Dicari...............

  • Abrar Weroile Thamrin
    Message 1 of 29 , Dec 1, 2004
      Dicari........
      komik2 lokal jaman dulu (Ganes Th, Tatang S), kondisi masih bagus, domisili bandung-bogor
      buat koleksi pribadi

      bolongjilu <bolongjilu@...> wrote:

      om erwin,

      gimana remasteringnya?
      judul apa lagi yang menyusul?
      Kapan nih ke tokonya andi lagi......

      :P

      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, erwin arya <erwinprima@y...>

      The all-new My Yahoo! � Get yours free!

    • erwin arya
      Message 2 of 29 , Dec 1, 2004
        Hallo Ron,
        banjir darah di pantai sanur udah selesai, tadi sore meeting ama Ginardi, mengenai rencana cetak ulang serial si buta (semuanya), insyaallah jadi beneran...
        sekarang aku lagi ngerjain sibuta seri pertama, udah jadi 48 hal (3/4 jilid).

        gitu oom...

        wrote:
> [...]
        > " Minah " karya Jat Jogapranata, kalau nggak salah 12 jilid.

        > Kalau ada yang punya, kenalan dooongngng....

      • Danny Njoman
        Message 3 of 29 , Dec 1, 2004
          Saya punya beberapa komik Ganes Th yang mau dilepas
          diantaranya Api di
          Langit Kulon. Cuma judul2 lain sudah ada yang mau
          lihat2 dulu. Nanti
          saya kabari lagi.

          Salam,
          Danny

          Terms of Service.

          http://promotions.yahoo.com/new_mail
        • david siahaan
          Message 4 of 29 , Dec 2, 2004
            Wah...ini baru namanya breaking news...salut atas usahanya...so, kapan rencana penerbitannya??? en, kalo buku2 Jan Mintaraga kira2 ada yang sedang remasterin lagi gak yah?

            wrote:
> [...]
            > " Minah " karya Jat Jogapranata, kalau nggak salah 12 jilid.

            > Kalau ada yang punya, kenalan dooongngng....

          • erwin arya
            Message 5 of 29 , Dec 2, 2004
              hallo david,
              tenkiu atas responnya... rencana terbit, nyusul kali ya, yg penting selesai dulu kerjaannya.. karena rencananya mau dicetak sekaligus : sibuta seri 1, mistery di borobudur dan banjirdarah di pantai sanur...mudah2an aja nggak ada halangan yang berarti...
              berikut aku attach contoh2 hasil "remastering" banjirdarah di pantai sanur...

              erwin.

              wrote:
> [...]
              > " Minah " karya Jat Jogapranata, kalau nggak salah 12 jilid.

              > Kalau ada yang punya, kenalan dooongngng....

            • Agung Prabowo
              Message 6 of 29 , Dec 2, 2004
                Barusan liat preview-nya hasil remastering... baru sadar... ternyata
                bagus juga ya gambar2 komik Si Buta karya Ganes TH (maklum, waktu
                jaya2nya si Buta, saya belum lahir; jadi blum pernah baca).

                Ehm... misalnya komik Indonesia ga pernah kolaps & terus berkembang,
                mungkin sekarang gambar karya komikus2 kita sudah gila2an ya bagusnya :)

                Agung

                ________________________________

                Message 7 of 29 , Dec 2, 2004
                  salut!!! buat mas erwin.
                  atas usaha remastering komik Ganes th. yang tentunya
                  membutuhkan ketekunan luar biasa.
                  kalauboleh tahu berapa lama untuk menyelesaikan 1
                  jilid?

> [...]

                  > sanur...mudah2an aja nggak ada halangan yang
                  > berarti...
                  > berikut aku attach contoh2 hasil "remastering"

                  The all-new My Yahoo! - What will yours do?
                  http://my.yahoo.com
                • erwin arya
                  Message 8 of 29 , Dec 2, 2004
                    lumayan cepet mas.. itu banjir darah yang 4 jilid, aku kerjain cuman 2 minggu, tapi ngerjainnya siang malem nonstop, even mudik lebaran di lampungpun aku kerjain juga (saking excitednya)..he he he..

                    Bambang sugeng <bs_manual@...> wrote:
> [...]

                    > sanur...mudah2an aja nggak ada halangan yang
                    > berarti...
                    > berikut aku attach contoh2 hasil "remastering"

                    Yahoo! Mail - Find what you need with new enhanced search. Learn more.

                  • sat
                    Message 9 of 29 , Dec 2, 2004
                      hebat! ibarat seorang ahli restorasi yang memulihkan lukisan-lukisan
                      lama....... inipun bisa dikategorikan seorang seniman juga.

                      andre

                      On Thu, 2 Dec 2004 21:16:50 -0800 (PST), erwin arya
                      <erwinprima@...> wrote:

> [...]
                      > jilid?

                      > Yahoo! Mail - Find what you need with new enhanced search. Learn more.

                    • bolongjilu
                      Message 10 of 29 , Dec 2, 2004
                        Bos Erwin,

                        Kalo udah punya masteringnya B/W, kapan nih berbaik hati bikinin gw
                        desktop wallpaper buat gw dari seri si buta? hehehehehe

                        Take care brother.....

                        wrote:
> [...]
                        insyaallah jadi beneran...
                        > sekarang aku lagi ngerjain sibuta seri pertama, udah jadi 48 hal

                        Service.

                        Message 11 of 29 , Dec 2, 2004
                          sat <satoodjin@g...> wrote:
                          > hebat! ibarat seorang ahli restorasi yang memulihkan lukisan-lukisan
                          > lama....... inipun bisa dikategorikan seorang seniman juga.

                          saya tidak tahu apakah yg dimaksud remastering Si Buta juga termasuk
                          membersihkan berbagai macam flek/ kotoran, atau sebatas scan lembaran
                          komik dan mempertegas brightness nya. Kalo yg terakhir mungkin bisa
                          cepat. Tapi kalo yg pertama, wah.... itu lama, capek dan repot.

                          Saya pernah merasakan 'remastering' sebuah komik antik. Capek nya
                          ngga ketulungan. Langkah pertama adalah scanning lembar per lembar,
                          kemudian mempertegas brightness nya agar terang. Setelah ini barulah
                          terlihat jelas warna hitam dan putih, termasuk berbagai flek,
                          kotoran, noda, dll. Lalu saya melakukan apa yg disebut 'pembersihan'.
                          Semua flek dibuang/ dihapus. Tepatnya sih flek putih diganti hitam,
                          flek hitam diganti putih. Tujuannya agar tidak nampak adanya kotoran
                          pada setiap panel, alias mulus bersih.

                          Setelah itu, barulah hati saya puas karena hasilnya sangat bagus.
                          Mungkin tidak 100% sempurna, tapi sudah jauuuhhhh lebih baik
                          dibanding komik aslinya yg sudah buram, penuh cacat noda (krn proses
                          pencetakan), dll. Habis itu baru deh di print dan dijilid menjadi
                          komik beneran selayaknya komik asli. Cover asli di-scan dan print.
                          Bawa ke tukang jilid, dan voila! Jadilah komik baru =)

                          Mudah2an sih 'remastering' komik si Buta itu bisa membersihkan
                          berbagai noda yg ada. Sayang rasanya kalo proses remastering nya
                          tanggung.

                          keep the good work!

                          suryo
                        • erwin arya
                          Message 12 of 29 , Dec 3, 2004
                            termasuk ngebersihin flek/kotoran2 mas, pokoknya hasilnya lebih indah dari aslinya.. hehehe.. nanti malem aku kirimin contoh perbandingannya (yg lama dan baru), sekarang aku masih di luar..(kantor orang..)

                            thanks
                            erwin.

                            suryo_anglagard <surjorimba@...> wrote:

                            sat <satoodjin@g...> wrote:
> [...]

                            Mudah2an sih 'remastering' komik si Buta itu bisa membersihkan
                            berbagai noda yg ada. Sayang rasanya kalo proses remastering nya

                            All your favorites on one personal page � Try My Yahoo!
                          • Junan Lestari
                            Message 13 of 29 , Dec 3, 2004
                              Mas Erwin...

                              Salut n thanks banget atas kerja n usahanya... semoga lancar... sukses sll n bisa segera terbit...

                              Salam,
                              Yunan
                              aku udah bilang sama Ginardi (anaknya Ganes TH-dia yang mau nerbitin ulang, krn copyrightnya dia yg pegang ) sama dg mas Danny..emang rencananya mau dibikin gedean dikit dari aslinya.. karena hasil print-an aku ,nggak pecah kok kalo digedein dikit..

                              berikut aku attach beberapa contoh detil hasil "remastering" yg aku  udah kerjakan, bisa dilihat disitu aku  melakukan "pembersihan" dari dekil2 teknis cetakan lama yang nggak terlalu bagus..
                              tenkiu
                              erwin.

                            • Bambang sugeng
                              Message 14 of 29 , Dec 3, 2004

                                > aku kerjain cuman 2
                                > mudik lebaran di
                                > excitednya)..he he he..

                                wah!

                                hati-hati mas Erwin, ada orang yang begitu asyik
                                menyenangi pekerjaannya sampai lupa waktu, lupa makan,
                                lupa tidur. ini sangat tidak bagus buat kesehatannya,
                                mudah-mudahan mas erwin bisa jaga kondisi.

                                gudlak!!!

                              • erwin arya

                                    Message 17 of 29 , Dec 5, 2004
                                      Dear All,

                                      Saya sudah lihat hasil retouch si Buta "Banjir Darah di Pantai Sanur" semuanya dari mas Erwin.
                                      Hasilnya bagus dan jauh lebih baik dari master komiknya si Buta yang discan oleh mas Erwin.

                                      Sebagai pengemar komik Indonesia, saya menginginkan hasil yang jauh lebih baik lagi. Saya melihat kemampuan mas Erwin dalam menusir (retouching) secara manual karena pernah mengintip panel-panel komik ciptaannya yang hitam putih.
                                      Dengan me-retouch 3 kali yakni,
                                      1. Membersihkan dari debu, tinta meleber, & warna kertas komik.
                                      2. Lalu diprint ke kertas gambar ukuran A4 (minimal) untuk ditusir secara manual dengan rapido/tinta hitam (cina atau india) plus cat poster putih karena banyak arsiran/goresan-goresan tipis tebal yang lebih indah dengan arsiran manual dibandingkan dengan computer.
                                      3. Setelah itu diperbaiki sekali lagi dengan computer termasuk lettering kalau mau pakai EYD (misalnya untuk remaja sekarang).

                                      Memang meretouch secara manual di kertas A4 memakan waktu, tapi sebanding dengan hasilnya.
                                      Karena master asli si Buta dari Gua Hantu adalah rata-rata ukuran A3. Ini agar didapat hasil yang tajam saat diperkecil.

                                      NB: Kami melakukan 3 proses di atas untuk retouching Gundala Putera Petir.

                                      Regards,
                                      aNWi

                                      Message 18 of 29 , Dec 5, 2004
                                        Saya rasa yang paling ditunggu-tunggu para penggemar disini adalah, kapan kira 2penerbitan ulang si buta dari gua hantu tersebut dapat dilaksanakan?

                                        Above of all, two thumbs up untuk usahanya! Bravo mas erwin!

                                        Andy Wijaya <andy@...> wrote:
[...]

                                        Yahoo! Mail - 250MB free storage. Do more. Manage less.

                                      • Agung Prabowo
                                        Message 19 of 29 , Dec 17, 2004
                                          kalo saya mah lebih sreg pake tulisan komputer, tapi dengan jenis font
                                          model tulisan tangan. ya, kayak komik2nya Elex lah...

                                          soalnya kalo murni tulisan tangan, kalo kebetulan yg nulis tulisannya
                                          jelek, kan jadi males juga bacanya?

                                          komikus yang tulisan tangannya bagus menurut saya Teguh Santosa, rapi.

                                          agung