Re: [komik_indonesia] Dewi Krakatau dan Paluh Hantu

  • Andy Julias
    Message 1 of 11 , Aug 17 10:11 AM
      Mau posting ttg Zam Nuldyn, tapi sudah keduluan, ya udah..........
      Bagi yang belum familiar dengan "komik medan", terutama karya-karya Zam Nuldyn...................

      Zam Nuldyn adalah seorang komikus kota Medan yg terkemuka, disamping Taguan Hardjo, Djas dan Bahzar tentunya.
      Dari segi grafis, ketelitian Zam, pada detail disetiap panel, susah dicari tandingannya. Dari segi cerita.......kemampuan bertutur Zam yg sangat bergaya melayu, merupakan daya tarik tersendiri. Zam, pada karya-karya nya sering mengaitkan karya tsb dgn legenda-legenda setempat, seperti : Dewi Krakatau ( Gn. Krakatau ), Paluh Hantu, Karimata dll.

      Gaya komikus Zam Nuldyn luga menjadi sumber inspirasi bagi komikus muda seperti Jan Mintaraga.

      Akhir kata ........rasa rasa nya proyek ini sangat layak untuk ditunggu.

      Wassalam,

      Andy Julias.

        Message 3 of 11 , Aug 17 10:52 PM
          Akhirnya ada juga yang bisa dapetin hak cetak ulangnya !
          Cergam karya Zam Nuldyn memang berkelas dan pantas
          untuk diterbitkan kembali !
          Ditunggu terbitnya !
          Salam,
          Hartono Soenarto

        • karna
          Message 4 of 11 , Aug 18 1:06 AM
            wah, seru nih. akhirnya kalo balik kampung ada oleh2 komik yg bisa
            dibawain buat orang2. hehe..

            Mas Andi, ahli warisnya Zam Nuldyn tinggal dimana? dan boleh gak minta
            contact person para komikus medan?

            thanx.

            --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Andy Wijaya" <andy@...> wrote:

> [...]
            >
            > Semoga sambutan masyarakat cukup baik agar cetak ulang karya-karya
            Zam Nuldyn berikutnya bisa terbitkan seperti:

          • karna
            Message 5 of 11 , Aug 18 7:23 PM
              dulu saya sempat mau melakukan riset utk kuliah desain grafis, dengan
              membuat studi komparatif dari aspek formalitas seni. Subjek yg ingin
              say astudi adalah komik2 dari Zam Nuldyn, Taguan hardjo dan Djas.

              Sayangnya waktu itu ketika saya tanya ke harian Waspada di medan,
              mereka telah kehilangan semua data2 komik2 itu, setelah kebakaran
              besar dulu. Saya coba memasang iklan di beberapa harian, tp hasilnya
              nihil. Terakhir saya dengar kabar burung, komik2 lama di medan banyak
              di jual atau dipindahkan ke Riau. akhrinya saya terpaksa melupakan
              proyek riset ini. hehe...
              tapi saya masih menunggu kabar berita adanya komik2 mereka. Beberapa
              yg saya miliki hanyalah fotokopian.

              Zam Nuldyn katanya adalah artis komik yg menelurkan istilah "TjerGam"
              itu kata budayawan Arswendo di majalah Analisis Kebudayaan 1986.
              Kebenaran historisnya saya kurang tau, belum ada yg meneliti.
              Yg saya suka dari Zam Nudlyn adalah garis stroke kuasnya yg besar2
              dan kelihatan 'cepat'. berbeda dengan fine line dari Taguan dan Djas.
              Secara tematik dan isi cerita, mereka bertiga memang diarahkan oleh
              penerbit harris dan casso utk mengolah tema legenda lokal, tetapi
              cara pendekatan cerita Taguan lebih filosofis, sementara Djas sangat
              kreatif dalam melukiskan mahkluk fantasi ala legenda lokal tsb.
              dari segi format buku pun, komik2 mereka berbeda.
              Sebelum adanya penggunaan raster (rugos) atau screen tone ala manga,
              Taguan sudah melakukannya dulu.

              Saya pengen meneliti ttg aspek2 visual formal ini, sayangnya waktu
              itu tidak datang kesempatannya. Mudah2an sekarang ini dan di masa
              datang ada pertimbangan dari kalangan yg lebih muda utk menelitinya.
              dan saya berharap para kolektor komik membukan pintu rumah dan pintu
              hatinya utk memberi kesempatan para peneliti melakukan riset.

              Indonesia punya sejarah komik yg luas, sayang sekali kalau pemahaman
              dan pengetahuan ttg itu hanya menempati rak-rak buku saja. Kalau bisa
              dikenalkan melalui penulisan2 dan penelitian ke jurnal2 seni dan
              budaya, baik dalam maupun luar negeri. Sejauh yg saya dapat baru
              beberapa penulisan ttg komik indonesia (klasik atau kontemporer), di
              jurnal antropologi indonesia ttg athonk komik underground, dan
              tulisan ttg Zaldy di jurnal Kalam. Selebihnya kebanyakan penulisan
              populer di suratkabar dan buku buku. Marcel Boneff selain menulis
              disertasi komik indonesia, rupanya sering juga menganalisis komik2
              indonesia klasik dulu dijamannya. sayang kebanyakan sulit di akses.

              kalau kebetulan ada info2 artikel atau berita yg bisa saya akses,
              mohon kemurahan hatinya utk dapat saling berbagi.

              best regards,

              karna.

              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "Andy Julias"
              <andyjulias@...> wrote:

> [...]
              muda seperti Jan Mintaraga.

              > Akhir kata ........rasa rasa nya proyek ini sangat layak untuk

            • Rieza FMuliawan
              Message 6 of 11 , Aug 18 9:46 PM
                maksudnya apakah ini merupakan protek tusir ulang atau digambar ulang?
                atau dengan metode lain?

                karena sampai sekarang, hasil tusir ulang komik lama yang sudah
                beredar masih saja kurang memuaskan. masih banyak yang kurang puas
                dengan hasil tusir ulang godam, gundala, si buta, dll.

              • Teddy
                Message 7 of 11 , Aug 19 12:39 AM
                  Ah saya sangat menantikan ini, krn saya termasuk generasi yg gede
                  bersama komik Zam Nuldyn, Taguan Harjo, RA Kosasih et al.

                  Ada satu judul komik Zam, kalau ga salah Putri Hijau semoga masih bisa
                  dicetak ulang juga.

                  Salam sejahtera,

                  teddy

                  http://lamien.multiply.com/market/item/5

                • Andy Julias
                  Message 8 of 11 , Aug 19 7:28 AM
                    Sorry,
                    Tapi kalau ngga salah, Putri Hidjau adalah karya M.Ali.S.
                    Wassalam,

                    Andy Julias.

> [...]

                    > Semoga sambutan masyarakat cukup baik agar cetak ulang karya-karya
                    Zam Nuldyn berikutnya bisa terbitkan seperti:

                  • Andy Wijaya
                    Message 9 of 11 , Aug 20 6:22 AM
                      From: Rieza FMuliawan

                      Untuk sementara ini tusir ulang dari komik lamanya karena kami tidak
                      mendapatkan naskahnya.
                      Seperti kita ketahui bersama komik-komik Medan memakai kertas yang kurang
                      bagus, memakai handpress, dan rata-rata sudah berumur di atas 40 tahun.

                      >karena sampai sekarang, hasil tusir ulang komik lama yang sudah
                      >beredar masih saja kurang memuaskan. masih banyak yang kurang puas
                      >dengan hasil tusir ulang godam, gundala, si buta, dll.

                      Kami akan berusaha sebaik mungkin dan pasti kami usahakan semakin hari
                      semakin baik.
                      Masalah kurang puas pasti selalu ada dan merupakan cambuk buat kami untuk
                      lebih baik.
                      Godam Mata Sinar X lebih baik daripada Gundala 1-3. Mungkin Bocah Atlantis
                      bisa lebih baik dari Mata Sinar X.
                      Sayang bila tidak dilakukan penerbitan ulang untuk komik-komik yang master
                      piece pada jamannya.
                      Mungkin nantinya kami akan melakukan coloring untuk isi, atau menggunakan
                      tone minimal.
                      Kami usahakan agar goresan komikus aslinya tidak terlalu hilang.
                      Sekali lagi Pro-Kon selalu ada dan buat saya pribadi kritikan adalah masukan
                      yang sangat berarti.

                      Regards,
                      aNWi
                      Message 10 of 11 , Aug 21 7:20 PM
                        "Andy Wijaya" <andy@...> wrote:
> [...]
                        Mendai)
                        > karya besar dari komikus Medan.
                        >
                        > Project ini dikerjakan oleh mas Andy Julias

                        gue selalu kagum dgn karya2 Zam Nuldyn. Secara artistik, mungkin yg
                        bisa menandinginya cuma Ardisoma. Gaya bercerita Zam Nuldyn juga sangat
                        khas Melayu, juga kosakata dan gaya bahasa. Mudah2an proyek cetak ulang
                        ini bisa menambah apresiasi komik nasional kita

                        suryo
                      • mappy@cbn.net.id
                        Message 11 of 11 , Aug 23 7:02 AM

                          TUH KAN ANDY, AKHIRNYA SAYA DAPAT TEMAN JUGA YANG BILANG BAHWA ADA KARYA
                          ZAM NULDYN BERJUDUL "PUTRI HIJAU"
                          (REF EMAIL DARI TEDDY)

                          PS: SOALNYA JILID 2 NYA SAYA PUNYA ..HE..HE..HE