Loading ...
Sorry, an error occurred while loading the content.
 

Re: Hak cipta komik

Expand Messages
  • peterzeet
    novel JANOS, The Legend Of Arctic Empire,... Hihi, g uda baca G suka khayalannya tentang dunia yang damai, dan boleh dibilang sempurna, dunia yang sangat kita
    Message 1 of 22 , Oct 5, 2006
      novel JANOS, The Legend Of Arctic Empire,...
      Hihi, g uda baca
      G suka khayalannya tentang dunia yang damai, dan boleh dibilang
      sempurna, dunia yang sangat kita idam-idamkan.
      Buat yang suka baca Harry Potter, Lord Of The Rings, novel yang
      ngayal-ngayal gitu, coba baca ini deh.
      Menurut g ga kalah loh...

      Peterzeet

      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "nic_zeeta" <nic_zeeta@...>
      wrote:
      >
      > Eh... ada bisa buat komik dari novel ga ya? Ketemu novel yang bener-
      > bener bagus nih, JANOS, The Legend Of Arctic Empire.
      > Beberapa hari yang lalu beli di Gramed.
      > Kalo ada yang bisa buat jadi komik, atau difilmkan gitu?
      >
      > Ceritanya, tentang Kekaisaran Arctic 200,000 tahun yang lalu.
      > Peradabannya maju banget, teknologinya juga.
      > Ada alat transportasi canggih, Fantasy Express.
      > Ada stadion dance raksasa, Dance With Me Stadion.
      > Game-gamenya pun, khayalan dari banyak orang, bisa terbang, jadi
      > peri, jadi putri, semua 3D.
      > Ada websitenya lagi, www.janos-arctic.com
      >
      > Ada bisa buat komiknya ga ya? Please.
      > Menurut g, bener-bener bagus loh.
      > Menurut temen-temen gimana?
      >
      > Thanks
      >
      > Nic
      >
      > --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "erry_sud3wo"
      > <erry_sud3wo@> wrote:
      > >
      > > aloo...
      > >
      > > sy member baru niy. walopun udah lumayan sering nyamperin toko
      yang
      > di
      > > itc kuningan - ambasador buat nyari gundala.
      > >
      > > btw butuh sumbang saran niy, komik indonesia kan dah mulai banyak
      > yg
      > > terbit lagi (either reprint ato edisi baru), biasanya aspek hukum
      > bisa
      > > menjadi salah satu penopang stabilnya bisnis, nah mungkin rekan -
      > > rekan ada yang punya saran khususnya mengenai perlindungan hak
      > cipta
      > > bagi komikus - komikus kita, ato mungkin pernah gak sih dulu ada
      > kasus
      > > hak cipta mengenai komik indonesia ?
      > >
      > > regards,
      > >
      > > Erry
      > >
      >
    • Eddie Sindunata
      Mas Parmin, Menurut saya, komik fotocopy-an tidak akan menghambat majunya industri komik Indonesia, karena spt yg dibilang Mas Hartono yg difotocopy itu hanya
      Message 2 of 22 , Oct 5, 2006
        Mas Parmin,

        Menurut saya, komik fotocopy-an tidak akan menghambat majunya industri komik
        Indonesia, karena spt yg dibilang Mas Hartono yg difotocopy itu hanya komik
        jadul, jumlahnya paling banter juga cuma puluhan eks per judul, jumlah yg
        nggak memungkinkan utk dicetak/diterbitkan.

        Kemajuan industri komik Indonesia jelas tidak semata2 tergantung pada komik
        jadul, melainkan juga pada komik masa kini.
        Lagipula kalo Mas Parmin mengamati dengan teliti, sudah banyak kok komik2
        Indonesia yg baru.

        Satu hal lagi yg penting, kemajuan komik Indonesia juga tergantung pada
        action para pelakunya, bukan hanya sekedar analisa.
        Action ini tentunya sesuai dgn proporsinya masing2.
        Misal sbg komikus, ya dgn membuat komik2 baru, kalo hanya sbg pembaca,
        action-nya ya berupa membeli komik2 terbitan baru.
        Kalo sbg pengamat, ya memberikan analisa2 tp sekaligus menawarkan solusi,
        jgn hanya kritikan saja.

        Bagaimanapun juga dlm era kapitalis spt skrg ini, pertumbuhan suatu industri
        ujung2nya akan diukur dgn seberapa banyak uang yg dihasilkan oleh industri
        ybs.

        Salam,
        Eddie



        ----- Original Message -----
        From: "parmin68" <parmin68@...>
        To: <komik_indonesia@yahoogroups.com>
        Sent: Wednesday, October 04, 2006 12:18 PM
        Subject: [komik_indonesia] Re: Hak cipta komik


        > Iya mas Eddie, saya setuju kalo masalah fotokopian udah sering
        > dibahas. Saya malah ngikutin soal huru haranya, tapi saya setuju kalo
        > merajalelanya komik foto kopian bisa berakibat tidak akan pernah
        > majunya industri komik indonesia dan tidak akan pernah jadi raja di
        > negeri sendiri
        >
        >
        >
        > --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Eddie Sindunata"
        > <eddie_sindu@...> wrote:
        >>
        >> Om Erry,
        >>
        >> Ini mah udh sering dibahas di milis, terutama mengenai komik
        > fotocopy-an.
        >> Pembahasan hal ini bahkan sampe menimbulkan huru-hara di milis.
        >>
        >> Pokoknya jgn khawatir deh, hak cipta & royalti komikus dijamin aman!
        >> Semuanya udh diatur dgn baik & dijamin tak ada pihak yg dirugikan.
        >>
        >> Salam,
        >> Eddie
        >>
        >>
        >> ----- Original Message -----
        >> From: "erry_sud3wo" <erry_sud3wo@...>
        >> To: <komik_indonesia@yahoogroups.com>
        >> Sent: Thursday, September 28, 2006 10:50 AM
        >> Subject: [komik_indonesia] Hak cipta komik
        >>
        >>
        >> > aloo...
        >> >
        >> > sy member baru niy. walopun udah lumayan sering nyamperin toko
        > yang di
        >> > itc kuningan - ambasador buat nyari gundala.
        >> >
        >> > btw butuh sumbang saran niy, komik indonesia kan dah mulai banyak
        > yg
        >> > terbit lagi (either reprint ato edisi baru), biasanya aspek hukum
        > bisa
        >> > menjadi salah satu penopang stabilnya bisnis, nah mungkin rekan -
        >> > rekan ada yang punya saran khususnya mengenai perlindungan hak
        > cipta
        >> > bagi komikus - komikus kita, ato mungkin pernah gak sih dulu ada
        > kasus
        >> > hak cipta mengenai komik indonesia ?
        >> >
        >> > regards,
        >> >
        >> > Erry
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> > Yahoo! Groups Links
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >> >
        >>
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        > Yahoo! Groups Links
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
        >
      • Wijaya Sukma
        Gw udah lama monitor nih milis, meskipun ngak pernah mau ikut campur tapi karna ada seorang pahlawan kesiangan yang ngungkit2 lagi soal hak cipta, komik foto
        Message 3 of 22 , Oct 5, 2006
          Gw udah lama monitor nih milis, meskipun ngak pernah mau ikut campur tapi karna ada seorang pahlawan kesiangan yang ngungkit2 lagi soal hak cipta, komik foto kopian dan lain sebagainya gw jadi kesel !

          Tu orang yg pade mau belain komikus2, coba udah ngapain aja ? Uda sumbangin apa ke dunia komik Indonesia ? Kalo cuma ngomong atau Ngebacot (Biar dikira peduli) di milis ini buat apa?

          Kalo ngak senang tuh komik difoto kopi, LOE PADA TERBITIN DONG !
          Gw kenal beberapa temen yg udah coba2 nerbitin komik, meskipun keuntungan ngak jelas dan kata mereka RUGI JUGA KAGAK APA2, YANG PENTING KOMIK2 ITU UDA DITERBITIN LAGI ! Nah orang2 kayak gini baru gw acungin nih 4 jempol gua !
          Gw aja yg punya duit kagak mau ambil resiko kayak gitu ! Kalo ngak untung gw kagak mau !
          Nah loe yg pade ribut, jangan cuma cuap2 aja !

          Lagipula cuma sedikit komikus yg peduli sama karyanya ! Mau bukti ? ARSIP AJA MEREKA NGAK PUNYA ! Yg gua tau komikus2 itu bisa baca karya2 mereka lagi justru baru belakangan ini lagi setelah ada Toko Komik Indonesia yang dikelola oleh seorang pahlawan (Ini baru asli !) komik bernama Andi !

          Gw udah belanja komik foto kopian ama tuh orang sampe jutaan perak. Gw juga kagak mau foto kopian tapi yg asli udah kagak ada dan kalo ada harganya mahal !

          Sekali lagi kalo loe orang pada kagak mau terbitin tuh komik2 jadul, jangan pade ngebacot deh kayak ngak pernah belanja barang bajakan aja !
          Apalagi ada sesorang yg nulis katanya ngak suka komik kita dijajah ama komik luar, emangnya tuh orang uda kasih sumbanagn apa?

          Kalo gw mah cinta komik Indonesia ! Gw ngak peduli tuh masalah hak cipta, royalti, moral dan lain sebagainya. SOALNYA UDA ADA YG NGURUSIN !
          Sumbangan gw cuma BELI ! BELI ! BELI ! BELI ! BELI ! BELI ! Loe orang yang pada ngebacot BELI KAGAKKKKKKK !!!!!!!!

          Wijaya Sukma si Penikmat Komik Foto Kopian (Mau apa loe pada hah !)



          ---------------------------------
          How low will we go? Check out Yahoo! MessengerÂ’s low PC-to-Phone call rates.

          [Non-text portions of this message have been removed]
        • komunitas NP
          salam, komik indonesia jadul emang langka, walaupun dapat kondisinya kadang gak bagus. soal fotokopi atau bukan fotokopi itu nantinya pembaca komik sendiri
          Message 4 of 22 , Oct 5, 2006
            salam,
            komik indonesia jadul emang langka, walaupun dapat kondisinya kadang gak bagus. soal fotokopi atau bukan fotokopi itu nantinya pembaca komik sendiri yang menentukan, karena memang kepuasannya lain. tapi bagi saya sepanjang ada orang yang happy dengan komik fotokopian (berhubung sulitnya cari komik aslinya) kenapa harus diributin. gak ada kok yang merasa berdosa dengan membaca komik fotokopian. penjualnya juga gak akan langsung jadi kaya karena jual fotokopian. jangan sok jadi superhero karena anti komik fotokopian. yang ada mari bangun kesadaran bersama untuk bikin maju jagad komik nasional. jangan sampai komik luar merajalela karena harga lebih murah dengan kualitas yang sebenarnya jauh dengan karya2 komikus dalam negeri. bangga dong jadi bangsa yang maju bukan karena suka meributkan hal2 kecil yang gak berguna.

            Terima kasih


            Dodit/Komunitas NP



            ---------------------------------
            Yahoo! Messenger with Voice. Make PC-to-Phone Calls to the US (and 30+ countries) for 2¢/min or less.

            [Non-text portions of this message have been removed]
          • erry_sud3wo
            wah jadi seru nih, gini, concern awal saya adalah mengenai penerapan HAKI pada komik indonesia kenapa : 1. Memang dalam hal fotokopian komik klasik, pihak ahli
            Message 5 of 22 , Oct 5, 2006
              wah jadi seru nih,

              gini, concern awal saya adalah mengenai penerapan HAKI pada komik
              indonesia kenapa :
              1. Memang dalam hal fotokopian komik klasik, pihak ahli waris
              menerima apa yang menjadi hak-nya atas komik yang telah difotokopi
              dalam hal kesepakatan antara Toko di ITC Kuningan dengan komikus
              atau ahli warisnya. Namun bagaimana perlindungan hukum sebenarnya
              bagi komikus atau ahi waris terhadap karya komiknya, karena tidak
              ada yang bisa menjamin bahwa komik fotokopian tersebut tidak
              difotokopi lagi kan? sehingga apabila ada komik yang difotokopi
              diluar toko di ITC Kuningan maka hak para komikus atau ahli waris
              menjadi terabaikan.

              2. Komik Indonesia mulai banyak lagi yang terbit, kemarin saya liat
              Gunturgen terbitan Jagoan Komik (atau Komik Jagoan ... mohon maaf
              apabila salah sebut). Bagaimana cara mengembangkan industri komik
              Indonesia sehingga komik buatan komikus indonesia gampang ditemui di
              toko buku atau outlet2 majalah/koran, dari sudut pandang saya
              melalui perlindungan hukum terhadap karya tersebut, sehingga hak
              ekonomi para komikus tidak terabaikan.

              3. Ada yang unik dari komik indonesia terutama genre jagoan,
              contohnya Gundala serial Bernafas dalam Lumpur (eh bener kan yah
              judulnya, itu lho seri sebelum Gundala Cuci Nama) disitu muncul
              tokoh jagoan lain selain Gundala, ada godam, kawa hijau, laba - laba
              merah dan lain - lainnya yang masing - masing merupakan jagan karya
              komikus yang berbeda. Nah apakah dimasa lalu hal ini menjadi problem
              hak cipta ? atau merupakan sesuatu hal yang lumrah ? karena tokoh
              jagoan biasanya mempunyai image tertentu dan ketika dilibatkan dalam
              karya yang dibuat oleh komikus lain apakah image-nya masih sesuai
              atau ada pergeseran ? nah hal ini yang perlu dicermati lebih lanjut
              untuk pengembangan komik Indonesia selanjutnya.


              4. Pasar komik indonesia saat ini memang belum terpetakan dengan
              jelas,sebagian mungkin karena stagnasi penerbitan komik dan
              melubernya komik luar negeri mengisi kekosongan tersebut. Tapi
              semestinya menjadi concern bersama antara penerbit, komikus dan
              temen2 yang jago marketing untuk menemukan strategi bersama yang
              saling menguntungkan.

              Saya jadi tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai sejauh mana
              perlindungan hukum atas komik karya para komikus kita, terutama dari
              genre 80-an, tapi tidak menutup kemungkinan penelitian bisa
              dikembangkan lebih lanjut untuk komik - komik baru. Tentunya saya
              akan butuh banyak bantuan dari temen2 dalam hal diskusi dan masukan -
              masukan.

              salam,

              Erry

              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "parmin68" <parmin68@...>
              wrote:
              >
              > kalo masalah royalti dan hak cipta cergam jadul kemudian
              dihubungkan
              > dengan bisnis fotokopian cergam jadul itu hanyalah persoalan
              komersil
              > saja. win-win solution and mutual benefit antara si komikus/ahli
              > waris dengan penjual foto kopian. Pembelinya happy, penjualnya
              happy,
              > and komikus/ahli warisnya juga happy.
              >
              > cuman, kalo masalah idealisme tentu lain lagi. apakah para komikus
              > itu tidak punya rasa idealisme? apakah komikus lokal rela melihat
              > negerinya dibanjiri oleh komik-komik impor dr jepang, hongkong,
              > korea, dll. ?
              >
              > Sungguh sayang pasar lokal yg besar tidak dibanjiri oleh komik
              cergam
              > milik sendiri yg cukup representatif, malahan sibuk mempertahankan
              > foto kopian untuk memenuhi demand romantika masa lalu akan cergam
              > jadul, padahal sebenarnya cergam jadul itu sendiri punya pasar
              yang
              > cukup besar...
              >
              > parmin
              > yang mau merdeka
              >
              > --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, hartono soenarto
              > <hartono_soenarto@> wrote:
              > >
              > > Jangan kawatir, yang difoto kopi juga bukan cergam2 sekarang
              tapi
              > cergam2 jadul yang kemungkinan "kecil" akan diterbitkan kembali.
              Jadi
              > tidak akan menghambat majunya industri cergam.
              > > Kalau cergam jadul yang akan diterbitkan dalam waktu dekat
              juga
              > sudah tidak akan difoto kopi lagi (Kita lagi membicarakan Toko
              Komik
              > & Tjersil di ITC Kuningan khan?)
              > >
              > > Cergam2 tersebut difoto kopi dengan sangat bertanggung jawab
              > karena sudah disiapkan royalti ke pengarangnya (Tidak tahu kalau
              > ditempat lain......)
              > >
              > > Cergam2 tersebut kalau ngak difoto kopi musti bagaimana lagi
              > kalau ada yg ingin baca. Khan ngak mungkin dipinjamkan "aslinya",
              > karena cergam2 jadul kebanyakan sudah menjadi "barang antik" yang
              > dikoleksi.....
              > > Untuk beli cergam2 jadul itu bukan perkara mudah, punya uang
              > belum tentu ada barang, dan kalau bukan seorang kolektor mana mau
              > membeli dengan harga mahal........jadi jalan keluarnya yah foto
              kopi
              > lah....
              > >
              > > Juga tidak akan merajalela kemana-mana karena yang mengelola
              toko
              > tersebut tidak memperbanyak dengan sembarangan dan menyebarkannya
              > kemana-mana.....penjualannya juga cuma di toko itu saja.......
              (Kalau
              > yg beli memperbanyak lagi dan menyebarkan kemana-mana khan bukan
              > kesalahan dari pengelola toko dong....)
              > >
              > > .....dan ingat, penerbit mana pada saat ini yang mau melakukan
              > investasi untuk menerbitkan kembali cergam2 jadul yang ribuan
              > (Mungkin puluhan ribu...) judul itu...
              > >
              > > Sudah ada beberapa cergam jadul yang dicetak cuma 1.000 eks
              saja
              > jualnya 1/2 mati...............bukan masalah distribusi......tapi
              > masalah peminatnya yang kurang..........
              > >
              > > ......jadi kalau ada yang menyediakan foto
              > kopiannya.....berterima kasihlah.......toh kita bukan pembajak yg
              > ingin memperbanyak kemudian menjualnya kembali.....kita penikmat
              > kok.......menikmati cergam dengan cara kita khan tidak melanggar
              Hak
              > Cipta Cergam (Cergam = Sebutan untuk komik Indonesia)........
              > >
              > > Salam,
              > > Hartono Soenarto / http://www.komikhitam.com
              > >
              > >
              > >
              > >
              > >
              > > parmin68 <parmin68@> wrote:
              > > Iya mas Eddie, saya setuju kalo masalah fotokopian
              udah
              > sering
              > > dibahas. Saya malah ngikutin soal huru haranya, tapi saya setuju
              > kalo
              > > merajalelanya komik foto kopian bisa berakibat tidak akan pernah
              > > majunya industri komik indonesia dan tidak akan pernah jadi raja
              di
              > > negeri sendiri
              > >
              > > --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Eddie Sindunata"
              > > <eddie_sindu@> wrote:
              > > >
              > > > Om Erry,
              > > >
              > > > Ini mah udh sering dibahas di milis, terutama mengenai komik
              > > fotocopy-an.
              > > > Pembahasan hal ini bahkan sampe menimbulkan huru-hara di milis.
              > > >
              > > > Pokoknya jgn khawatir deh, hak cipta & royalti komikus dijamin
              > aman!
              > > > Semuanya udh diatur dgn baik & dijamin tak ada pihak yg
              dirugikan.
              > > >
              > > > Salam,
              > > > Eddie
              > > >
              > > >
              > > > ----- Original Message -----
              > > > From: "erry_sud3wo" <erry_sud3wo@>
              > > > To: <komik_indonesia@yahoogroups.com>
              > > > Sent: Thursday, September 28, 2006 10:50 AM
              > > > Subject: [komik_indonesia] Hak cipta komik
              > > >
              > > >
              > > > > aloo...
              > > > >
              > > > > sy member baru niy. walopun udah lumayan sering nyamperin
              toko
              > > yang di
              > > > > itc kuningan - ambasador buat nyari gundala.
              > > > >
              > > > > btw butuh sumbang saran niy, komik indonesia kan dah mulai
              > banyak
              > > yg
              > > > > terbit lagi (either reprint ato edisi baru), biasanya aspek
              > hukum
              > > bisa
              > > > > menjadi salah satu penopang stabilnya bisnis, nah mungkin
              > rekan -
              > > > > rekan ada yang punya saran khususnya mengenai perlindungan
              hak
              > > cipta
              > > > > bagi komikus - komikus kita, ato mungkin pernah gak sih dulu
              > ada
              > > kasus
              > > > > hak cipta mengenai komik indonesia ?
              > > > >
              > > > > regards,
              > > > >
              > > > > Erry
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > > Yahoo! Groups Links
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > > >
              > > >
              > >
              > >
              > >
              > >
              > >
              > >
              > > ---------------------------------
              > > How low will we go? Check out Yahoo! Messenger's low PC-to-
              Phone
              > call rates.
              > >
              > > [Non-text portions of this message have been removed]
              > >
              >
            Your message has been successfully submitted and would be delivered to recipients shortly.