Djoni yang lain, Praba ini jeblok di cerita dan

      juga story tellingnya. Menurut saya, lho...

      Di sini juga kelihatan pengaruh Teguh.

      Komik Djoni paling sempurna (di selera saya) ada pada

      komik roman. Saya punya beberapa, tapi lupa judulnya..

      Cerita tak begitu parah, dan gambarnya.... Wao!

      Memang pada saat itu Djoni Andrean masih rajin sekali menggunakan arsir. Walaupun dari segi anatomi belum sematang saat membuat Lamaut tetapi arsiran dan blockingnya sungguh bagus.

      Salam,

      Danny Njoman

      .