Mengapa ragu jadi komikus? (Re: Hidup Dari Membuat Komik?)

  • karna
    Message 1 of 19 , Aug 7, 2006
      Saya tidak ragu menjadi komikus, tetapi saya ragu apakah dengan
      mengerjakan komik dna mendapatkan komik saya diterbitkan, itu akan
      merubah kondisi perkomikkan kita.
      Sejak kecil ketika kelas lima sekolah dasar sampai sekolah menengah
      pertama tingkat satu (ini jaman 80-an punya), saya membuat komik silat
      dan petruk gareng utk di baca teman2 sekitar sekolah dan rumah. Bentuk
      komiknya masih terinspirasi dari komik2 yg dibundel oleh taman bacaan
      di rumah gubuk tepi kali parbus (parit busuk kata org medan).

      kemudian lama saya berhenti menggambar atau melukis, selama kuliah
      saya ngikutin liat2 acara pameran komik dan seminar2. Setelah sekali
      dua tiga kali ikutan lomba komik, saya memutuskan utk tidak menjadi
      komikus. Sebabnya sederhana, saya peduli dengan bagaimana nasib kalau
      jadi komikus sementara infrastruktur industri komik tidak berjalan.
      Secara skill, kemampuan gambar lukis saya jadi serba tanggung, ga
      sempat memperdalamnya. tp saya beralih memikirkan bentuk2 partisipasi
      lain yg mungkin saya kerjakan. Saya coba bikin pameran utk memahami
      kesulitan dan kesempatan yg ada. Saya coba bikin majalah kecil2an
      sendiri, juga utk melihat dan mengalami sendiri kesulitan dan
      kesempatan yg ada. Sebelum ini saya sendiri bekerja freelance desain
      grafis ilustrasi dan juga mengajar, sekarang lagi total brenti semua.
      Saat itu di sebuah kampus saya pernah iseng ngadain workshop komik
      'membuat cerita komik' dan menjemput MKI waktu itu mas Wahyu masih
      ngemongin anak2 di sana. Dari sekitar 20-an peserta kalau tidak salah,
      kebanyakan adalah anak2 sekolahan, sma gitu kayaknya.
      Dari sana saya mulai berpikir utk merencanakan sekolah komik, mulai
      melihat kebutuhan2 utk anak2 belajar komik, melihat masalah2 komik yg
      melanda anak2, dan menyusun rencana ke depan.

      Setiap dari kita punya pengalaman2 berbeda yg membawa kita pada
      kesimpulan yg berlainan. Masing2 punya impian dan cita2, masing2 punya
      masalah sendiri yg harus dipecahkan. Saya suka kata2 pribahasa basi
      ini: Bhinneka tunggal ika dan bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
      meskipun basi, bagi saya ini masih berlaku terus sampai sekarang.
      Saya tidak akan mengajak orang utk ikut pada satu arus pemikiran,
      nanti jadinya 'totaliterian'. Kalau saja kita mengimajinasikan sebuah
      'track' ke atas sebuah puncak gunung, dan kita semua dgn masing2 punya
      cita2, kepentingan, masalah dsbnya, mendaki ke puncak gunung itu
      bersama2. Saya rasa untuk meletakkan komik indonesia di atas puncak
      gunung kejayaan itu adalah memungkinkan.
      Sama2 berangkat ke atas, masing2 mengurus pekerjaan dan tanggung jawab
      masing2, tetapi kita semua menghala ke puncak yg sama. Dan yg susah
      adalah utk tetap peduli dan saling tolong menolong, bukan nyuekin,
      elu2 gue2 lah, urusin aja kerjaan lo.
      Tapi bukan menuju puncak-nya akademi fantasi loh. =)

      --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, Sandy Jatmiko
      <sandyjatmiko@...> wrote:

      > Andi Resnadi <Andi.Resnadi@...> wrote: Gw jg sbenarnya pengen hidup
      dr komik sbg penghasilan utama. Namun
      > sampai saat ini belum berani untuk konsen di komik sbg kerjaan utama.
      > Saya kira jg msh banyak di antara kita yg masih gamang spt saya.
      > Mungkinkah ada org yg meyakinkanku bahwa dari komik bs mencukupi
      > kehidupan kita?

      > Teman-teman,
      > Kegalauan teman kita, sdr Andi Resnadi , yg merasa gamang untuk
      menjadikan profesi komikus menjadi sandaran hidupnya tentunya menjadi
      keprihatinan kita semua, orang-orang yg concern dengan dunia komik.
      Ini tidak boleh dibiarkan karena bisa menular kemana-mana, terutama
      kepada komikus2 muda dan calon komikus, yg siap2 mau terjun ke dunia
      komik. Yuk..kita coba pikirkan sama-sama, barangkali teman-teman bisa
      mendapatkan inspirasi.
    • Andi Resnadi
      Message 2 of 19 , Aug 7, 2006
        Terimakasih Mas Sandy n teman yg lain. Ini memberikan pijaran api baru
        buat semangat ngomik yg hampir padam.
        Ayo Ngomik

        Ares Marhaen
        (Seorang Rakyat Biasa)

[...]

        Sdr Andi yg lagi gamang, dan juga teman-teman yg lain, sebaiknya kita
        jangan membiarkan diri kita terkungkung dalam ruang yg dibatasi oleh
        tembok-tembok yg tebal karena hal itu akan membuat dunia kita menjadi
        sempit. Cobalah membuka jendela dan lihat-lihat dunia lain di luar sana,
        barangkali banyak hikmah yg bisa kita petik. Di luar sana ada dunia
        film, TV, musik, sastra, dan lain-lain.

        Di dunia film, situasinya boleh di bilang mirip dgn kondisi komik
        nasional kita. Pernah berjaya di kurun waktu sekitar tahun 70-an dan
        80-an dan terpuruk ditahun 90-an tapi mulai bangkit lagi ditahun 2000-an
        dengan ditandai (menurut saya lho) meledaknya film Petualangan Serina di
        tahun 2000 di layar lebar. Banyak para pakar yg sudah membahas faktor2
        yg menyebabkan film kita terpuruk, tapi hikmah yg bisa kita petik adalah
        bahwa dengan semangat yg membara dari para sineas muda kita untuk
        membangkitkan film nasional, hasilnya sudah mulai tampak walaupun belum
        seperti di tahun 70-an dan awal 80-an, beberapa film nasional kita sudah
        bertengger di bioskop2 kelas atas bersanding dgn film2 dari Hollywood.
        Beberapa film kita sudah mencetak box office sebut saja misalnya Ada apa
        dengan cinta? (yg nyaris menjadi film legendaris), Eiffel I am in love
        (ditonton oleh 3 juta orang), Jelangkung, dan lain-lain.

        Di dunia pertelevisian kita tersiar kabar yg menggembirakan. Muatan
        acara-acara lokal di televisi nasional kita , terlepas dari segi
        kualitas, secara kuantitas meningkat dgn tajam bahkan mampu menggusur
        acara-acara dari luar negeri. Beberapa waktu yl sampai akhir tahun 90-an
        masih merajalela telenovela dari Amerika Latin tapi kini sudah tergusur
        oleh sinetron kita. Acara-acara lokal banyak yg (pernah) memiliki rating
        yg tinggi sebut saja beberapa misalnya Bajaj Bajuri, Extravaganza,
        Indonesian Idol, Dunia Lain, dan lain-lain

        Bagaimana dgn dunia musik pop mainstream kita? Sampai awal 2000-an
        masih terdengar boyband Westlife sempat menjadi idola sebagian
        remaja-remaja kita, kemudian grup musik the Coors tapi sekarang mulai
        tergusur oleh grup-grup lokal spt Sheila On 7, Peterpan, Dewa 19,
        Samson, Raja, Ratu dan lain-lain. Mereka mampu mencetak banyak hits.
        Bahkan ada sebutan Diva, bagi para penyanyi wanita yg paling terkenal.
        Penyanyi dan grup musik kita sangat disegani di negara-negara tetangga
        semisal Malaysia, Singapura dan lain-lain. Grup musik/penyanyi asing
        kini masih digemari oleh penggemar yg sangat tersegmented dan fanatik
        misalnya grup-grup musik progressive rock, jazz, dan lain-lain.

        Di dunia sastra saya tidak punya data2 (soalnya saya tidak obesrvasi
        dulu sih hanya memantau secara sambil lalu saja), tapi ditengah serbuan
        novel-novel asing, beberapa novel kita menjadi best seller misalnya
        Jakarta Undercover I dan II, Supernova, Saman, dan lain-lain.

        Sebagai berkahnya, para pelaku di dunia itu pun telah menjelma menjadi
        jutawan-jutawan bahkan milyarder-milyarder muda sebut saja misalnya
        bintang film yg kondang, Tora Sudiro, Tamara Blezinsky, Desy Ratnasari
        atau penyanyi/grup musik spt Peterpan, Kridayanti, Dewa 19 atau novelis
        spt Dewi "dee" Lestari, Ayu Utami, Moamar Emka (eh bener gak nih
        nulisnya?) dan lain-lain. Mereka tidak ragu-ragu menyadarkan hidupnya
        pada profesinya itu kendatipun mereka juga melakukan persiapan-persiapan
        untuk hari tua mereka dan berjaga-jaga kalau "tidak laku" lagi spt
        membuka usaha sampingan, menabung, investasi dan lain-lain.

        Bagaimana dgn dunia komik kita? Di masa lalu, ketika dunia komik
        nasional masih berjaya, beberapa komikus terkenal memang menyandarkan
        hidupnya pd profesinya dan hidup berkecukupan. Mas Sungging, putra alm
        Wid NS, pernah mengungkapkan dalam sebuah acara talkshow beberapa bulan
        yl bahwa ketika komik nasional masih berjaya, keluarganya hidup
        berkecukupan dan ayahnya mampu menyekolahkan anak-anaknya hanya dari
        ngomik!. Pak Hans Djaladara, pencipta Panji Tengkorak, pernah berujar
        dalam suatu acara talk show di TV, bahwa ia mampu membeli sebidang tanah
        dan rumah dari hasil bikin komik. Oom Gerdi WK dulu pun pernah bergitu
        mantap jadi komikus. Pak Hasmi, walaupun tidak mengungkapkan nominalnya,
        pernah menyiratkan bahwa ketika itu honor membuat komik cukup tinggi.
        Jadi sebenarnya profesi sebagai komikus di Indonesia memang pernah
        "menjanjikan". Barangkali ada baiknya para komikus lawas, yg pernah
        mengecap manisnya "madu" komik nasional, ditampilkan untuk menceritakan
        pengalaman
        hidupnya, untuk memberi semangat komikus muda, terutama yg lagi gamang
        ini.

        Nah, jika kita melihat-lihat dunia lain, masih adakah peluang komik
        kita untuk bangkit lagi? Saya berani menjamin masih sangat bisa! Jika
        film nasional kita bisa bangkit lagi, jika acara TV nasional dan
        penyanyi/pemusik kita mampu menggusur acara-acara dan penyanyi/pemusik
        dari luar negeri, dan di dunia sastra ada beberapa novel kita yg mampu
        mencetak best seller, mengapa komik nasional kita tidak? Saya yakin
        pembaca komik kita masih menyukai "rasa lokal" kita! Jika komik
        nasional kembali berjaya seperti dulu, bukan tidak mungkin mampu
        mendongkrak tingkat kemakmuran para pelaku industrinya seperti komikus,
        penerbit, distributor, penjual buku dan lain-lain, dan tidak kalah
        dengan profesi yg lainnya.

        Buat mas Andi kenapa ragu jadi komikus? Saya malahan mengharapkan
        anda dan teman-teman yg lain untuk terus menjadi komikus dan
        menyemarakan dunia komik nasional. Menjadi komikus tidak berarti "harus
        menyandarkan hidupnya" pada profesinya sebagai komikus. Boleh-boleh aja
        koq Anda bekerja di bidang yg lain untuk menopang kehidupan Anda,
        asalkan semangat Anda untuk ngomik tidak padam (dan tidak boleh padam!)
        dan tidak kehilangan idealisme. Jika situasinya memungkinkan, barulah
        Anda terjun sepenuhnya menjadi komikus 100%, spt yg pernah dialami oleh
        komikus lawas dulu. Disini banyak juga koq mereka yg concern dgn dunia
        komik tapi mereka juga punya profesi yg lain. Saya jadi teringat dgn
        teman kita mas Hikmat Darmawan. Ketika saya meminta tandatangan beliau
        di buku "Dari Gatot Kaca sampai Batman", beliau menulis pesannya di
        bawah tandatangannya "Ngomik Terus!". Mas Hikmat benar! Jangan pernah
        padam semangat untuk ngomik terus! Semoga dengan bergulirnya waktu,
        komik nasional
        bisa bangkit lagi! Jika anda jeli, sebenarnya tanda-tanda ke arah sana
        sudah ada koq, tinggal bagaimana kita merealisasikannya!

        Hidup komik nasional!

        Salam,
        Sandy.

        Yahoo! Groups Links

        Yahoo! Groups Links

        Yahoo! Groups Links
      • RESTRICTED
        Message 3 of 19 , Aug 8, 2006
          Meragu membuat komik? wajar Mas :) Apalagi mencari nafkah dan penghidupan di komik..
          saya rasa musti dipikirkan masak2 deh hehehehe... Statement saya ini gak ngasal.. lebih
          karena kondisi situasi Indonesia saat ini. Tapi, statement saya ini bukan mematikan,
          harapannya justru sebaliknya.. membakar semangat dan upaya pembuktian bahwa
          statement saya barusan salah.

          Sekedar berbagi.. saya pernah berhubungan dengan beberapa komikus non-Indonesia,
          yaitu Belanda dan Israel (sorry.. bukan politis.. kebetulan aja waktu itu ketemu hehhee).
          Pertanyaan saya kepada mereka sangat standar : Apa anda bisa menfkahi hidup dari
          komik? Jawaban mereka sama: NO WAY! Salah satu komikus yang menjawab itu
          diantaranya adalah Peter van Dongen.

          Peter van Dongen, bilang.. bahwa ada banyak bahkan ratusan komikus yang tercatat di
          Belanda, baik yang pemula, muda, dan yang tua. Mereka punya obsesi dan ambisi yang
          hampir sama.. yaitu menembus perkomikan Belgia dan Perancis, ketika komik mereka bisa
          masuk ke sana.. artinya jaminan hidup mereka dengan berkomik bisa lancar. Sedemikian
          sulitnya hingga ada banyak sekali komikus2 muda yang magang dengan komikus tua. Lain
          lagi mereka bekerja sebagai ilustrator majalah Walt Disney. Sambil sesekali mengisi waktu
          dengan menggambar komik sendiri. The Tjong Khing, salah satu komikus senior di
          Belanda dulunya kuliah di ITB, dia bekerja sebagai "tukang gambar" para komikus senior
          yang ingin berlibur saat musim panas. Begitupun dengan van Dongen, dia sebetulnya
          bekerja sebagai ilustrator untuk advertising dan pemerintahan. Sementara waktu luangnya
          dia isi dengan mengasah keahlian ngomik dan bikin komik.

          Lain halnya dengan komikus Israel, saya bertemu dengan satu tim komik bernama
          Tragicus (Tita.. bener gak nulisnya? hehehe..) Mereka ini terdiri dari 2 cewek dan 2 cowok.
          Gaya gambar komiknya KEREN! Mirip seperti Seth (Rieza bisa lebih detil ceritain ttg Seth).
          Lalu saya tanya dengan pertanyaan yang sama, bisa gak menafkahi hidup dengan komik?
          jawabannya sama : NO WAY! Lalu kenapa tetep bikin komik? Jawaban mereka :Why Not?
          Mereka bekerja menafkahi hidupnya dengan menjadi pengajar (dosen). Setiap minggu
          (weekend) mereka janjian ketemu di kafe dan membawa karya masing2. Lalu setelah 6
          bulan mereka mengumpulkan karya2 mereka lantas patungan dan di cetak terbatas
          (dengan kualitas bagus lho). Nah.. dengan begini.. mereka membuat komik bukan untuk
          cari duit atau cari ngetop.. tapi memang ingin membuat komik aja. Semata-mata
          mengasah dan menikmati hobby mereka. Akhirnya mereka gak terbeban dengan makna,
          genre, cerita, musti gini gitu, moral dll. Tapi dalam setahun mereka bisa menerbitkan 2
          kompilasi komik yang bagus.

          Terkahir saya ketemu dengan Peter Pontiac, sejak muda dia memang sudah menggambar
          utk mencari nafkah. Lalu saya tanya kepada dia, apa bisa menafkahi hidup dengan komik?
          jawabannya OF COURSE! saya tercengang kan.. lalu saya tanya gimana? Dia bilang.. ketika
          dia muda, dia sudah aktif dan suka sekali dengan yang namanya menggambar, baginya
          menggambar itu seperti bermain. Setiap waktu kosong diisi dengan menggambar, gak
          heran kalo teknik menggambarnya sangat dahsyat! Apalagi Pak Pontiac ini gak kenal
          komputer jadi semua karyanya asli manual!! Termasuk teks!

          Kepiawaian menggambar Pak Pontiac ini disalurkan sebagai ilustrator majalah di Belanda,
          yang kemudian karena karakter gambarnya yang khas maka dia sering diminta menjadi
          ilustrator majalah di luar Belanda. Lewat kecanggihannya itu lah Pak Pontiac membuat
          komik. Terakhir tahun 2001, Pak Pontiac meluncurkan graphic novel judulnya Kraut (Tita
          tahu detil nih) cerita Pak Pontiac kecil yang mengirim surat kepada ayahnya (yg wartawan)
          yang hilang di sebuah kepulauan kecil saat perang dunia II. Dari Kraut ini, Pak Pontiac
          mendapatkan penghargaan. Saat ini beliau usianya sangat tua, tapi tetap gagah dan
          energik! (seperti Pak Khing).

          Malam makin larut.. gak terasa mengobrol asik dan seru di studio komiknya (sekitar 2
          blok dari rumahnya). Saya, Thoriq, dan Tita harus kembali ke Amsterdam.. kita semua
          bergumam.. gilak ya.. se-tua itu aja masih semangat, segitu gak bisa komputer, manual,
          pulpen macet, salah musti di tip-ex, separasi warna manual... tapi tetep dibikin!!
          Sementara kita.. masih muda.. punya banyak temen.. bisa komputer.. bisa gambar.. bisa
          fotokokopi... bisa titip cetak.. alat gambar gak mahal.. KOQ CUMA BISA MENGELUH DAN
          MERAGU ya?? hehehehe... pertanyaan yg cukup menohok kita saat itu.

          Sekarang, bagi saya... saya gak mau terbebani dengan hal-hal spt itu.. mending saya
          menggambar terus... terima orderan nge-gambar terus.. bikin komik juga terus hehehe..
          peduli orang mau ribut masalah manga, amerika, eropa, musti ada moral, pesan, graphic
          novel bla bla bla.. dll.. saya cuma komikus dan saya akan terus ngomik

          Nuhun!
          Motulz

          Message 4 of 19 , Aug 8, 2006
            --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "RESTRICTED" <motulz@...> wrote:
            > The Tjong Khing, salah satu komikus senior di
            > Belanda dulunya kuliah di ITB,

            gue jadi ingat cerita lucu ttg komikus senior ini, The Tjong Khing. Yg
            bercerita kpd gue adalah Peter van Dongen.

            Alkisah, The Tjong Khing diundang datang ke suatu kota (atau negara,
            gue lupa). Sendirian. Berangkatlah beliau kesana. Sesampainya di
            airport tujuan, dia mencari2 seseorang yg ditugaskan utk menjemputnya.
            Dikejauhan The Tjong Khing melihat seorang laki2 berdiri sambil
            memegang papan bertuliskan namanya "THE TJONG KHING".

            Dihampirilah cowok tsb, sambil beliau memperkenalkan dirinya. Si cowok
            itu keheranan dan menatapnya, sambil melihat kiri-kanan. Lalu dia
            bertanya:

            Si penjemput: "You're The Tjong Khing?"
            TTK: "Yes"
            Si penjemput: "Where are your friends?"
            TTK: "What friends? I'm alone"
            Si penjemput: "Alone? You mean, YOU ARE The Tjong Khing?"
            TTK: "Yes. Why did you ask?"
            Si penjemput: "I thought you're a rock band"

            Gue langsung meledak tertawa denger cerita ini! Dan sampai skrg masih
            suka gue ceritakan kpd teman2 jika ada kesempatan.

            suryo
            np. Erra Fazira: Ya Atau Tidak
          • RESTRICTED
            Message 5 of 19 , Aug 8, 2006
              hahahaha.. iya! The... dipikirnya THE.. THE DOORS :D
              Wah dasar deh.. secara dedengkot milis rock alternatif :P

              --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "suryo_anglagard" <surjorimba@...> wrote:

> [...]
              >
              > Gue langsung meledak tertawa denger cerita ini! Dan sampai skrg masih
              > suka gue ceritakan kpd teman2 jika ada kesempatan.

            • karna
              Message 6 of 19 , Aug 8, 2006
                Kalau melihat dari dekat, contohnya adalah Pak Hans Jaladra, meksi
                nampak 'rapuh', bapak Tua ini masih mengomik. Saya pribadi terkesan
                ketika mendengar alm. pak Taguan Hardjo angkat suara di sebuah diskusi
                dulu. Karena melalui ayah saya, saya tahu kalau pak Taguan dulu juga
                'struggling' utk bisa makan, tp tetap semangat dengan dunia komik.
                Pernah juga ngobrol2 dgn Pak Djair, beliau ini pemikir, saya membaca
                kumpulan tulisan yg tidak dipublikasi ttg Teomatika (teologi +
                Matematika). Mungkin teman2 yg pernah berjumpa dgn dia di beberapa
                forum bisa merasakan 'lantang' suara pak Djair ini.
              • tita 91
                Message 7 of 19 , Aug 8, 2006
                  Inti pendapat saya: jangan ragu jadi komikus, kalau itu memang
                  panggilan hati! Jangan takut gagal selama "passion" utk ngomik masih
                  menyala!

                  Tambahannya, cuma mau melengkapi yg sudah ditulis Motul:

> [...]
                  komik bernama
                  > Tragicus (Tita.. bener gak nulisnya? hehehe..) Mereka ini terdiri

                  BTW, pertemuan dengan para komikus Israel tsb adalah dalam event
                  Stripdagen Haarlem, sebuah ajang bi-annual yg memang menyediakan
                  tempat khusus bagi komik2 asing. Th 2002 tsb yg ditampilkan adalah
                  komik Indonesia dan Israel (2004 Jepang kl nggak salah, 2006
                  Skandinavia).

> [...]
                  ayahnya (yg wartawan)
                  > yang hilang di sebuah kepulauan kecil saat perang dunia II.
                  ==================
                  Saya pernah membuat resensi ringkas ttg KRAUT di sini:
                  http://esduren.multiply.com/reviews/item/18

                  Pontiac memang berhasil menafkahi keluarganya (istri dan anak
                  perempuannya), meskipun tidak secara berlebihan. Apalagi di masa
                  mudanya dulu, mereka harus banyak2 berhemat. Namun commitment-nya
                  terhadap bidang yg sangat dicintainya (ngomik!) dengan konstan terus
                  membawanya hingga ke tempatnya sekarang ini: sebagai salah satu
                  legenda hidup dunia "beeldverhaal" (cerita gambar) di Belanda.

                  Belakangan ini, Pontiac menjadi ilustrator buku anak2 (seri Golden
                  Book yg klasik tsb), menampilkan tokoh "Krantenpoes" (kucing koran),
                  yg sudah terbit hingga seri kedua. Sudah lebih dari seminggu yg lalu
                  si Krantenpoes ini mengisi bagian "editorial cartoon" utk De
                  Volkskrant, salah satu surat kabar nasional terbesar di Belanda.
                  Sebuah contoh kasus bahwa, meskipun fasilitasnya basic banget, bidang
                  gambar-menggambar ini "nggak ada matinya" :)

                  To wrap it up: bikin aja dulu, dengan tekun dan tetap semangat. Sambil
                  hargai dan pertimbangkan semua komentar yg masuk, sebagai bekal utk
                  berkembang.

                  Salam,

                  Tita
                • sandyjatmiko
                  Message 8 of 19 , Aug 8, 2006
                    wrote:
                    Saya tidak ragu menjadi komikus, tetapi saya ragu apakah dengan
                    mengerjakan komik dna mendapatkan komik saya diterbitkan, itu akan
                    merubah kondisi perkomikkan kita. Saya suka kata2 pribahasa basi
[...]

                    Memabaca pengalaman mas Karna di dunia komik ini, saya jadi terkesan
                    terutama semangat ngomik-nya walaupun masih dilakukan dgn cara
                    sederhana ketika masih di SD dulu.

                    Saya setuju dgn pepatah itu, bersatu kita teguh bercerai kita
                    runtuh! Untuk membangkitkan komik Indonesia, memang tidak bisa
                    dilakukan secara sendiri-sendiri harus dilakukan bersama-sama dgn
                    teman-teman yg memiliki misi dan visi yg sama yaitu "membangkitkan
                    lagi komik nasional!", baik dari komikus, pengamat komik,
                    penerbit,distribusi, pembaca komik, kolektor komik dan orang2 yg
                    bergiat di Industri komik.

                    Saran saya kepada mas Karna, dimanapun anda berada, bergabunglah dgn
                    teman-teman di komunitas komik, dgn teman-teman yg concern dgn dunia
                    komik di tempat anda berada! Dgn bergabung dgn mereka, akan
                    menumbuhkan semangat untuk ngomik dan bisa saling bantu membantu dgn
                    teman-teman yg lain, yg senasib sepenanggungan.

                    Sekarang ini di MKI sudah ditunjuk ketua-nya yg baru, mungkin akan
                    ada program2 baru. Mas Karna mungkin bisa bergabung dgn teman-teman
                    di MKI. Sekanjutnya bersabarlah...semua ini membutuhkan waktu dan
                    proses, kita disini bukan "tukang sulap" atau "superman" yg mampu
                    mengubah segalanya seorang diri. yang penting semangat kita semua
                    disini untuk ngomik terus jangan sampai padam. Karena itu saya tidak
                    akan membiarkan teman-teman untuk jadi hopeless dan putus asa sebab
                    hal itu bisa "menular" kepada yg lain-lain. Kita harus tetap
                    semangat dan optimis!

                    Salam,
                    Sandy

                  • akhmad makhfat
                    Message 9 of 19 , Aug 8, 2006
                      Ini baru semangat. Tetap berjuang Mas ....

                    • admiranto wijayadi
                      Message 10 of 19 , Aug 9, 2006
                        setuju aa Otul...
                        sekarang mah nggak usah idealis idealisan...dah nggak
                        jaman,nggak usah binggung masalah orang bilang apa
                        aku juga ngegambar terus ...pantang henti(kecuali gue
                        pas sakit)..apalagi kalo ngeliat kerjaan orang orang
                        yang pro..jadi panas...jadi pengen gambar lagi...terus
                        gambar..terus gambar...enjoy aja

                        Anto'Garang76

                        > dengan
                        > saya

                        > http://uk.messenger.yahoo.com

                      • RESTRICTED
                        Message 11 of 19 , Aug 9, 2006
                          Lhaa... ini.. Kalo udah Anto Garang yang bilang spt ini, saya speechless deh :D lha wong
                          dari awal saya kenal dia (sekitar tahun 1994) sampai terakhir ketemu (bikin klip) ya dia ini
                          gambaaaaaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrr... aja. Malu rasanya kalo dia "mergokin" saya sedang
                          mengerjakan kerjaan lain hehehehe..

                          Makanya saya nge-gambar lagi.. kalo ngga.. wah wah wah!

                          Saya sepakat juga koq... mulailah dari menggambar (buat komikus).. bukannya gambar
                          gaya apa...

                          Jangan tanya sudah bikin apa? TAPI.. sudah ngegambar apa?

                          khekhekheke...

                          --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, admiranto wijayadi <garang76@...> wrote:

> [...]
                          > pas sakit)..apalagi kalo ngeliat kerjaan orang orang
                          > yang pro..jadi panas...jadi pengen gambar lagi...terus

                        • gerd_2paint
                          Message 12 of 19 , Aug 9, 2006
                            Nah, semangat kayak gini yang harus terus didukung.
                            Apalagi bagi yang muda-muda.Yang tua saja yang udah terganggu encok
                            lah,asam urat lah,apalagi 'lilinieun'(itu lho yang mulai ngga tahan
                            gemeteran terus) masih punya semangat ,apalagi yang masih muda-muda.
                            Ayo Anto,Motul,Alfie,dll,maju terus....

                            Oom Gerdi..(lilinieun sih belum)

                            <garang76@...> wrote:

> [...]
                            > pas sakit)..apalagi kalo ngeliat kerjaan orang orang
                            > yang pro..jadi panas...jadi pengen gambar lagi...terus

                          • admiranto wijayadi
                            Message 13 of 19 , Aug 10, 2006
                              hahaha..om Gerdy nih
                              makasih buat dukungannya..biar kita tambah
                              semangat..dan lebih semangat lagi,ngomong2 Gina 2kapan
                              keluar Om,kalo da keluar kasih tau yah...

                              buat aa Otul...gimana kabarnya..apa kabarmu terakhir
                              lagi bikin apa,..dah bikin Pilm layar lebar lom hehehe
                              jangan lupa komiknya terus di produksi yah..

                              salam dari Cilandak Anto"garang76"

                            • gerd_2paint
                              Message 14 of 19 , Aug 10, 2006
                                -GINA 2 ?...
                                Insyaallah dalam hitungan hari deh.
                                BTW. emang Pak Andy belum contact anda?
                                Gina karya anda kan mau dimuat di Gina 2 sbg.pin-up....(yang baca ini
                                pasti suka).
                                Tapi,jangan-jangan Pak Andi lupa.Dia kan harus minta izin Anto....
                                Kalau ya dia lupa,boleh ga saya disini mintain izin?
                                Soal ini-itunya nyusul....'Itu'nya kan betul-betul urusan Pak Andy...
                                Waaah,jangan jadi ga enak ya Anto.
                                Thanks for everything...

                                Gerdi

                                <garang76@...> wrote:

> [...]
                                > lagi bikin apa,..dah bikin Pilm layar lebar lom hehehe
                                > jangan lupa komiknya terus di produksi yah..

                              • admiranto wijayadi
                                Message 15 of 19 , Aug 10, 2006
                                  waaah..dengan senang hati loh
                                  silah kan gambar ginanya di pakai..itukan artwork
                                  tribut buat oom Gerdy dan Gina sendiri...hehehe
                                  monggo loh..nggak apa apa