Mohon bantuan: skripsi industri komik

  • dhanny tantri
    Message 1 of 4 , Jul 1, 2006
      Selamat siang

      Langsung saja ya, saya butuh bantuan dan diskusi. Nama saya Dhanny,
      mahasiswi Komunikasi UI angkatan 2002. Saya sedang membuat skripsi mengenai
      industri komik di Indonesia. Ketertarikan saya membuat tema ini berawal dari
      minimnya komik lokal yang dibuat orang Indonesia yang ada di pasaran
      mainstream. Waktu itu saya memang menemukan komik lokal Indonesia dijual
      lewat jalur indie. Pertanyaan saya waktu itu adalah kenapa bisa begitu?

      Kemudian saya menemukan komil-komik lokal di pasaran mainstream, tetapi
      dikemas dalam format komik terjemahan. Bahkan nama komikusnya pun dibuat
      kejepang-jepangan. Maka saya memilih komik sebagai tema skripsi saya.

      Pendekatan yang saya gunakan adalah pendekatan Ekonomi Media. Dalam
      pandangan ini, media dilihat sebagai sebuah entitas bisnis. Saya menggunakan
      pendekatan ini untuk mencoba memetakan industri komik di Indonesia. Saya
      berharap lewat pendekatan ekonomi, pertanyaan mengapa komik
      Indonesiasekarang sulit untuk merajai pasar bisa terjawab.

      Saya berharap bisa memberikan gambaran seperti apa perkomikan di Indonesia.
      Untuk mencegah bidang studi yang terlalu luas, studi saya akan difokuskan
      pada *conduct pasar*. Antara lain bagaimana proses pricing, strategi produk,
      iklan, investasi, dll. Untuk mengetahui bagaimana conduct pasar, perlu
      diketahui dulu struktur pasar yang tercipta.

      Saya menemui beberapa kesulitan dalam hal ini, yang saya harap bisa dibantu
      oleh pengetahuan rekan-rekan seklaian. *Apakah diantara rekan-rekanada yang
      memiliki atau mengetahui ada literasi atau artikel (lebih baik lagi kalau
      penelitian) yang menyatakan struktur pasar yang terbentuk dalam industri
      komik di Indonesia? Sejauh saya mencari, saya belum menemukan adanya
      literasi demikian. Atau saya tidak tahu dimana sebaiknya mencarinya.*

      Untuk tentukan struktur sendiri, setidaknya saya perlu tahu ada berapa
      jumlah penerbit (ataupun studio komik) di Indonesia yang terbitkan komik
      (baik terjemahan maupun lokal). Berdasarkan observasi, saya temukan sekian
      penerbit. Namun data inipun masih sangat kurang karena saya tidak tahu data
      penerbit dikota lain selain Jakarta. *Apakah ada rekan yang tahu dimana saya
      bisa mendapatkannya, setidaknya data secara kasar?* Saya coba ke IKAPI dan
      lihat data mereka tentang penerbit2 dan hasil terbitan mereka. Namun data
      IKAPI pun terbatas.

      Saya menggunakan case study dan mengambil elex media komputindo sebagai unit
      analisis. Saya mengambil elex karena elex merupakan *leading *penerbitan
      komik dalam format yang sekarang mendominasi. Elex bisa dibilang penerbit
      terbesar di Indonesia saat ini, dimana terbitannya yang terbesar adalah
      genre komik. Selain itu elex kontinu dalam terbitkan komik, tidak hanya
      terjemahan tapi juga lokal.

      *Tapi jika saya hanya mengambil satu penerbit saja, saya rasa gambaran
      industri belum akan terlihat*. Saya masih belum tentukan secara pasti untuk
      atasi ini. Saya harap rekan sekalian bisa berikan masukan. *Apakah sebaiknya
      saya melakukan komparasi dengan penerbit lain, misal penerbit yang hanya
      terbitkan komik lokal? Ataukah sebaiknya saya justru bandingkan dengan
      system penerbitan indie? Jika dibandingkan dengan penerbitan indie, apakah
      sebaiknya saya mengambil satu contoh saja (misal satu studio komik yang
      kontinu menerbitkan komik secara berkala, ada tidak ya?) atau gambaran
      secara keseluruhan? *

      * *

      Berhubung di kampus juga jarang (hampir tidak ada) dosen yang concern dan
      ngikutin perkembangan komik, saya jarang bisa berdiskusi untuk skripsi ini.
      Saya sangat mengharapkan rekan lain yang mengikuti perkembangan komik bisa
      bantu mengarahkan skripsi saya ini. Saya sendiri punya target untuk
      selesaikan skrip dan maju sidang September 2006 ini.

      Saya attach-kan juga outline skripsi saya. Outline ini masih sangat kasar
      karena gambaran untuk industri komik yang saya miliki juga saya rasakan
      masih kurang. Mohon masukkannya ya rekan-rekan. Terimakasih banyak ^_^

      Salam,

      Diah Tantri Dwiandani (Dhanny)

      0815 914 9848 / 021-93284946 (esia)

      medusapappillon@...

      dhanny.tantri@...

    • Rieza FMuliawan
      Message 2 of 4 , Jul 3, 2006
        saya ingin ikut mengomentari dan sekedar saran saja dari abstrak
        calon skripsi dari anda.

        pertama sekali saya doakan agar cepat selesai skripsi-nya. tema
        skripsi yang anda pilih akan memberikan sumbangan literasi pada
        pelaku bisnis komik di indonesia.

        1. deskripsikan dulu apa yang anda sebut dengan pasar mainstream? dan
        komik mainstream puls definisi anda terhadap komik indie. tidak perlu
        harus sama dengan apa yang sudah menjadi anggapan umum.saya pikir ini
        akan memudahkan anda nanti untuk memilah milah.

        2. maklum saya bukan dari jurusan ekonomi. jadi istilah ekonomi media
        adalah baru bagi saya.

        3. kalau ketertarikan terhadap komik adalah dengan asumsi bahwa
        sedikit jumlah komik yang dihasilkan oleh komikus indonesia, saya
        rasa mesti dikoreksi. periode tahun berapa s/d tahun berapa? dan
        bagaimana nanti anda akan menentukan bahwa jumlah komik indonesia
        yang dihasilkan oleh komikus indonesia (atau studio) kalah jumlah
        dengan komik terjemahan.

        karena kemudian anda harus mempunyai data : berapa banyak komik yang
        dihasilkan oleh mizan, as syaamiil, bajing loncat, alas pitu,
        kemudian komikers di semarang, dan penerbit khusus buku agama kristen
        atau budha yang (pasti) mempunyai terbitan komik religius untuk anak
        anak, serta lain lainnya versus komik terjemahan elex, mnc, indira,
        dll.

        kalau saja data tersebut bisa anda dapatkan.
        alhamdullilah, maka itu adala sumbangan besar buat perkomikan
        indonesia.

        jadi , saya meragukan kalau jumlah komik yang dibuat oleh komikus
        indonesia (studio) yang meliputi berbagai genre, jenis, dan tema
        berjumlah "sedikit".

        kecuali kalau anda akan membatasi jumlah komik indonesia (buatan
        komikus atau studio indonesia) yang dijual di gerai buku gramedia.
        maka saya setuju bawa jumlahnya (dari judul dan jilid) relatif sangat
        sedikit.

        4. untuk mengetahui gambaran berapa banyak penerbit buku yang
        memproduksi komik..., datanglah ke pameran buku ikapi di istora.
        hampir setiap stand buku mempunyai divisi atau lini penerbitan komik.
        dan dari situ bisa dilihat dan dicatat.

        lain lain belum terfikir.
        tapi kalau skripsi ini dikerjakan dna berhasil. akan menjadi
        sumbangan literasi terhadap komik indonesia.

        usul lain....
        kenapa skripsinya tidak dikhususkan terhadap komik yang diproduksi
        elex? antara komik terjemahan dan komik bikinan komikus lokal dalam
        satu penerbit.
        akan sangat menarik untuk diteliti, karena : setiap minggu saja elex
        menghabiskan biaya promosi untuk komik terjemahan terbitannya, apakah
        hal yang sama dilakukan terhadap komik lokal yang juga diterbitkan
        elex?...apa ini termasuk bahasan dalam apa yang disebut ekonomi media?

        salam and goodluck.
        oh ya anda mencari hikmat ?
        coba cari dia di toko buku mp book point jeruk purut atau lewat beng
        rahadian saja.
        atau datang pas nanti launching majalah sequen, hikmat yang jadi host-
        nya.

        salam,

        --- In komik_indonesia@yahoogroups.com, "dhanny tantri"

        Message 3 of 4 , Jul 6, 2006
> [...]
          lagi kalau
          > penelitian) yang menyatakan struktur pasar yang terbentuk dalam

          saya belum pernah menemukan artikel atau tulisan atau hasil
          penelitian ttg ini, terutama spesifik di industri komik nasional

> [...]
          berapa
          > jumlah penerbit (ataupun studio komik) di Indonesia yang terbitkan

          Tentunya kriteria penerbit ini yg buku2nya beredar masal khan? bukan
          yg cuma terbit di kalangan terbatas? Utk ini saya sarankan ketemu
          Beng, krn dia punya banyak komik2 lokal. Dari situ, bisa dicatat
          nama2 penerbitnya. Beliau juga bisa memberi tahu apakah penerbit ini
          penerbit masal atau kalangan terbatas saja. Sebagian dari anggota
          milis juga koleksi komik lokal jaman skrg. Yg saya tahu diantaranya:
          Rieza, Syamsuddin, Iwan Gunawan, Beng, Hikmat Darmawan, Hartono,
          saya sendiri. Saran saya sebaiknya kamu kontak mereka2 itu utk
          melihat koleksi komiknya dan mencatat nama2 penerbit

          > Saya menggunakan case study dan mengambil elex media komputindo
          sebagai unit
          > analisis.

          kalo kriterianya adalah penerbit komik secara umum, mungkin elex
          adalah leading. Tapi jika spesifik komik nasional, mungkin Dar!Mizan
          atau Mizan lebih tepat. Seingat saya komik terjemahan mereka cuma
          Palestine-nya Joe Sacco.

          *Apakah sebaiknya
          > saya melakukan komparasi dengan penerbit lain,

          utk yg ini tergantung kpd objective skripsi/ disertasi tsb, serta
          apa hipotesanya.

> [...]
          > bantu mengarahkan skripsi saya ini. Saya sendiri punya target untuk
          > selesaikan skrip dan maju sidang September 2006 ini.

          dgn senang hati saya yakin rekan2 lain disini (terutama yg saya
          sebutkan diatas) akan bantu. Bbrp waktu lalu juga ada bbrp anggota
          yg sedang nulis skripsi dan minta bantuan data lewat milis.

          > Saya attach-kan juga outline skripsi saya

          milis ngga bisa terima attachment

          suryo
        • manaek.sinaga@sumitomocorp.co.jp
          Message 4 of 4 , Jul 7, 2006
            Lebih bermanfaat bagi kita semua bila fokus pada penelitian komik lokal sehingga kelak bisa menjadi salah satu referensi dalam
            pemikiran mengembangkan komik lokal.
            Salam/ Manik